Ada Manfaat Besar Dibalik Secang Untuk Kesehatan

Image result for manfaat secang

Secang dikenal dengan beberapa nama di Indonesia, seperti di Aceh disebut seupeueng, Minangkabau (lacang), Jawa dan Sunda (secang), dan berbagai wilayah lainnya yang memiliki julukan masing-masing. Di daerah lainnya seperti Jepang disebut suou, Inggris (sappanwood).

Secang (nama latin : Caesalpinia sappan L.) adalah sejenis tanaman perdu yang tergolong suku polong-polongan. Tanaman ini diduga berasal dari Asia Tenggara salah satunya Indonesia dan masih dalam klasifikasi kerajaan Plantae.

Khasiat secang mungkin sudah sangat umum bagi kalangan masyarakat tertentu. Karena memang penggunaannya dijadikan sebagai ramuan herbal yang bermanfaat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Apa saja manfaatnya secang untuk kesehatan? Baca sampai selesai artikel di bawah ini.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Secang kaya kandungan kimia. Kayunya mengandung asam galat, brasilin, brasilein, delta-α-phellandrene, oscimene, resin, resorsin, minyak asiri, dan tanin. Sementara itu, daunnya mengandung 0,16-0,20% minyak asiri yang beraroma enak dan tidak berwarna. Tanaman ini bersifat sepat serta tidak berbau. Khasiat secang diantaranya penghenti pendarahan, pembersih darah, pengelat, penawar racun, serta obat antiseptik.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Image result for manfaat secang

Bagian yang digunakan sebagai obat adalah kayu yang dibuang kulitnya. Pemakaian kayu dengan cara dipotong kecil-kecil dan dikeringkan untuk mengobati penyakit berikut ini.

  • Mengobati Batuk Darah pada TBC.

    Cuci bersih 1,5 jari kayu secang, lalu potong kecil-kecil. Rebus kayu dalam 3 gelas air hingga tersisa 1,5 gelas. Dinginkan, lalu saring ramuan dan tambahkan 1 sendok makan madu. Minum ramuan untuk 2 kali sehari, masing-masing 3/4 gelas.

  • Mengobati Sakit Berak Darah.

    Cuci bersih 1 jari kayu secang, lalu potong kecil-kecil. Tambahkan 3 gelas air, lalu rebus hingga tersisa 1,5 gelas. Dinginkan, lalu saring ramuan. Minum ramuan untuk 2 kali sehari, masing-masing 3/4 gelas bersama 1 sendok makan madu.

  • Pembersih Darah.

    Cuci bersih setengah kayu secang, lalu kerok halus. Tambahkan ketumbar dan daun trawas secukupnya. Rebus bahan dalam 3 gelas air hingga tersisa 1,5 gelas. Dinginkan, lalu saring ramuan. Minum ramuan untuk 2 kali sehari, masing-masing 3/4 gelas bersama 1 sendok makan madu.

  • Mengobati Radang Selaput Lendir Mata.

    Cuci bersih 1,5 jari kayu, lalu potong kecil-kecil. Rebus kayu dalam 3 gelas air hingga airnya tersisa 1,5 gelas. Dinginkan, lalu saring ramuan. Minum ramuan untuk 2 kali sehari, masing-masing 3/4 gelas bersama 1 sendok makan madu.

Demikian artikel singkat mengenai Ada Manfaat Besar Dibalik Secang Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu menyelesaikan masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo