10 Manfaat Penting Srikaya Yang Perlu Anda Ketahui!!

Image result for srikaya

Srikaya (Annona squamosa L.) merupakan tanaman buah yang memiliki banyak sebutan di berbagai daerah di Indonesia. Ada yang menyebutnya delima bintang, serba bintang, sarikaya, seraikaya, serkaya, surikaya, srikawis, sarkaja, serakaja, sirikaja, garoso, ata, atis soe walanda, sirikaya, sirikaja, dan hirikaya. Kalau di tempat kalian buah srikaya ini disebut apa?

Buah srikaya atau buah nona ini adalah salah satu jenis tanaman berbuah yang berasal dari daerah tropis, dan jika kita dalam klasifikasi ilmiah maka buah srikaya ini juga merupakan buah yang masuk dalam golongan genus Annona. Buah srikaya merupakan buah yang memiliki bentuk khas jika dibandingkan dengan buah-buah lain pada umumnya. Rasanya yang manis dan enak untuk dikonsumsi menjadikannya memiliki penggemar tersendiri.

Dari bentuk buah dan daunnya, sekilas srikaya ini mirip dengan buah sirsak. Begitu pun khasiatnya, jika daun sirsak berkhasiat untuk pengobatan tradisional, maka daun dan buah srikaya pun begitu. Bahkan hampir semua bagian tanaman srikaya ini bermanfaat sebagai obat.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Srikaya mengandung borneol, camphor, terpene, dan alkaloid anonain pada akar dan kulit. Sementara itu, bijinya kaya akan minyak lemak, resin, bahan beracun (irritant). Buah mengandungan asam amino dan tanin pada buah muda. Anggota famili Annonaceae ini bersifat pahit dan dingin (akar). daunnya bersifat pahit, kelat dan agak dingin (daun). Khasiat tanaman ini, di antaranya antidepresi dan antiradang (akar), memacu enzim pencernakan, obat cacing, dan pembunuh serangga (biji), antiparasit (biji dan daun muda), astringen, antiradang, peluruh cacing usus, mempercepat pemasakan bisul dan abses (daun), serat astrigen dan tonikum (kulit).

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Related image

Seluruh bagian tanaman segar dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi beragam penyakit sebagai berikut.

  1. Mengobati Borok dan Bisul Keras.

    Cuci bersih daun srikaya, lalu giling hingga halus menjadi bubur. Tambahkan sedikit garam dalam ramuan. Gunakan ramuan tersebut untuk menurap bagian yang sakit.

  2. Mematangkan Bisul.

    Ambil buah srikaya yang telah masak, lalu tambahkan sedikit garam. Gunakan ramuan untuk menurap permukaan bisul.

  3. Mengatasi Pingsan dan Menenangkan Gangguan Histeris.

    Cuci bersih daun srikaya secukupnya. Remas atau tumbuk halus daun. Hirup bau remasan atau air perasan daun.

  4. Membasmi Kutu Anjing.

    Ambil daun atau biji srikaya. Tumbuk halus bahan tersebut. Rebus bahan dengan air secukupnya. Gunakan air tersebut itu untuk memandikan anjing yang terserang kutu.

  5. Obat Kutu Kepala.

    Cuci bersih 10 lembar daun srikaya segar dan 1 genggam akar atau 1 buah mentah termasuk biji, lalu tumbuk hingga halus. Balurkan pada kulit kepala, lalu tutup kepala dengan kain. Setelah 3 jam, buka tutup kepala, lalu cuci bersih atau keramas sampai bersih.

  6. Mengobati Cacingan pada Anak-anak.

    Cuci berish 17 lembar daun. Rebus bahan dengan 5 gelas air sampai mendidih dan tersisa 3 gelas. Stelah dingin, saring ramuan. Minum ramuan 3 kali sehari, masing-masing 1 gelas

  7. Mengobati Perut Mules.

    Lumatkan daun srikaya secukupnya. Tambahkan ramuan dengan sedikit minyak kelapa. Tempelkan ramuan di perut sebagai tapel.

  8. Mengobati Luka.

    Cuci bersih daun srikaya secukupnya. Rebus daun dengan 3 gelas air sampai mendidih. Gunakan air rebusan untuk mencuci luka.

  9. Mengobati Disentri.

    Tiga jari kulit batang srikaya, lalu potong-potong menjadi bagian yang lebih kecil. Cuci bersih, lalu rebus bahan dengan 4 gelas air sampai mendidih dan airnya tersisa 2 gelas. Tambah gula merah secukupnya ke dalam air rebusan. Setelah dingin, saring ramuan dan minum 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

  10. Mengatasi Kudis.

    Cuci brsih 15 lembar daun srikaya. Giling halus dan remas daun dengan 1 sendok teh air kapur sirih. Gunakan air perasan untuk menggosok kulit yang terkena kudis. Lakukan pengobatan 2 kali sehari hingga penyakitnya sembuh.

Catatan : wanita hamil dilarang minum ramuan yang dibuat dari biji srikaya.

Salam Sehat

 

 Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal SoloJl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088
  • Istana Herbal YogyakartaJl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155
  • Istana Herbal MalangLampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281
  • Istana Herbal JakartaJl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo