6 Manfaat Senggani Untuk Kesehatan Tubuh

Related image

Ada sebagian orang yang menyebutkan tanaman senggani merupakan tanaman hias. Hal ini mungkin karena bentuk dan warna dari bunga senggani ini cukup bagus dan menarik. Tetapi sebagian orang menganggap tanaman ini liar atau bahkan gulma pengganggu di kebun.

Senggani (nama latin : Melastoma) adalah sejenis tanaman hias bunga yang juga sering disebut Harendong. Tumbuhan ini berkhasiat obat dan mempunyai berbagai nama lokal yang berbeda pada setiap wilayahnya. Senggani memang cukup berpengaruh bagi kesehatan tubuh kita. Salah satu contohnya yaitu untuk mengobati sariawan dan diare. Mau tau bagaimana pemanfaatan tanaman ini untuk kesehatan? Baca sampai selesai yaa.

Kandungan kimia dan Efek Farmakologis

Kandungan kimia senggani yang sudah diketahui, antara lain saponin, flavonoid dan tanin. Senggani memiliki sifat pahit. Tanaman ini berkhasiat sebagai penurun panas, penghilang rasa sakit, peluruh urine, penghilang bengkak, pelancar aliran darah, dan penghenti pendarahan (hemostatik).

Akar anggota famili Melastomaceae itu berfaedah sebagai jamu setelah bersalin dan obat sakit gigi. Daunnya bermanfaat untuk mengatasi diare, disentri, tonikum, keputihan, bahan pewarna, cacar, dan berguna untuk wanita setelah bersalin. Selain itu, senggani juga mengatasi gangguan pencernaan (dispepsia), hepatitis, keputihan, sariawan, mimisan, wasir berdarah, haid berlebihan, pendarahan rahim di luar waktu haid, bekuan dalam pembuluh darah (thromboangitis), dan memperlancar air susu ibu.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Daun, batang, biji, dan akar dapat dimanfaatkan untuk mengatasi beragam penyakit seperti berikut ini.

  1. Mengatasi keputihan (leucorhea).

    Ambil 2 genggam daun segar, lalu tambahkan masing-masing sepotong jahe dan bangle (jahe dan bangle dapat diganti dengan 3 bunga cempaka dan 3 buah pinang tua). cuci bersih semua bahan, lalu rebus dengan 3 gelas air dan 1 sendok makan cuka hingga mendidih serta tersisa 2 gelas. Setelah dingin, minum air rebusan 2 kali sehari, maisng-masing 1 gelas.

  2. Mengatasi Disentri Basiler.

    Cuci bersih 60gr daun senggani segar dan 60gr aseman segar (Polygonum chinense). rebus kedua bahan dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Dinginkan, lalu saring ramuan. Minum ramuan sehari 1 kali.

  3. Menetralkan Racun Singkong.

    Cuci bersih 75gr daun senggani segar. Rebus daun dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Dinginkan, lalu saring hasil rebusan. Minum ramuan sehari 1 kali.

  4. Mengobati Sariawan dan Diare.

    Cuci bersih 2 lembar daun senggani muda, lalu bilas dengan air matang. Kunyah daun dengan garam secukupnya, lalu telan. Sementara itu pengobatan sariawan dengan mengkonsumsi buahnya.

  5. Mengatasi Bisul.

    Cuci bersih 60gr daun senggani segar dan 60gr aseman segar (Polygonum chinense). rebus bahan dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Dinginkan, lalu saring ramuan. Minum air ramuan 1 kali sehari, sedangkan ampasnya dilumatkan menjadi adonan, lalu oleskan pada tempat yang sakit.

  6. Mengatasi Pendarahan Rahim.

    Cuci bersih 15gr biji senggani. Sangrai biji sampai hitam, lalu tumbuk halus. Rebus hasil tumbukan dalam 3 gelas hingga airnya tersisa 1 gelas. Dinginkan, lalu saring ramuan. Minum ramuan 2 kali sehari, masing-masing setengah gelas.

Itulah 6 Manfaat Senggani Untuk Kesehatan Tubuh yang bisa saya bagikan kali ini. Semoga bisa menambah wawasan kita dan semoga bermanfaat tentunya.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo