Tanaman Herbal Sawi Langit

Tanaman Herbal Sawi Langit

Sawi langit banyak dijumpai di tepi jalan dengan ciri bunganya yang berwarna ungu mencolok. Tanaman ini biasanya tumbuh liar di halaman, pekarangan atau tepi jalan ini ternyata memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan.

Sawi langit dapat tumbuh tinggi sekitar 20 - 100 cm.  Batangnya memiliki rambut halus dan bercabang. Daun sawi langit berbentuk oval memanjang dengan gerigi-gerigi yang tidak beraturan, permukaan atas dan bawah berambut halus dan bertangkai pendek. Bunganya berwarna ungu, berkelompok 5-20 kuntum. Biji sawi langit berbentuk bulat oval.

Sawi langit sendiri memiliki nama lain di berbagai daerah seperti  buyung-buyung, lidah anjing, sayur babi, daun muka manis, rumput ekor kuda, rumput tahi bahi, rumput muka manis, leuleuncaan, mareme, rante piit, sasawi langit, sembung, capeu tuhur (Sunda), sembung, sembung rendetin (Bali), maryuna, pidak, nyawon, sembung kebo (Jawa), bangkong, dan shang han cao (China).

Dalam ilmu farmakologi Cina tanaman sawi langit bersifat pahit, manis, sejuk dan menenangkan (sedative). Seluruh bagian tanaman sawi langit yang segar maupun yang sudah dikeringkan dapat dimanfaatkan sebagai obat. Anggota famili Compositae ini berfaedah untuk mengatasi demam, panas, batuk, disentri, hepatitis, lelah tak bersemangat, dan susah tidur. Selain itu, sawi langit dimanfaatkan untuk obat luar seperti mengobati bisul, gigitan ular, luka terpukul dan kesleo. Kandungan kimia tanaman ini belum banyak diketahui.

Untuk pemakaian luar (bisul, gigitan ular, luka terpukul, dan keseleo), lumatkan atau tumbuk herba sawi langit yang sudah dicuci dengan sedikit air sampai membentuk seperti salep. lalu tempelkan pada bagian yang sakit.

Untuk mengobati batuk, panas, atau demam, ambil 10-15 gram tanaman sawi langit yang sudah dikeringkan, atau bisa juga diganti dengan 30-60 gram tanaman sawi langit segar. Cuci hingga bersih dan masak dengan 4 gelas air, tunggu sampai mendidih dan tersisa separuhnya. Minum 2 kali sehari setiap minum satu gelas.

Untuk mengobati kejang lambung, disentri, hepatitis, dan kejang perut, cuci bersih tanaman sawi langit segar sekitar 30-60 gram atau setara dengan 10-15 gram tanaman kering. Rebus dengan 4 gelas air mendidih sampai tersisa 2 gelas. Saring air rebusan tersebut dan tunggu hingga dingin. Minum ramuan tersebut 2 kali sehari setelah dingin. Setiap minum  satu gelas.

Untuk mengatasi lelah dan tidak bersemangat (neurasthenia) dan kurang tidur (insomnia) tanaman sawi langit diolah menjadi ramuan seperti di atas.

 

 

baca Selengkapnya