Ini 5 Manfaat Penting Seledri Untuk Kesehatan

Image result for seledri

Seledri adalah jenis sayuran daun dan tanaman obat yang sangat akrab dengan para ibu rumah tangga sebagai penyedap masakan. Khasiat dari daun seledri ternyata sangat banyak untuk kesehatan kita. Diantaranya  manfaat daun seledri untuk ginjal, rambut, diet menurunkan berat badan, wajah dan sangat membantu dalam penyembuhan bagi penderita hipertensi. Daun seledri sudah dikenal sejak dulu oleh bangsa mesir, yunani dan romawi. Mereka membudidaya tanaman seledri untuk keperluan pengobatan.

Daun seledri juga memiliki nama latin yang sangat bagus yaitu Apium graveolens. Selain manfaat yang luar biasa, seledri juga memiliki efeksamping jika dikonsumsi berulang kali setelah dipanaskan. Seledri juga bisa dijadikan untuk sayuran atau sebagai salad. Tumbuhan seledri digolongkan pada jenis sayuran. Di indonesia seledri banyak ditanam di daerah brastagi, sumatera utara. Sedang di jawa barat banyak dibudidayakan di cipanas, pengalengan dan pacet yang memang berhawa sejuk.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Kandungan kimia tanaman ini, antara lain 1,5-3% minyak terbang (yang berisi 60-70% limonene, pthalides, dan β-selinene), flavo-glukoside (apiin), apigenin, kolin, lipase, asparagin, zat pahit, vitamin A, vitamin B, vitamin C, coumarins, furano coumarins (bergapten), dan flavonoids.

Herba ini bersifat hipotensif (Apigenin), pedas, dan sejuk. Tumbuhan ini berkhasiat antirematik, karminatif (peluruh kentut), penghenti pendarahan (hemostatis), peluruh haid, antispasmodik, diuretik, penurun tekanan darah (hipotensif) dan urinary antiseptic, pemacu enzim pencernaan, afrodisiak, serta sedatif. Selain itu, bijinya efektif untuk cystitis, membantu membersihkan infeksi pada bladders dan urinary tubules.

Hasil penelitian di Jerman dan Cina selama tahun 1970-1980 menunjukan bahwa minyak terbang yang terdapat dalam seledri mempunyai efek yang lembut pada sistem syaraf pusat dan berfungsi sebagai penurun tekanan darah. Kandungan isinya bersifat antispasmodik, sedatif, dan anticonvulsant actions.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Seluruh bagian tanaman ini dapat digunakan sebagai obat penyakit berikut.

  1. Mengobati Arthritis, Detoxifikasi, dan Sirkulasi Darah pada Otot dan Sendi.

    Cuci bersih 8gr daun seledri segar, 8gr devil’s claw (Harpogophytum procumbens), dan 8gr white willow (Salix alba). rebus bahan bersama 3 gelas air hingga airnnya tersisa 2 gelas. Minum ramuan 3 kali sehari, masing-masing setengah gelas.

  2. Mengobati Diuretik dan Urinary antiseptic.

    Cuci bersih 37 lembar daun seledri, lalu tambahkan 2 gelas air. Rebus bahan hingga airnnya tersisa 1 gelas. Dinginkan, lalu saring ramuan. Minum air ramuan sekaligus 1 kali sehari.

  3. Mengobati Gout (Asam Urat).

    Tambahkan 25gr biji seledri ke dalam bahan makanan. Makan setiap hari dengan dosis sama. Cara lain yaitu 2 sendok makan biji seledri direbus dalam 2 liter air selama 3 jam dengan api kecil. Minum air ramuannya selagi hangat sehari 3 kali, masing-masing 1 cangkir.

  4. Mengobati Asma dan Bronkhitis.

    Cuci bersih 37 lembar daun seledri, lalu tambahkan 2 gelas air. Rebus bahan hingga airnya tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring ramuan. Minum air hasil saringan sekaligus sekali sehari.

  5. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi.

    Cuci, lalu potong kecil-kecil seledri. Rebus seledri dalam 2 gelas air hingga airnnya tersisa 3/4 gelas. Dinginkan, lalu saring ramuan. Minum air ramuan 2 kali sehari, masing-masing seperuhnya. Cara lain yaitu daunnya dimakan sebagai lalapan.

Catatan : bagi seseorang yang air seninya mengandung zat putih telur (protein +) dilarang minum raamuan ini.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

  • Seledri

    Seledri sangat bagus dikonsumsi oleh penderita arthritis, rematik dan asam urat. Sifat antiinflamasi yang dimiliki se...

online istana solo