Tahukah Kalian Apa itu Tanaman Tahi Kotok dan Manfaatnya Untuk Kesehatan?

Image result for tanaman tahi kotok

Ada yang tau tanaman bunga tahi kotok? Eiiittts jangan salah fokus sama namanya yang terdengar tidak enak yaa karna kalau dilihat dari bunganya cantik sekali tetapi aromanya memang kurang sedap. Tahi kotok adalah jenis tanaman hias dari Meksiko, mempunyai nama botani Tagetes erecta Linn dari suku Asteraceae. Nama tahi kotok di telinga melayu apalagi suku sunda ga begitu bagus hampir mirip dengan nama kotoran seekor ayam Tahi kotok (kotoran ayam) mungkin karena aroma yang kurang sedap yang timbul dari bunga ini.

Orang-orang sunda menyebut tanaman ini Ades atau tagetes, sedangkan kenikir sebutan didaerah Jawa. Adapun nama simplisia bagi bunga ini adalah Tagetis erecta Fios (bunga tahi kotok). Tahi kotok merupakan tanaman hias yang sering di tanam di pekarangan, taman dan tempat-tempat baik lainnya. Tanaman tahi kotok dapat tumbuh bagus dilingkungan lembap yang cukup terkena sinar matahari.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Tahi kotok mengandung 0,1 % tagetiin, terthienyl, 0,74% helenian, dan flavosantin. Anggota famili Compositae itu bersifat pahit, bau khas dan sejuk. Khasiatnya sebagai antiradang, mengencerkan dahak, dan obat batuk. Faedah lain untuk mengatasi infeksi saluran napas bagian atas, radang atas, radang mata (konjunctivitas), sariawan, batuk seratus hari/ batuk rejan, bronkitis, sakit gigi, radang tenggorokan, kejang panas pada anak-anak, luka, radang kulit bernanah (pioderma), dan pembengkakan payudara (mastititis).

Bagian yang Digunakan danPemanfaatannya

Bunga kering, akar dan daun berkhasiat untuk mengatasi beragam penyakit berikut.

  • Mengobati Gondongan (parotitis) dan Pembengkakan Payudara.

    Cuci bersih bunga kering tahi kotok secukupnya, lalu tumbuk hingga halus. Campur tumbukan dengan cuka. Gunakan ramuan itu sebagai tepal dibagian yang sakit.

  • Mengatasi Radang Kulit Bernanah (piodermi).

    Cuci bersih akar dan daun segar tahi kotok secukupnya. Lumatkan bahan, lalu gunakan ramuan itu sebagai tapal di tempat yang sakit.

  • Mengatasi Sakit Gigi dan Sakit Mata.

    13 gr bunga kering tahi kotok dicuci bersih, lalu direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan airnya tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring ramuan. Minum air rebusan 2 kali sehari, masing-masing setengah gelas.

  • Mengobati Batuk 100 hari (pertusis).

    Cuci bersih 17gr bunga kering tahi kotok. Rebus bunga dalam 2 gelas air hingga mendidih dan airnya tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring ramuan. Minum air rebusan itu 2 kali sehari, masing-masing setengah gelas.

  • Mengobati Infeksi dan Radang Saluran Napas Bagian Atas dan Radang Tenggorokan.

    Cuci bersih 13gr bunga kering tahi kotok, lalu rebus dengan 2 gelas hingga mendidih dan airnya tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring ramuan. Minum air rebusan itu 2 kali sehari, masing-masing setengah gelas.

  • Mengobati Sariawan dan Kejang pada Anak-anak.

    Ambil 13gr bunga kering tahi kotok, lalu cuci bersih. Rebus bahan dengan 2 gelas air hingga mendidih dan airnya tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring ramuan. Minum air rebusan itu 2 kali sehari, masing-masing setengah gelas.

Demikianlah sedikit informasi artikel tentang Tahukah Kalian Apa itu Tanaman Tahi Kotok dan Manfaatnya Untuk Kesehatan? Jangan salah fokus sama nama dari bunga tahi kotok ini yaa karena dibalik namanya yang kurang enak didengar, tanaman bunga tahi kotok memiliki manfaat yang cukup besar untuk kesehatan tubuh. Semoga berguna bagi Anda yang memerlukannya. Terima kasih.

Salam Sehat

 

 Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal SoloJl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088
  • Istana Herbal YogyakartaJl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155
  • Istana Herbal MalangLampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281
  • Istana Herbal JakartaJl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo