8 Manfaat Sente Untuk Kesehatan Tubuh

Image result for manfaat sente

Tanaman sente adalah tanaman yang termasuk dalam suku tanaman talas-talasan yang sering kita jumpai di sekitar kita. Tanaman ini biasanya di tanaman di tempat terbuka seperti ladang, persawahan dan halaman depan rumah karena ukurannya yang cukup besar. Nama latin tanaman sente adalah Alocasia Macrorrhiza Schott. Sedangkan dalam bahasa inggris tanaman sente ini mempunyai nama Taro.

Ciri-ciri tanaman sente ini yaitu memiliki daun yang seperti jantung dan umbi yang cukup besar. Fungsi dan kegunaan tamanan sente bagi sebagian orang digunakan sebagai bahan makanan pada bagian umbinya karena kaya akan karbonhidrat. Dan juga terkadang digunakan sebagai tanaman hias depan rumah. Namun yang jarang kita ketahui ternyata tanaman sente ini memiliki manfaat dan khasiat yang mana untuk menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit yang ada di tubuh

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Sente kaya kandungan kimia seperti kalsium oksalat. Efek farmakologis sente bersifat rasa pedas, astringen, hangat dan beracun. Tanaman ini berkhasiat sebagai penurun panas, antiradang, dan penghilang bengkak. Anggota famili Araceae ini bermanfaat untuk mengatasi epidemik influenza, panas tinggi, panas karena malaria, diare akut, tifus, rematik, keputihan, TBC paru, TBC kelenjar, bisul, kurap, skabies, anthrlmintik, dan digigit ular, serangga atau anjing.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Bagian tumbuhan yang digunakan sebagai bahan baku obat adalah rimpang, batang, dan buah. Sebelum digunakan sebagai obat, rimpang segar umumnya diolah menjadi olahan kering terlebih dahulu. Caranya, rimpang segar dikupas, lalu dipotong tipis-tipis. Setelah itu, potongan rimpang di rendam dalam air bersih selama 7 hari. Air rendamannya tersebut harus diganti setiap hari. Setelah 7 hari, potongan rimpang di angkat, ditiriskan dan dijemur. Sente ini digunakan untuk mengatasi beragam penyakit berikut ini.

  1. Mengobati Epidemik Influenza, Panas Tinggi, dan Panas Malaria. Rebus 11gr rimpang kering dalam 3 gelas air hingga airnya tersisa 1 gelas. Minum air ramuan sekaligus.
  2. Mengobati Diare dan Tifus Akut (typhoid fever). Rebus rimpang kering secukupnya dalam 3 gelas air hingga airnya tersisa 1 gelas. Minum air ramuan sekaligus.
  3. Mengobati Rematik. Ambil rimpang dan akar, lalu cuci bersih. Iris tipis, lalu panggang kedua bahan tersebut. Tempelkan hasil panggangan pada daerah yang sakit.
  4. Mengobati TBC Paru dan TBC Kelenjar. Ambil tangkai daun secukupnya, lalu peras hingga diperoleh airnya. Minum cairan ramuan sebanyak 1 sendok makan. Lakukan pengobatan secara rutin.
  5. Mengatasi Sakit Kepala karena angin panas. Iris tipis tunas sente secukupnya. Tempelkan irisan tunas sente ke kepala sebagai tapel.
  6. Mengatasi Bisul dan Kurap. Iris tipis batang sente, lalu panggang sampai panas. Tempelkan irisan batang di abgian tubuh yang sakit. Setelah dingin, ganti ramuan dengan irisan batang yang masih panas.
  7. Mengobati Luka Digigit Ular, Anjing, atau Serangga. Iris tipis batang sente, lalu panggang sampai panas. Tempelkan irisan batang dibagian tubuh yang sakit. Setelah dingin, ganti ramuan dengan irisan batang yang masih panas.
  8. Mengatasi Keputihan. Iris tipis rimpang sente. Sangrai bahan tersebut bersama beras sampai hangus. Tambahkan air dan gula putih secukupnya, lalu rebus selama 3-5 jam. Dinginkan, lalu saring ramuan. Minum air hasil saringan dan buang ampasnya.

Catatan : rimpang tanaman ini beracun sehingga harus berhati-hati dalam pemakaian segar karena dapat menyebabkan keracunan pada sistem syaraf pusat. Untuk mencegah keracunan, gunakan sarung tangan ketika mengolah rimpang segar. Selain itu, untuk mengatasi keracunan, minum arak beras atau makan rimpang jahe segar.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo