Khasiat Sirsak Untuk Kesehatan

Hasil gambar untuk sirsak

Buah sirsak (Annona muricata) merupakan tanaman yang lahir di Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Sirsak merupakan tanaman obat yang dipercaya mengandung banyak khasiat bagi tubuh. Buahnya yang lezat dan manis, tak hanya nikmat di lidah saja tetapi juga memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh.

Manfaat daun sirsak di Indonesia juga sangat populer sekali terutama semenjak penelitian mulai membuktikan bahwa ia dapat memerangi penyakit super berbahaya seperti kanker. Daun sirsak memang sangat banyak sekali manfaatnya terutama untuk kesehatan tubuh manusia yang tidak terduga dapat mengobati beberapa penyakit berbahaya.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Buah sirsak mengandung protein, kalsium, fosfor, vitamin A, dan vitamin C. batang dan daun kaya akan tanin, fitosterol, kalsium oksalat, serta alkaloid murisine. Anggota famili annonaceae itu bersifat manis (buah masak). faedahnya sebagai astrigen (daun dan buah mentah), antibakteri, dan antikejang.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Buah segar dan daun digunakan untuk mengatasi beragam penyakit sebagai barikut :

  • Sebagai Peluruh Keringat.

    Cuci bersih 7 lembar daun sirsak segar, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring ramuan. Minum ramuan sehari sekali.

  • Antikejang.

    Cuci bersih 7 lembar daun sirsak segar, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan terisa 1 gelas. Setelah dingin, saring ramuan. Minum ramuan sehari sekali.

  • Mengatasi Masalah Kekurangan Vitamin C dan Disentri.

    Cuci bersih buah sirsak mentah, lalu kupas kulit dan buang bijinya. Makan buah secukupnya.

  • Mengobati Bisul.

    Ambil daun sirsak segar secukupnya. Cuci bersih, lalu lumatkan daun hingga halus. Tambahkan sedikit air, lalu aduk lumatan daun hingga menjadi adonan. Tempelkan ramuan di permukaan atas bisul.

  • Mengobati Ambeien.

    Cuci bersih, lalu kupas kulit dan buang biji buah sirsak. Blender buah tersebut, lalu saring hingga diperoleh sari buahnya. Minum sari buah sirsak 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

  • Mengobati Sakit Kandung Urine dan Anyang-Anyangan.

    Kupas buah sirsak setengah masak, potong-potong menjadi bagian yang kecil dan buang bijinya. Tambahkan gula dan garam secukupnya, rebus dengan air secukupnya hingga mendidih. Makan hasil rebusan itu berikut airnya seperti makan kolak. Ulangi konsumsi ramuan sampai sembuh.

Sekian artikel tentang khasiat sirsak untuk kesehatan. Sirsak tidak hanya bisa dinikmati sebagai buah segar saja tetapi juga bisa untuk penyembuhan berbagai penyakit. Semoga ini bisa menjadi alternatif pilihan Anda sebagai cara pengobatan tradisional yang baik.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang, / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320.

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo