Susu Kedelai Juga Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Image result for susu kedelai

Susu kedelai dibuat dari kacang kedelai yang digiling dan direbus. Karena berasal dari tanaman, secara alami susu kedelai bebas kolesterol, rendah lemak jenuh, dan tidak mengandung laktosa. Susu kedelai selama ini dikenal sebagai pengganti bagi anak maupun orang dewasa yang alergi terhadap susu sapi. Bukan hanya itu, susu kedelai yang rendah lemak juga kerap dikonsumsi orang yang sedang menjalani program diet.

Manfaat susu kedelai cukup terkenal di Indonesia sebagai salah satu minuman yang sangat menyegarkan dan baik untuk kesehatan. Susu kedelai atau yang dipanggil juga dengan sebutan susu kacang ini merupakan salah satu minuman yang sangat terkenal di Indonesia.

Kandungan Susu Kedelai

Kandungan susu kacang kedelai terletak pada komponen dalam kedelai yang mencakup karbohidrat, serat (fiber), vitamin E dan K, asam lemak essensialnya. Lisin adalah jenis asam amino yang banyak terkandung dalam susu kedelai.

Protein

Susu kedelai merupakan sumber protein yang sangat lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh. Kedelai mengandung  sembilan asam amino esensial. Tubuh akan mengubah asam amino menjadi protein baru, termasuk antibodi penting untuk fungsi sistem kekebalan tubuh, protein struktural yang memegang peranan pada jaringan, dan enzim yang membantu sel-sel menghasilkan energi. Setiap cangkir susu kedelai tanpa gula, mengandung 7 gram protein.

Vitamin dan Mineral

Susu kedelai juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral lain yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Berikut beberapa kandungan vitamin dan mineral dari susu ini :

  • Kalsium
  • Zat besi
  • Riboflavin
  • Vitamin B12

Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan

Manfaat susu kedelai sangat efektif untuk beberapa permasalahan kesehatan, kandungan protein yang tinggi serta vitamin dan mineral dapat membantu berbagai masalah berikut ini :

  1. Mengontrol Tekanan Darah.

    Kandungan seimbang antara lemak jenuh dan tak jenuh adalah salah satu komponen yang dapat membantu dalam mengatur menyeimbangkan tekanan darah tinggi. Selain itu kandungan vitamin E, asam folat dan B6 mampu mencegah terjadinya penyakit jantung. Tekanan darah tinggi juga dapat diminimalisir dengan kandungan magnesium pada susu kedelai.

  2. Mengurangi Kolesterol Darah.

    Antioksidan dalam isoflavon pada kacang-kacangan seperti kedelai, mampu menaikkan kadar HDL yang baik untuk kesehatan jantung. Sedangkan lesitin dipercaya menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dalam darah yang dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh.

  3. Menjaga Kesehatan Jantung.

    Penyakit jantung merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling sering dialami oleh seorang pria. MayoClinic.com (portal kesehatan dunia) merekomendasikan untuk melakukan diet rendah lemak jenuh dan sodium serta tinggi protein untuk mencegah masalah kardiovaskular. 1 cangkir susu kedelai mengandung 3.6 gram lemak, 6.3 gram protein, 104 kalori dan hanya 0,5 gram lemak jenuh.Selain rendah kalori, lemak, dan tinggi protein, rasio lemak jenuh dan tak jenuh susu kedelai dapat memantu tekanan darah tinggi dan kolesterol.

  4. Mencegah Osteoporosis.

    Osteoporosis merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh bertambahnya usia dan kekurangan hormon. Fitoestrogen dalam kedelai dapat membantu mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh dan mencegah hilangnya massa tulang yang dapat menyebabkan osteoporosis. Untuk manfaat maksimal, pastikan untuk membeli susu kedelai yang diperkaya dengan kalsium tambahan dan vitamin D.

  5. Mengurangi Resiko Diabetes.

    Protein nabati pada susu kedelai dapat lebih mudah diolah oleh ginjal penderita diabetes, dibandingkan dengan protein hewani seperti susu sapi. Susu kedelai mengandung dua zat gizi mikro yang dapat berkontribusi terhadap perkembangan diabetes tipe 2: magnesium dan vitamin D. Meskipun zat ini bukan untuk pengobatan diabetes tipe 2, orang-orang yang memiliki nutrisi rendah terhadap dua zat ini memiliki risiko lebih besar terkena diabetes tipe 2.1 cangkir penyajian susu kedelai dapat mencegah terjadinya kasus ini karena mengandung8,6 persen dari magnesium dan 18 persen vitamin D. Selain itu, susu kedelai adalah makanan yang aman bagi penderita diabetes tipe 2.

  6. Membantu Menjaga Kesehatan Mental.

    Kasehatan mental adalah salah satu manfaat susu kedelai yang tidak terduga, lalu bagaimana peran susu kedelai ini pada kesehatan mental ? MayoClinic.com telah melist bahwa bunuh diri merupakan peringkat ke-7 dari penyebab utama kematian para pria. Susu kedelai dapat membantu mengurangi risiko ini karena mengandung sejumlah zat gizi mikro dengan potensi manfaat kesehatan mental.1 cangkir susu kedelai mengandung 5,8 persen vitamin B-6, yang membantu tubuh Anda untuk membuat serotonin neurokimia meningkatkan suasana hati. Kadar magnesium yang juga membantu untuk meningkatkan tingkat serotonin dan mungkin sama efektifnya dengan beberapa obat antidepresan yang diperuntukkan pada orang depresi dan diabetes. Kandungan vitamin D yang tinggi dalam susu kedelai juga dapat membantu untuk mencegah dan mengobati gangguan afektif musiman, kondisi depresi yang mempengaruhi orang yang hidup dalam tekanan tinggi.

  7. Membantu Mencegah Kanker.

    Manfaat susu kedelai yang tak kalah penting adalah kemampuannya dalam mencegah kanker. Selain sebagai sumber protein, mineral dan vitamin, susu kedelai juga mengandung selenium yang merupakan salah satu zat atau senyawa antioksidan untuk mengatasi paparan radikal bebas yang memicu kanker. Bukan hanya selenium, antioksidan lain pada susu kedelai adalah vitamin E dan genistein yang diketahui dapat membantu menghalau kanker.

  8. Membantu Menurunkan Berat Badan.

    SteadyHealth melansir bahwa satu cangkir susu sapi mengandung hingga 8 gram protein dan 12 gram karbohidrat. Sementara, secangkir susu kedelai murni mengandung sekitar 7 gram protein, 4 gram karbohidrat dan 4,5 gram lemak. Artinya, susu kedelai memiliki manfaat hampir serupa dengan susu sapi namun memiliki kalori lebih rendah sehingga dapat membantu orang-orang yang sedang menjalani program diet.

  9. Membantu Penderita Autisme.

    Manfaat susu kedelai yang belum banyak diketahui orang adalah susu kedelai dapat membantu penderita autisme.Selain membutuhkan terapi penyembuhan, penderita autism juga disarankan menghindari makanan yang mengandung protein susu (kasein) dan protein tepung (glutein). Selain sulit dicerna, kasein dan glutein juga dapat menyebabkan gangguan fungsi otak sehingga menjadikan penderita autisme semakin hiperaktif. Penderita autisme disarankan mengonsumsi susu kedelai sebagai pengganti susu sapi agar tetap mendapat protein, vitamin dan mineral tanpa merasakan efek samping merugikan.

  10. Mengatasi Masalah Intoleransi Laktosa.

    Manfaat susu kedelai yang pertama ini telah cukup banyak diketahui oleh masyarakat umum. Beberapa anak dan orang dewasa memiliki alergi terhadap susu sapi. Kondisi itu dikenal dengan istilah intoleransi laktosa karena penderita memiliki enzim lactase yang terbatas dalam tubuh. Enzim lactase ini berfungsi memecah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa agar usus lebih mudah mencernanya. Karena jumlah enzim yang terbatas itu, maka penderita intoleransi laktosa sulit mencerna susu sapi. Akibatnya, akan timbul respon seperti mual, muntah, diare atau gejala sakit perut lainnya.Susu kedelai adalah pilihan aman untuk dijadikan pengganti susu sapi, terutama bagi bayi dan balita yang membutuhkan banyak protein. Dua gelas susu kedelai diketahui dapat memenuhi 30% kebutuhan protein bagi balita. Kelebihan susu kedelai dibandingkan susu sapi adalah karena tidak ada laktosa pada susu kedelai sehingga anak dapat mencerna susu dengan mudah.

Efek Samping Susu Kedelai

Susu kedelai memang mempunyai manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh, tetapi minuman ini harus dikonsumsi secara berhati-hati karena memiliki efek samping yaitu racun alami (antinutrients) yang dapat membahayakan kesehatan juga, karena

  • Kedelai mengandung goitrogens yang menyebabkan fungsi tiroid dapat tertekan.
  • Kedelaijuga mengandung fitat yang mencegah penyerapan mineral.
  • Kedelaijuga memiliki kandungan phytoestrogen yang kadang-kadang dapat memblokir hormon estrogen dan memiliki efek buruk pada jaringan tubuh manusia.

Demikianlah artikel tentang manfaat susu kedelai yang baik untuk tubuh beserta penjelasan lainnya. Susu kedelai memang mempunyai manfaat yang lebih baik dibandingkan dengan susu sapi atau susu kambing tetapi tetap harus berhati-hati dalam mengkonsumsinya. Karena setiap apapun yang masuk ke dalam tubuh tidak semuanya bisa diterima oleh tubuh, tergantung kondisi tubuh sendiri. Semoga bermanfaat.

 

Soyasi ASI Booster Milk

Soyasi merupakan minuman sari kedelai siap saji yang terbuat dari biji kedelai pilihan dan biji-bijian herbal lainnya yang tinggi protein, serat dan multivitamin alami dan mengandung bahan aktif alami tanaman. Mengandung anethole, dianethole dan photoanethole, serta mengandung senyawa phytoestrogen yang mampu menstimulasi kesehatan payudara dan meningkatkan produksi susu untuk ibu menyusui.

Salam Sehat

 

Untuk pemesanan silahkan hubungi : 081393930088

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo