5 Manfaat Penting Tumbuhan Sesuruhan Untuk Tubuh

Image result for tanaman SURUHAN

Daun suruhan juga dikenal dengan nama daun tumpangan air. Hal ini karena bentuk daunnya cukup lebar dan terlihat seperti dapat menampung air hujan. Ukuran tanaman suruhan cukup kecil dengan akar yang pendek dan tangkai yang juga tidak panjang. Anda dapat dengan mudah menemukan daun ini di sekitar sawah dan jug ataman dengan kondisi tanah yang cukup lembab.

Tanaman sesuruhan memiliki nama latin Peperomia Pellucid yang bisa tumbuh dengan subur dan memiliki ketinggian sampai 10-30cm, warna daun tersebut hijau dan memiliki batang atau tangkai yang lunak. Seperti yang kita ketahui bahwa tanaman sesuruhan ini memiliki kandungan yang bermanfaat dalam mengatasi penyakit.

Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat daun suruhan, kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan daun ini untuk kesehatan Anda. Berikut ini informasinya.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Suruhan kaya kandungan kimia seperti alkaloid, tanin, kalsium oksalat, lemak, dan minyak asiri. Anggota faamili Piperceae bersifat pedas dan sejuk.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Seluruh bagian tanaman sebagai obat untuk mengatasi beragam penyakit sebagai berikut.

  1. Mengatasi Abses, Bisul, Jerawat, dan Radang Kulit.

    2 pohon tanaman suruhan segar ukuran kecil (tingginya 7-10cm tinggi) dicuci bersih. Rebus tanaman dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Minum airnya sekaligus 1 gelas selagi hangat. Lakukan pengobatan sehari 2 kali dengan dosis yang sama. Sisa air ramuan sebaiknya dibuang. Buat ramuan segar lagi untuk setiap kali akan minum ramuan yang berikutnya.

  2. Mengobati Luka Trebakar dan Terpukul.

    Ambil tanaman suruhan segar secukupnya. Cuci bersih, lalu lumatkan tanaman. Tempelkan ramuan dibagian tubuh yang sakit.

  3. Mengobati Penyakit Ginjal.

    Cuci bersih tanaman suruhan segar berukuran kecil (tingginya 7-10cm tinggi) dicuci bersih. Rebus tanaman dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Minum airnya sekaligus selagi hangat. Lakukan pengobatan sehari 2 kali, masing-masing 1 gelas. Sisa air ramuan sebaiknya dibuang. Buat ramuan segar lagi untuk setiap kali akan minum ramuan yang berikutnya.

  4. Mengobati Sakit Kepala pada Penderita Demam.

    Lumatkan 15 lembar daun suruhan segar setelah dicuci bersih. Tempelkan ramuan di pelipis. Cara lain yaitu merebus 2 pohon tanaman segar berukuran kecil dengan tinggi 7-10cm tinggi yang telah bersih dalam 3 gelas hingga tersisa 2 gelas. Minum air ramuan 1 gelas sekaligus selagi hangat. Lakukan pengobatan sehari 2 kali dengan dosis yang sama. Sisa air ramuan sebaiknya dibuang. Bila akan minum ramuan, sebaiknya dibuat ramuan segar lagi.

  5. Mengobati Sakit Perut.

    Tumbuk halus herba suruhan segar yang telah dicuci bersih. Peras hasil tumbukan, lalu minum air perasan itu.

Itulah 5 Manfaat Penting Tumbuhan Sesuruhan Untuk Tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjaga kesehatan. Pola hidup yang sehat akan lebih menguntungkan Anda nantinya di masa depan

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo