Bagaimana Meningkatkan dan Menjaga Sistem Imun Pada Anak

Image result for sistem imun pada anak

Sistem imun merupakan sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untuk mencegah dan melawan zat asing yang dapat membahayakan tubuh. Peran sistem imun dalam tubuh sangat penting sekali untuk menjaga kesehatan dan memberikan perlindungan dari pengaruh zat berbahaya dari luar. Sistem imun yang melemah akan menyebabkan bakteri atau virus sangat mudah untuk menginfeksi tubuh sehingga menyebabkan penyakit.

Flu, batuk dan pilek merupakan penyakit yang sering menyerang anak-anak. Flu, batuk dan pilek bukanlah penyakit yang membahayakan namun penyakit tersebut sangatlah mengganggu aktivitas sehari-hari. Penyakit-penyakit tersebut disebabkan oleh berbagai macam virus dan bakteri jahat.

Hal ini dapat terjadi karena gaya hidup tidak sehat yang dilakukan setiap harinya. Daya tahan tubuh yang lemah dan menyerang balita sangat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan balita.untuk itu anda perlu mengubah gaya hidup yang lebih baik untuk memperbaiki kesehatan balita dan keluarga anda.

Penyebab Gangguan Sistem Imun Pada Anak

  • Kurang Tidur.

    Kurang tidur menyebabkan sistem imun turun karena tubuh lebih sedikit memproduksi melatonin yaitu hormon yang dapat membuat cepat tidur. Memiliki jam istirahat yag cukup dapat menjaga sistem imun dalam tubuh.

  • Terlalu Banyak Makan.

    Terlalu bayak makan protein, terutama yang berasal dari hewan menyebabkan tubuh banyak memproduksi hormon IGF1 yang dapat mempercepat penuaan dan mengganggu kinerja sistem imun.

  • Udara yang Terkontaminasi.

    Penelitian menunjukkan bahwa udara yang terkontaminasi dapat menekan kinerja sel T yang memainkan peran penting dalam mendirikan dan memaksimumkan sistem kekebalan tubuh. Menurut para ahli, memasang pemurni udara di dalam rumah dapat membantu anda dan keluarga mendapatkan udara yang bersih dan segar sehingga diharapkan udara yang dihirup terbebas dari mikroba penyebat penyakit.

  • Makanan yang Tidak Sehat.

    Sering anak makan makanan tidak sehat sembarangan di luar rumah. Karena makanan yang mereka beli tidak bisa kita ketahui apa saja bahan-bahan yang digunakan. Maka inilah yang yang dapat mengganggu sistem imun sering terganggu.

Cara Meningkatkan Sistem Imun Pada Anak

Ini beberapa cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan sistem imun pada anak, diantaranya :

  1. Istirahat yang Cukup.

    Istirahat cukup akan membuat sistem kekebalan tubuh anak meningkat. Selama proses tidur berlangsung, di dalam tubuh anak akan terjadi pembentukan sel-sel baru untuk menangkal infeksi virus dan bakteri. Berikan porsi tidur yang cukup untuk anak yaitu 10 jam per hari supaya sistem kekebalan tubuhnya meningkat.

  2. Penuhi Nutrisi Anak.

    Memberikan asupan gizi atau nutrisi yang seimbang akan membantu dalam meningkatkan sistem imun anak. Makanan yang kaya akan nutrisi berfungsi untuk membentuk sel-sel baru dan menangkal berbagai macam serangan virus. Maka dari itu supaya sistem imun anak meningkat berikanlah asupan makanan yang benar dan mengandung gizi seimbang.

  3. Membiasakan Pola Hidup Bersih dan Sehat.

    Pola hidup bersih dan sehat tentunya akan berpengaruh sekali pada sistem kekebalan tubuh. Menerapakan pola hidup yang sehat pada anak-anak harus dibiasakan sejak dini. Mulai dari membiasakan mencuci tangan dengan sabun sebelum makan dan mengajarkan anak untuk terbiasa membersihkan lingkungan tempat tinggalnya. Pola hidup sehat dan lingkungan yang bersih akan menghindarkan anak dari serangan infeksi virus dan bakteri yang berbahaya.

  4. Memberikan ASI secara Eksklusif.

    Pemberian ASI secara ekslusif selama 6 bulan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan sistem imun pada anak-anak. Kandungan gizi di dalam ASI akan meningkatkan kekebalan tubuh anak dan memberikan perlindungan dari bahaya infeksi virus serta bakteri. Selain itu, ASI juga sangat bermanfaat dalam mencegah terjadinya berbagai penyakit pada bayi seperti gangguan masalah pencernaan dan gangguan pernapasan serta untuk membantu perkembangan sel-sel dalam otak.

  5. Kurangi Pemberian Antibiotik.

    Bagi Anda yang terbiasa memberikan antibiotik pada anak ketika sakit ringan sebaiknya menghentikan kebiasaan tersebut karena itu akan merugikan bagi sistem imun anak. Pemberian antibiotik yang terlalu sering akan mengakibatkan sistem kekebalan tubuh melemah sehingga virus dan bakteri akan semakin kuat atau resisten.

 

Madu Anak Syifa Kids Propolis

Madu Anak Syifa Kids Propolis merupakan suplemen herbal untuk anak-anak yang berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak, membantu menyembuhkan berbagai penyakit, rasanya disukai anak-anak dan tanpa menimbulkan efek samping.

Salam Sehat

 

Kami melayani orderan grosir dan eceran. Untuk pemesanan silahkan hubungi : 081393930088

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo