5 Manfaat Kesehatan yang Terkandung Dalam Singkong

Image result for tanaman SINGKONG

Singkong dikenal dengan berbagai sebutan mulai dari nama ubi kayu dan ketela pohon. Singkong memiliki nama latin Manihot utilissima dalam keluarga Euphorbiaceae. Tanaman singkong biasanya dimanfaatkan sebagai pengganti makanan pokok seperti nasi. 

Singkong kaya akan karbohidrat dan bisa mengenyangkan perut. Sementara daun singkong yang masih muda dimasak sebagai lalapan dan sayur bening. Selain digunakan sebagai makanan, tanaman singkong juga dimanfaatkan sebagai obat alami untuk menyembuhkan berbagai macam gangguan kesehatan

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Tanaman yang termasuk famili Euphorbiaceae ini kaya kandungan kimia seperti hidrat arang, kalsium, fosfor, lemak, protein, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan zat besi 9daun), enzim peroksidase, glikosida, kalsium oksalat dan tanin (kulit batang), serta amilum, hidart arang, kalsium, protein, lemak, fosfor, zat besi, vitamin B, dan vitamin C (umbi). tanaman ini berkhasiat sebagai antikanker, antioksidan, antitumor, dan penambah nafsu makan.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Daun, batang, dan umbi merupakan bagian tanaman yang dapat menyembuhkan penyakit berikut ini.

  1. Mengobati Luka, dan Luka Bernanah.

    Cuci bersih batang singkong secukupnya, lalu tumbuk halus. Tambahkan hasil tumbukan dengan sedikit air, lalu aduk hingga menjadi adonan. Lap luka dengan air hangat atau alkohol 70%, lalu balurkan ramuan pada luka dan perban. Ulangi pengobatan 2 kali sehari dengan dosis yang sama.

  2. Mengatasi Penyakit Karena Kutu Air.

    Cuci bersih umbi singkong secukupnya. Kupas kulit, lalu parut umbinya. Lap luka dengan air hangat atau alkohol 70%, lalu balurkan parutan singkong pada luka. Ulangi pengobatan secara rutin.

  3. Mengobati Rematik.

    Cuci bersih 7 lembar daun singkong, 1 jari jahe (Zingiber officinale Rosc.), dan kapur sirih secukupnya, lalu tumbuk halus. Tambahkan sedikit air ke dalam hasil tumbukan, lalu aduk sehingga menjadi adonan. Lap luka dengan air hangat atau alkohol 70%, lalu balurkan ramuan pada luka. Ulangi pengobatan secara rutin.

  4. Mengatasi Penglihatan Kurang Jelas.

    Cuci bersih 100gr daun singkong, 13gr boroco (Celosia argentea L.), dan sedikit garam. Tambahakan air secukupnya ke dalam ramuan, lalu rebus hingga mendidih. Minum air ramuan dan makan daun singkongnya.

  5. Mengobati Beri-beri.

    Cuci bersih daun singkong 200gr dengan air matang. Makan daun singkong sebagai lalapan.

Masih banyak lagi manfaat singkong bagi kesehatan tubuh. Ulasan di atas hanyalah 5 Manfaat Kesehatan yang Terkandung Dalam Singkong, lain waktu saya akan menambahkan manfaat lainnya yang terkandung di dalam tanaman singkong. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo