Manfaat Daun Sirih Hijau

Hasil gambar untuk sirih merah untuk kewanitaan

Siapa yang tidak kenal dengan sirih? Sirih sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Sirih sendiri memiliki banyak jenis yaitu sirih merah, hijau, dan hitam. Orang tua jaman dahulu sering menggunakan sirih untuk kinang agar gigi tetap kuat walaupun sudah tua. Tanaman ini mudah didapatkan dengan harga yang relative murah. namun kegunaannya sungguh luar biasa.

Caranya adalah denganmencampurkan daun sirih, kapur sirih, kapulaga, pinang, dan glambir. Kemudian daun sirih dukunyah dan digosokan di gigi hingga gigi berubah warna. Setelah itu kumur dengan air untuk membersihkan sisa sirih di gigi. Gigi dan gusi akan terlihat bagus bila dilakukan secara teratur.

Manfaat lain yang didapat dari sirih hijau adalh:

  1. Mengobati mimisan

Kandungan antiseptic dalam sirih hijau berfungsi sebagai antiseptik. Sehingga dapat mencegah feksi saat terjadi mimisan. Cara yang umum digunakan adalah memelintir daunnya dan disumbatkan ke hidung yang terkena mimisan sampai darah berhenti keluar.

  1. Mengobati sariawan

Sariawan bisa terjadi karena tubuh kekurangan asupan harian vitamin C. untuk  mengatasi sariawan, segeralah berkumur dengan air rebusan daun sirih hijau. Kandungan vitamin di dalam daun sirih dapat membantu mempercepat penyembuhan luka akibat sariawan.

  1. Mempercepat pengeringan luka

Zat aktif yang ada pada daun sirih hijau ampuh untuk mempercepat pengeringan luka serta mencegah peradangan. Caranya dengan menyiapkan daun sirih yang telah dicuci bersih, lalu tumbuk hingga halus dan tempelkan pada bagian yang sakit yang sudah dibersihkan terlebih dahulu.

  1. Memperlancar sistem pencernaan

Mengunyah daun sirih ternyata tidak hanya bagus untuk kesehatan mulut, tapi juga kesehatan pencernaan. Mengunyah sirih hijau akan merangsang enzim lipase untuk menghaluskan makanan secara optimal. Dengan begitu, perut akan menjadi sehat.

  1. Membasmi bakteri berbahaya

Sterol pada daun sirih dipercaya sanggup membasmi bakteri berbahaya yang menempel di tubuh manusia. Misalnya bakteri S aures, Pyogenes, dan Albican yang kerap menyebabkan infeksi pada kulit dan saluran pernafasan.

  1. Menghilangkan gatal

Kuman yang menempel pada tubuh manusia membuat seseorang sering mengalami gatal-gatal. Anda dapat menyembuhkan daun sirih hijau untuk menyembuhkannya. Caranya adalah dengan menumbuk daun sirih hijau yang sudah dicuci bersih dan menempelkannya pada bagian yang gatal. Lakukan secara teratur untuk mendapat hasil maksimal sampai gatalnya benar – benar sembuh.

 

 

Artikel Terkait

Karyawan baru Istana