Manfaat dan Khasiat Sesuru Untuk Kesehatan Tubuh

Tanaman ini umumnya ditanam di pekarangan, taman-taman, atau tumbuh liar di ladang dan daerah pantai. Sesuru termasuk dalam Familia Euphorbiaceae. Nama ilmiah dari tanaman sesuru adalah Euphorbia antiquorum Linn.

Sesuru merupakan perdu tegak yang tingginya 1-3 m, berdahan banyak, berdaging, dan mengandung getah berwarna putih susu. Tanaman ini menyerupai kaktus, cabang yang tua bentuknya bulat panjang atau bersegi 3-6. Cabangnya kecil dan mempunyai 3-5 sirip tebal yang bergelombang dan pada setiap cekungan tumbuh sepasang duri tajam.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Sesuru kaya kandungan kimia antara lain teraxerol, taraxerone, friedelan-3 α-ol, epfriedelanol, sterol, progesterone, karbohidrat, asam amino, asam sitart, asam malat, dan asam fumarat pada batang. Sementara itu, daunnya mengandung peroksidase, kalsium oksalat, peptic substance, dan kanji. Getahnya mengandung euphorbol, euphol, dan cyeloartenol. Tanaman ini memiliki sifat pahit, dingin, dan beracun. Setelah dihilangkan cairannya dengan pengolahan, batang berkhasiat untuk menghilangkan bengkak, antiradang (anti-inflamasi), antidiare, dan peluruh kentut.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Bagian tanaman yang digunakan untuk bahan baku obat adalah daun, batang, dan putik bunga. Sesuru digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit seperti berikut ini.

  • Mengobati Radang Anak Telinga.

    Ambil batang sesuru secukupnya, lalu cuci bersih. Buang kulit cabang segar, lalu tumbuk halus. Peras hasil tumbukan hingga airnya keluar. Teteskan airnya ke anak telinga yang sakit. Lakukan pengobatan 4-6 kali sehari, masing-masing 2-3 tetes.

  • Mengatasi Diare Akut, Malaria, Demam, dan Sesak Napas.

    Ambil 7gr batang sesuru, lalu cuci bersih. Buang kulit dan durinya, lalu potong batang tipis-tipis. Sangrai irisan batang dengan beras sampai warnanya sokelat. Tambahkan 3 gelas air pada batang yang sudah kering. Rebus bahan hingga airnya tersisa 1 gelas. Minum air ramuan tersebut.

  • Mengobati Sakit Gigi.

    Ambil batang sesuru, lalu patahkan. Ambil getah sesuru beberapa tetes dengan lidi kapas. Oleskan getah pada gigi yang sakit atau berlubang. Lakukan pengobatan 1-2 kali sehari. Pengobatan harus dilakukan secara hati-hati dan jangan sampai getah kena gigi yang sehat.

  • Mengobati Bisul dan Pioderni.

    Ambil batang, lalu cuci bersih. Potong tipis batang, lalu hangatkan di atas api kecil. Letakkan batang yang masih hangat di atas bagian yang sakit.

  • Mengatasi Sembelit.

    Cuci bersih batang sesuru, lalu giling halus. Peras hasil tumbukan hingga airnya keluar. Aduk airnya dengan tepung tapioka secukupnya hingga menjadi adonan. Selanjutnya, adonan dibuat pil sebesar kacang hijau. Keringkan pil dengan cara digongseng di atas tatakan genteng. Konsumsi ramuan 1 kali sehari, masing-masing 1 pil.

  • Mengatasi Kurap.

    Ambil cabang segar sesuru secukupnya, lalu cuci bersih. Buang kulit cabang, lalu tumbuk halus dan peras airnya. Oleskan ramuan pada kurap 2 kali sehari.

Catatan :

  • Wanita hamil dilarang minum ramuan berbahan sesuru karena beracun.
  • Sesuru beracun sehingga penggunaannya harus disangrai terlebih dahulu hingga berwarna kuning. Penderita keracunan sesuru ditandai dengan diare berat, lepuh pada mulut, muntah, sakit kepala, dan gemetar. Bahkan, keracunan tanaman ini dapat mengakibatkan koma.
  • Pengobatan sementara sebelum dibawa ke rumah sakit bila keracunan sesuru dengan mengonsumsi putih telur atau susu.
  • Kulit yang terkena getah akan terjadi iritasi dan lepuhlepuh pada sebagian orang. Bahkan, bisa menyebabkan kebutaan bila kena mata. Pengobatannya dengan cara mencuci mata dengan air bersih yang mengalir.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo