Manfaat Jahe

Hasil gambar untuk jahe

Jahe  (Zingiber Officinale Rosc)  adalah jenis rempah yang digunakan pada hamper semua kuliner Asia dan India. Jahe juga digunakan untuk obat oleh masyarakat diberbagai budaya. Jahe digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan seperti mual, kehilangan nafsu makan, mabuk dan rasa sakit.

Batang bawah  atau akar tanaman jahe dapat dikonsumsi segar, bubuk, dikeringkan sebagai bumbu, atau dalam bentuk minyak. Ada banyak cara memanfaatkan jage untuk kesehatan.bentuk yang paling umum dari jahe meliputi :

Teh jahe, jahe yang diseduh air panas biasanya disuguhkan untuk meredakan mual, menenangkan perut dan membuat tubuh rilek. Minum satu atau dua cangkir the jahe tiga kali sehari dapat mengurangi peradangan. Tambhakan sedikit madu dan lemon agar rasanya lebih enak.

Jahe bubuk, bentuk bubuk dari jahe digunakan dalam membuat beberapa jenis masakan seperti kari ayam, kue labu atau smoothie untuk sarapan. Selain itu, jahe bubuk dapat digunakan dalam bentuk kapsul sebagai suplemen kesehatan.

Jahe mentah, irisan jahe segar digunakan sebagai bumbu pada sayuran, tumisan atau minumam hangat atau dingin.

Minyak esensial jahe, minyak atsiri jahe mengandung tingkat gingerol tertinggi. Minyak ini bias dioleskan pada bagian luar tubuh untuk mengobati kondisi kesehatan.

 

  • Asal Jahe

India dan tiongkok telah menggunakan tonikum jahe untuk mengobati penyakit selama lebih dari 4.700 tahun. Sifat obatnya yang mujarab membuat jahe menjadi komoditas berharga dalam industry perdagangan selama masa kekaisaran Romawi.

 

  • Kandungan nutrisi dan senyawa alami

Jahe mengandung banyak senyawa anti inflamasi dan antioksidan laiinya yang bermanfaat untuk kesehatan. Senyawa seperti gingerol, betakaroten, capsaicin, asam caffeic, curcumin dan salisilat banyak yang terdapat dalam jahe. Jahe juga mengandung vitamin dan mineral karbohidrat, serat, protein, sodium, vitamin B6, kalsium, zat besi, vitamin C kalium magnesium fosfor zinc folat riboflavin.

 

Manfaat jahe

  • Memperkuat kekebalan tubuh

Jahe sangat efektif untuk menghangatkan tubuh dan dapat membantu memecah akumulasi racun dalam organ tubuh. Rimpang ini juga dikenal dapat membersihkan system limfatik, yakni system pembuangan limbah tubuh.

  • Meningkatkan Kerja Sistem Pencernaan

Senyawa fenolik dalam jahe dikenal dapat meringankan iritasi gastrointestinal, merangsang produksi air liur dan empedu. Senyawa tersebut juga bekerja menekan kontraksi lambung serta pergerrakan manakan dan cairan melalui saluran pencernaan. Dengan begitu kerja pencernaan menjadi lebih baik dan efisien.

  • Stroke dan penyakit jantung

Jahe dan bawang putih masing-masing memiliki kemampuan anti pembekuan darah, namun ketika dimakan bersama-sama keduanya merupakan pelindung kuat terhadap serangan jantung dan stroke.

  • Mencegah malabsorpsi

Pencernaan yang tidak lancer dapat menyebabkan asimilasi nutrisi yang salah dan memicu kondisi malabsorpsi. Malabsorpsi adalah keadaan dimana tuuh menderita kekurangan gizi. Jahe membantu meningkatkan system pencernaan dan metabolism yang teratur.

  • Mengurangi mual

Minum tehjahe atau mengunyah jahe mentah adalah cara termudah untuk mengatasi mual. Baik mual karena masuk angin, mabuk kendaraan, atau mual akibat pengoobatan kanker. Wanita hamil yang mengalami morning sickness juga dapat menggunakan jahe untuk meredakan mual dn muntah dengan aman.

Artikel Terkait

  • Temulawak

        Temulawak atau dikenal dengan nama Curcuma Xanthorrhiza merupakan tanaman obat yang digunakan sebagai salah satu...

  • Temu Ireng

        Temu ireng memiliki nama latin Curcuma Aeruginosa  adalah jenis tanaman jamu yang tumbuh subur di Indonesia.  Ta...

ana solo