Yang Perlu Anda Tahu Seputar Vitamin C

Kita membutuhkan nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh setiap hari. Salah satu komponen nutrisi yang dibutuhkan tersebut adalah vitamin C. Dalam tubuh kita, vitamin C memiliki fungsi yang sangat banyak, di antaranya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjadi bahan pembentuk kolagen, membantu dalam pembentukan berbagai hormon, membantu metabolisme kolesterol, hingga membantu memelihara kesehaatan kulit.

Vitamin C atau asam askorbat merupakan antioksidan terkuat, sehingga mampu menangkal berbagai radikal bebas yang masuk kedalam tubuh. Hasilnya, vitamin C pun melindungi tubuh kita dari berbagai penyakit. Kolagen merupakan protein yang bekerja seperti lem, berfungsi merekatkan kulit, tulang, dan otot. Karena itulah vitamin C juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka dan patah tulang.

Berapa dosis vitamin C yang kita butuhkan setiap hari? Untuk bayi, dibutuhkan 35 mg vitamin C setiap hari, untuk dewasa sekitar 60-90 mg per hari, untuk ibu hamil dibutuhkan tambahan vitamin C 10-25 mg per hari, sementara bagi para perokok dibutuhkan 110-125 mg per hari. Jumlah itu akan lebih besar jika tubuh dalam kondisi sakit.

Dengan mengetahui jumlah vitamin C yang dibutuhkan setiap hari, kita dapat menghindari konsumsi suplemen vitamin C yang berlebihan, karena terlalu banyak vitamin C juga memiliki efek samping. Di antara efek samping akibat terlalu banyak mengonsumsi vitamin C adalah diare, sakit kepala, maag atau gangguan pencernaan, hingga batu ginjal.

Vitamin C merupakan vitamin yang larut dalam air, sehingga kelebihannya tidak dapat disimpan dalam tubuh, melainkan akan dibuang melalui air seni. Vitamin C dimetabolisme menjadi asam oksalat, dan jika berikatan dengan kalsium dapat menyebabkan penyakit maag, gangguan pencernaan, dan diare.

Konsumsi vitamin C tidak dianjurkan langsung dalam dosis tinggi, karena penyerapannya membutuhkan bantuan protein transporter. Karena protein transporter memiliki jumlah terbatas dalam tubuh, maka tubuh tidak dapat menyerap vitamin C dosis tinggi sekaligus. Tanpa protein itu, vitamin C tidak dapat diserap tubuh dan kemudian dibuang. Untuk menghindari vitamin yang terbuang, sebaiknya mengonsumsi vitamin C dilakukan sedikit demi sedikit.

Sumber vitamin C alami-semisal dari buah jeruk, kiwi, melon, stroberi, nanas, mangga, tomat, dan sayuran hijau seperti bayam dan brokoli-lebih mudah diserap tubuh dan lebih lama bertahan di dalam tubuh, dibandingkan yang berasal dari suplemen.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo