8 Manfaat yang Terkandung Dalam Semanggi Gunung

Image result for manfaat semanggi gunung

Semanggi gunung (Hydrrocotyle sibthorpioides Lam) merupakan jenis tanaman dari keluarga Umbelliferae dan bersifat manis dengan sedikit pedas dan sejuk. Biasanya, daun ini banyak dibudidayakan pada daerah yang terbuka dan lembab dengan cara ditanam bijinya serta ditanam melalui proses penyetekan. Selain itu, daun ini juga mampu menghilangkan bengkak, melancarkan air seni, melancarkan dahak, menetralisir racun serta bermanfaat untuk mengatasi penyakit kuning dan pengecilan hati karena mempunyai sifat anti-inflamasi dan anti-biotik. Untuk itulah daun jenis ini banyak dimanfaatkan untuk salah satu obat herbal yang telah terbukti khasiatnya.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Kandungan kimia semanggi gunung, antara lain minyak menguap, coumarin, dan hyperin. Anggota famili Umbelliferae itu bersifat manis, sedikit pedas, dan sejuk. Semanggi gunung mampu menghilangkan bengkak (anti-swelling), antiradang, peluruh air seni, antibiotik, penurun panas, penetralisir racun (detoxificans), dan peluruh dahak. Tanaman ini digunakan untuk mengatasi sakit kuning (icteric infectious hepatitis), pengecilan hati dengan busung (liver cirrhosis dan ascites), batu empedu, batu dan infeksi saluran kencing, batuk dan sesak napas, sariawan, radang tenggorokan, infeksi amandel, serta infeksi telinga tengah.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Seluruh bagian tanaman baik dalam keadaan segar atau kering dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan untuk mengatasi penyakit-penyakit berikut ini.

  1. Mengobati Sakit Kuning.

    Cuci bersih 50gr herba semanggi gunung segar. Tambahkan air dan arak ketan secukupnya. Jumlah perbandingan air dan arak sama besar. Tim bahan. Konsumsi ramuan 2 kali sehari selama 3-5 hari.

  2. Pengecilan Hati dengan Perut Busung (liver cirrhosis dan ascites) dan Batu Empedu.

    Cuci bersih 50gr herba semanggi gunung segar. Rebus bahan dalam 3 gelas hingga airnya tersisa 1 gelas. Minum ramuan sekaligus.

  3. Mengobati Amandel.

    Ambil, lalu cuci bersih 50gr herba semanggi gunung segar. Rebus bahan dalam 3 gelas hingga airnya tersisa 1 gelas. Minum ramuan sekaligus.

  4. Mengobati Batu dan Infeksi Saluran Kencing.

    Cuci bersih 50gr herba semanggi gunung segar. Rebus bahan dalam 3 gelas hingga airnya tersisa 1 gelas. Minum ramuan sekaligus.

  5. Mengatasi Sariawan, Radang Tenggorokan, dan Infeksi Amandel.

    Cuci bersih 50gr herba semanggi gunung segar. Rebus bahan dalam 3 gelas hingga airnya tersisa 1 gelas. Tambahkan ramuan dengan sedikit garam. Minum ramuan sekaligus. Cara lain yaitu bahan ditumbuk, lalu diperas. Setelah itu, minum air hasil perasannya.

  6. Mengatasi Infeksi Telinga Tengah. Cuci bersih 50gr herba semanggi gunung segar. Rebus bahan dalam 3 gelas hingga airnya tersisa 1 gelas. Minum ramuan sekaligus.
  7. Mengatasi Kencing Kurang Lancar.

    Ambil, lalu cuci bersih 30gr herba semanggi gunung segar. Tambahkan ramuan dengan air 3 gelas, lalu rebus hingga mendidih. Biarkan hingga airnya tersisa 1 gelas. Tambah air rebusan dengan 30gr gula pasir, lalu minum.

  8. Mengobati Batuk dan Sesak Napas.

    Cuci bersih 17gr herba semanggi gunung segar. Rebus bahan dengan 3 gelas air hingga mendidih dan airnya tersisa 1 gelas. Setelah dingin, minum air rebusan.

Itulah 8 Manfaat yang Terkandung Dalam Semanggi Gunung yang bisa saya bagikan kali ini. Semoga bisa menambah wawasan kita dan semoga bermanfaat tentunya.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo