Sayuran Hijau Kaya Manfaat

Kebanyakan orang mengonsumsi sayur tanpa mengetahui kandungan nilai gizi di dalamnya. Berikut beberapa sayuran hijau yang kaya manfaat bagi tubuh:

  1. Bayam

Bayam memiliki serat yang tinggi, selain itu bayam merupakan sumber zat besi yang baik untuk darah. Bayam juga mengandung lutein yang berfungsi menjaga kesehatan mata kita. Bayam kaya akan kandungan vitamin A, C, K dan asam folat.

  1. Sawi

Kandungan mineral dan vitamin dalam sawi cukup tinggi. Kandungan vitamin C dan E, serta karoten dan glukosinolat dalam sawi berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh kita. Dalam sawi juga ada kalsium, magnesium dan asam folat yang baik untuk tulang. Kandungan serat sawi juga tinggi, sehingga sangat baik untuk pencernaan.

  1. Kangkung

Kangkung mengandung vitamin A, C, dan B kompleks, serta mineral seperti kalium, fosfor, dan kalsium. Ekstrak kangkung dapat membantu menghambat penyerapan gula bagi penderita diabetes.

  1. Timun

Timun mengandung vitamin C, asam folat, magnesium, mangan, serat, klorofil, dan lutein. Asam folat berfungsi untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan depresi. Selain itu timun juga membantu memperlancar system pencernaan, dan menyegarkan tubuh.

  1. Seledri

Seledri adalah sumber mineral, yaitu kalsium, zat besi, dan kalium. Komponen aktif phtahunalides dalam seledri berguna untuk menurunkan tekanan darah. Sedangkan coumarin dan acetylenis dalam seledri berfungsi mencegah perkembangan sel kanker.

  1. Daun singkong

Daun singkong memiliki kandungan zat besi yang setara dengan bayam. Protein daun singkong 4 kali lebih banyak dan vitamin A 2 kali lipat dari bayam. Selain itu, daun singkong juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

  1. Pare

Pare mengandung serat, kalsium, kalium, zat besi, vitamin A, dan vitamin C. pare dipercaya mampu menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan kolestrol, menurunkan tekanan darah, serta meningkatkan imunitas.

  1. Brokoli

Brokoli kaya akan vitamin, serat, dan mineral. Sulforaphane dan lutein baik untuk menurunkan risiko kanker. Brokoli juga dipercaya bermanfaat untuk kesehatan jantung .

 

Karyawan baru Istana