Sukun Bermanfaat Untuk Mengatasi Demam dan Menambah ASI

Image result for tanaman SUKUN

Apakah Anda pernah melihat pohon sukun (Artocarpus communis)? Sukun adalah salah satu jenis buah yang sering dimasak menjadi berbagai macam sajian. Salah satu hidangan yang paling populer adalah sukun goreng atau sukun rebus. Tanaman sukun termasuk dalam golongan tanaman kluwih sehingga karakter pohon, batang, daun dan buahnya memang hampir mirip seperti kluwih. Namun ternyata sukun tidak hanya dimanfaatkan buahnya saja. Daun sukun yang berbentuk lembaran besar, sedang dan kecil juga bermanfaat untuk manusia.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Sukun kaya kandungan kimia seperti saponin dan polifenol pada kulit batang dan daun. Anggota famili Moraceae itu bersifat antidemam (daun) serta melancarkan ASI (kulit buah).

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Daun dan kulit buah bermanfaat sebagai obat untuk mengatasi beragam penyakit sebagai berikut.

  • Mengatasi Demam.

    Cuci bersih 20gr daun sukun segar, lalu rajang kecil-kecil. Rebus bahan dengan 2 gelas air matang selama 15 menit. Setelah dingin, saring, dan air rebusan dibagi 2 untuk minum pada pagi dan sore.

  • Menambah ASI.

    20gr daun sukun segar dicuci, lalu dirajang kecil-kecil. Rebus bahan dengan 2 gelas air matang selama 15 menit. Setelah dingin, saring dan air rebusan dibagi 2 untuk diminum pada pagi dan sore hari.

Sejumlah kandungan kimia yang terkandung di dalam daun dan kulit buah sukun ini menjadikan sukun dipercaya dapat mengatasi demam dan menambah ASI. bagi para ibu menyusui mengkonsumsi sukun tidak ada salahnya, karena sukun dapat menambah produksi ASI.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo