Manfaat Buah Stroberi

Hasil gambar

Stroberi merupakan tanaman yang membutuhkan tempat dan perawatan khusus untuk dapat tumbuh menjadikan buah ini berharga mahal. Stoberi pertama kali ditemukan di Chilli lalu menyebar ke daerah lain seperti Indonesia. Dari berbagai macam jenis stroberi yang pertam kali masuk ke Indonesia berjenis F. vesca L.

Buah stroberi berwarna merah dengan bintik hitam. Buah ini memiliki rasa asam manis.  Bentuknya yang bulat mungil dengan sedikit mengerucut pada bagian ujungnya menjadikan stroberi salah satu buah yang banyak digemari masyarakat. Selain rasa dan tampilannya yang menarik, buah stroberi juga memiliki banyak kandungan di dalamnya.

Kandungan Nutrisi Buah Strawberry

Secara langkap berikut ini: delapan buah strawberry atau 1 gelas potongan strawberry mengandung 50 kalori dan tidak mengandung kolesterol, delapan buah strawberry memberi 30 mikrogram asam folat ini setara dengan 7,5 % kebutuhan asam folat harian ibu hamil yakni 400 mikrogram. Asam folat merupakan salah satu jenis vitamin B yang sangat penting bagi tubuh.

Menurut WHO orang dewasa membutuhkan 400 mikro gram asam folat per hari, sedangkan wanita hamil membutuhkan minimal 800 mikro gram asam folat per hari karena asupan asam folat bagi ibu hamil sangat penting. vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, kalsium, magnesium, sodium, potasium, seng, besi, asam folat, beta karoten, vitamin E, vitamin K serta ant-oksidan. 

Manfaat Buah Stroberi

Menjaga kesehatan mata

Radikal bebas dan kekurangan nutrisi tertentu merupakan penyebab utama seseorang mengalami gangguan terhadap mata. Radikal bebas dapat dengan mudah menyebabkan permasalahan pada mata bila tubuh kekurangan nutrisi pelindung ditambah usia yang semakin tua. Zat antioksidan, vitamin C dan flavonoid yang terkandung dalam buah stroberi berfungsi untuk menangkal perkembangan penyakit mata karena usia seperti katarak dan degenerasi macula.

Memutihkan gigi

Asam malat yang terkandung dalm stroberi bertindak sebagai zat yang akan mengikis dan menghilangkan beberapa noda pada permukaan gigi. Dengan mengunyah stroberi setiap hari dapat membantu kesehatan mulut seperti memutihkan gigi, menghilangkan bau mulut, serta membuat nafas segar.

Anti inflamasi

Kandungan fenol dalam buah stroberi memiliki fungsi yang mirip dengan ibuprofen dan aspirin yaitu menghambat enzim Cyclooxygenase (COX) sehingga berguna untuk mengatasi gangguan inflamasi seperti osteoarthritis, asma, dan aterosklerosis. Berbeda dengan dua zat lainnya, fenol tidak memberikan efek samping yang tidak diinginkan seperti pendarahan pada usus dan perut.

Mencegah kanker

Buah stroberi memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga mampu melindungi sel-sel dari kerusakan yang dapat menyebabkan kanker. Dalam suatu penelitian di Amerika  Serikat, ekstrak buah stroberi ternyata dapat menghambat pertumbuhan sel kanker serviks ataupun kanker payudara. Dalam penelitian lain, asam ellagik yang ada pada stroberi juga sangup menghambat kanker paru –paru, kerongkongan, payudara, kulit, dan kanker hati yang diakibatkan oleh pencernaan bahan kimia.

Selain itu, kandungan vitamin A, C, E dan asam ellegikdalam buah stroberi berfungsi untuk melumpuhkan sel kanker dalam tubuh. dan juga dapat mencegah terjadinya lekukimia atau kanker sel darah putih.

Menjaga kesehatan jantung

Buah stroberi juga mengandung senyawa fitokimia (asam ellagik, kuersetin, kaemferol, asam fenolat, dan antisianin yang diketahui dapat mencegah penggumpalan darah, salah satu penyebab orang terkena serangan jantung dan stroke. Kombinasi  anti oksidan antara vitamin C dan anthocyanidins, dapat membantu melindungi arteri dari kerusakan \, serta mencegah pembekuan pembuluh darah. Storberi juga rendah lemak sehingga baik sangat efektif untuk mengurangi kolesterol.  Sedangkan vitamin B berfungsi untuk memperkuat otot jantung dan membantu fungsi jantung lebih baik.

Kesehatan kulit

Asam ellagic dalam stroberi berperan sebagai anti oksidan sangat baik untuk mencegah kanker serta menyehatkan kulit dari ancaman radikal bebas dan mencegah keriput pada kulit serta membantu mencegah terjadinya kerusakan akibat sinar UV, sehingga sangat baik untuk menyehatkan kulit dan mengatasi penuaan dini. Selain itu kandungan asam salisilat, flavonoid, dan vitamin C dalam stroberi membantu menghilangkan jerawat dan minyak berlebih pada kulit wajah.

Menurunkan kolesterol

Stroberi kaya akan phyto-nutrisi yang merupakan jenis senyawa yang berperan untuk mencegah berbagai macam penyakit. Senyawa ini juga lah yang mampu membuat warna dan juga bau poada buah stroberi. Senyawa ini dipercaya mampu menurunkan risiko terserang kardiovaskular dengan menghambat oksidasi  LDL (low destiny lipoprotein).

Menjaga kesehatan otak

Makanan dan lingkungan membantu penyebaran radikal bebas yang mengancam tubuh, radikal bebas tidak hanya menyebabkan penuaan dini, akan tetapi juga mengancam fungsi otak. Penelitian telah menunjukkan bahwa selain memiliki efek anti anemia, folat yang ditemukan dalam buah stroberi juga bermanfaat meningkatkan daya ingat, konsentrasi dan kemampuan otak untuk memproses informasi. Hal ini juga untuk mencegah cacat otak pada bayi selama masa kehamilan sang ibu.

Menjaga kesehatan tulang

Mangan yang terkandung dalam stroberi dipercaya mampu membangun dan menjaga struktur tulang dengan baik. Kalium, vitamin K, dan magnesium dalam stroberi juga penting bagi kesehatan tulang. Rutinlah mengonsumsi buah stroberi untuk mempertahankan kepadatan tulang serta membuat tulang lebih kuat dan sehat.

Salam Sehat

 

Kami melayani pembelian dalam bentuk grosir dan eceran. Untuk pemesanan silahkan hubungi : 081393930088

Kini pengiriman orderan bisa melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo. 

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta. 

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang. 

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta. 

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
Karyawan baru Istana