Faktor Yang Paling Mempengaruhi Sistem Imun Menurun

Gambar terkait

Memiliki imunitas yang rendah akan lebih rentan terhadap berbagai serangan virus dan bakteri, yang pada akhirnya mudah terkena penyakit. Kekebalan tubuh yang rendah dapat disebabkan oleh bawaan, ataupun faktor luar. Beberapa kebiasaan sehari-hari juga ternyata bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh seseorang.

Imunitas rendah dapat ditingkatkan dengan gaya hidup sehat dan pola makan yang benar. Orang dengan kekebalan rendah akan mudah sakit, ketika pergantian musim atau cuaca yang ekstrim. Ketika imunitas menurun, segera atasi dengan olahraga teratur dan mengkonsumsi makanan yang mampu untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Tanpa di sadari, mungkin kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering Anda lakukan itu membuat daya tahan tubuh menjadi menurun. Dan perlu kita ketahui system kekebalan yang rendah itu perlu dengan jelas diketahui factor penyebabnya. Berikut ini beberapa factor penyebab system imun seseorang bisa menurun, diantaranya yaitu:

  • Jarang Berolahraga.

    Berjalan kaki selama 30 menit di pagi hari dengan rutin, sangat bermanfaat untuk mengembalikan sirkulasi sel-sel darah putih dan sistem kekebalan tubuh.

  • Sering Begadang.

    Mengurangi waktu tidur akan memiliki efek merugikan yang kuat terhadap imunitas, hal ini karena jam tidur yang kurang dikaitkan dengan menurunnya fungsi sistem kekebalan tubuh dan mengurangi jumlah sel-sel yang berfungsi melawan kuman. Peneliti dari University of Chigago menemukan orang yang tidur 4 jam, hanya akan menghasilkan antibodi sebanyak 50 persen saja di dalam darahnya.

  • Setres dan Depresi.

    Stres yang berlarut-larut berdampak buruk bagi kekebalan tubuh. Produksi antibodi akan terganggu akibat perasaan tertekan. Stres menyebabkan tubuh rentan terhadap serangan mikroorganisme dan berbagai jenis penyakit yang dapat melemahkan tubuh anda. 

  • Kekurangan Nutrisi Tertentu.

    Kekebalan tubuh membutuhkan asupan yang berasal dari kombinasi vitamin A, C, dan E dengan mineral termasuk zat besi, zinc, tembaga, dan selenium. Semua nutrisi ini penting untuk menunjang antibodi, sel T, dan fungsi neutrofil. Penyerapan nutrisi dapat mengalami gangguan pada pelaku diet yang tidak sehat dan penderita penyakit usus.

  • Kecanduan Kafein.

    Minuman berkafein seperti kopi atau teh memang dapat memberikan rasa awas sehingga tidak jarang orang bergantung padanya ketika tengah merasa mengantuk atau tidak bersemangat. Namun, ketika sudah dalam tingkat kecanduan, kafein akan berdampak buruk pada sistem imun. Maka batasilah konsumsi kafein, empat cangkir sehari adalah jumlah yang paling optimal.

  • Mengkonsumsi Gula Berlebihan.

    Penelitian yang dimuat dalam American Journal of Clinical Nutrition mengungkap terjadinya penurunan kemampuan dari sel darah putih untuk melawan kuman, 5 jam setelah makan 100 gram gula. Kondisi ini terjadi secara drastis.

  • Duduk Sepanjang Hari.

    Kegiatan ini akan memperlambat laju metabolisme yang menyebabkan tubuh menyerap nutrisi lebih lambat pula. Padahal, kata Joel Fuhrman, penulis buku Super Immunity, nutrisi sangat dibutuhkan oleh sistem imun untuk bekerja lebih optimal. Karena itu, pastikan setiap jam Anda bangkit untuk berdiri dari duduk, paling tidak selama lima menit. Tujuannya adalah untuk meningkatkan laju metabolisme Anda.

  • Terlalu Banyak Makan Junk Food.

    Tepung pada junk food biasanya akan mengganggu kerja sel T dan sel B yang merupakan komponen sistem imun pelawan penyakit. Maka sebaiknya, pilihlah tepung yang terbuat dari gandum utuh yang lebih bersahabat dengan sistem imun.

  • Kurang Minum Air Putih.

    Air putih berguna untuk membantu dalam mengeluarkan racun. Kebutuhan minum setiap orang, tidak sama. Untuk mengetahui apakah asupan air telah memadai atau belum, adalah dengan mengamati warna urin. Tubuh yang sehat mengeluarkan urin berwarna jernih, atau agak kekuningan bukan keruh. 

  • Menjadi Perokok Pasif.

    Nikotin berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, termasuk imun. Kurangi kebiasaan buruk seperti menghisap nikotin atau berdekatan dengan orang yang punya kebiasaan tidak sehat ini.

  • Sering Menggunakan Obat Antibiotik.

    Dengan mengkonsumsi antibiotik tertentu akan mengurangi kadar sitokin (hormon yang berperan dalam imunitas). Dengan imunitas rendah, tubuh menjadi lemah terhadap serangan bakteri resisten. Gunakan antibiotik, hanya dengan resep dokter.

Itulah faktor penyebab yang paling mempengaruhi sistem imun mudah menurun. Untuk menjaga sistem imun tubuh tetap baik jauhi faktor-faktor yang menyebabkan system imun tadi menurun dan konsumsi makanan yang sehat setiap hari.

 

Habbatussauda Ajwa 210

Habbatassauda cap kuma ajwa bermanfaat untuk membantu mengobati berbagai macam penyakit ringan dan kronis seperti : Rematik, Asam urat, Peradangan persendian, Tenggorokan, Migran, exim, Berbagai alergi, Gangguan jantung, Batu empedu, liver, Kencing manis, TBC, Paru-paru kronis, Sesak nafas, Asma, Stroke, Menstabilkan Kolestrol, Tekanan darah dan Gula rendah, Anemia, Membantu mengatasi wasir, Insomnia, Kanker, Membuang racun dalam tubuh serta meningkatkan ASI, Daya tahan tubuh/ Stamina.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo. 

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta. 

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang. 

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta. 

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayanan Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo