Manfaat Selasih Untuk Kesehatan Tubuh

Image result for selasih

Biji mungil berupa titik hitam dengan selaput putih di kelilingnya ini sering jadi campuran aneka minuman dingin. Meskipun sebagai pelengkap si kecil ini ternyata sangat kaya akan khasiat. Menambah kekebalan tubuh hingga meredam demam.

Biji ini jika kering berwarna hitam berukuran mungil sebesar biji wijen hitam. Jika direndam air akan terlihat selaput bening di pinggirannya. Biasanya, biji yang disebut basil seed atau biji selasih ini digunakan sebagai pelengkap dalam es buah atau puding. 

Biji selasih berasal dari tanama Basil Thailand, diperkenalkan di banyak negara oleh orang India dan sudah menjadi bagian perawatan Asia Selatan untuk sakit pencernaan dan sakit jantung. Basilikum atau Ocimum adalah segolongan tanaman yang dimanfaatkan daun, bunga, dan bijinya sebagai rempah-rempah serta penyegar (tonikum).

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Kandungan kimia selasih, antara lain ocimene, α-pipene, 1,8 cineole, eucalyptole, linalool, geraniol, limonene, α-carene, methylchavicol, eugenol, eugenol metil eter, anethole, metil cinnamate, 3-hexen-1-01, 3-octanone, dan furfural. Biji tanaman anggota famili Labiatae itu mengandung planteose serta asam lemak (asam palmitat, asam oleat, asam stearat, dan asam linoleat).

Selasih bersifat pedas, hangat, dan wangi. Tanaman ini merangsang penyerapan, peluruh keringat (diaphoretik), peluruh kencing (diuretik), pelancar peredaran darah, penghilang rasa sakit (analgetik), dan pembersih racun. Biji bersifat manis, pedas, dan sejuk. Bijinya berfungsi sebagai obat radang mata dan bercak putih pada selaput bening mata (corneal opacity).

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Seluruh herba dan biji dapat digunakan sebagai tanaman obat untuk mengatasi beragam penyakit seperti berikut ini.

  1. Mengobati Demam, DIare, Gangguan Pencernaan, Nyeri Lambung, dan Radang Usus.

    Cuci bersih 15gr daun sawi tanah segar. Rebus bahan itu dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 2 1/4 Saring hasil rebusan setelah dingin dan minum ramuan itu 3 kali sehari, masing-masing 3/4 gelas.

  2. Mematangkan Abses.

    Cuci bersih daun segar secukupnya. Tumbuk halus, lalu tambahkan minyak hingga menjadi adonan. Balurkan ramuan di tempat yang sakit, lalu balut.

  3. Mengatasi Sering Gugup.

    Cuci bersih 2 sendok teh biji selasih. Kemudian seduh dengan 1 cangkir air panas dan diamkan hingga dingin. Minum hasil seduhan setiap hari.

  4. Mengatasi Sariawan dan Sulit Buang Air Besar.

    Cuci bersih 2 sendok teh biji selasih

    . Kemudian seduh biji dengan 1 cangkir air panas dan diamkan hingga dingin. Hasil seduhan bisa di campur sirup. Minum ramuan setiap hari.
  5. Mengobati Tubercolosis (TBC).

    Ambil 3 tanaman selasih, lalu cuci bersih. Rebus tanaman dengan 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa 2 1/4 Setelah dingin, saring dan tambahkan ramuan dengan gula secukupnya. Minum ramuan itu 3 kali sehari, masing-masing 3/4 gelas.

  6. Mengobati Sakit Kepala, Haid Tidak Teratur, dan Rematik.

    Cuci bersih 15gr tanaman selasih, lalu rebus dengan 3 gelas air hingga air tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin, saring hasil rebusan dan minumlah 3 kali sehari, masing-masing 3/4 gelas. Cara lain, tumbuk tanaman segar setelah di cuci bersih. Peras hasil tumbukan dan minumlah sekaligus.

  7. Mengobati Radang Mata, Bercak Putih pada Selaput Bening Mata (corneal opacity).

    Cuci bersih 5gr biji selasih, lalu rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih dan airnya tersisa 2 1/4. Setelah dingin, saring hasil rebusan dan minumlah 3 kali sehari, masing-masing 3/4 gelas.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo