Temu Ireng

 

Hasil gambar untuk temu ireng

 

Temu ireng memiliki nama latin Curcuma Aeruginosa  adalah jenis tanaman jamu yang tumbuh subur di Indonesia.  Tanaman ini menghasilkan rimpang batang yang cukup besar karena memiliki batang tanaman hingga mencapai dua meter.  Rimpang temu ireng memiliki rasa yang tajam, pahit dan bersifat dingin. Akar rimpang tanaman ini digunakan dalam berbagai macam pengobatan tradisional . penyakit yang dapat disembuhkan oleh rimpang temu ireng antara lain meningkatkan nafsu makan hingga membantu membersihkan darah setelah melahirkan atau haid.

 

  • Asal Temu Ireng

Asal usul temu ireng tidak diketahui, namun tanaman ini dapat dengan mudah ditemui di Burma, kamboja, Vietnam dan pulau jawa. Temu ireng banyak ditemukan tumbuh liar dihutan jati, padang rumput, atau diladang pada ketinggian 400-1750 meter dari permukaan laut.  selain itu temu ireng juga ditanam dipekarangan atau diperkebunan.

 

  • Kandungan nutrisi dan senyawa alami

Kandungan senyawa dalam temu ireng antara lain minyak atsiri, karbohidrat, mineral, lemak, damar, renmin, germakrene, alkaloid, kardione, saponin, isofortungermakrene, tannin, mineral, curcumin, dan tetrametilfrazine.  Selain itu temu ireng memiliki sifat anti radang, anti bakteri, pembersih darah, anti kanker ( antineoplatik), antikoagulan, pelindung hati ( hepatoprotektor) dan antibiotik.

 

Manfaat Kesehatan

  • Mengatasi masalah kulit

Rimpang temu ireng yang sudah tua dihaluskan dan ditambhakan sedikit minyak kelapa, lalu dibalurkan pada kulit yang bermasalah.

  • Mengobati ambeien

Rimpang temu iren yang dihaluskan kemudian diseduh dengan air panas dapat membantu mengurangi nyeri  akibat ambeien.  Tambhakan madu dan telur ayam kampong untuk khasiat terbaik.

  • Mengobati cacingan

Meminum air rendaman rimpang temu ireng bias membunuh cacing jenis Ascaridia Agalli.

  • Meningkatkan nafsu makan

Rebusan akar rimpang temu ireng dapat diberikan untuk meningkatkan nafsu makan anak. Berikan ramuan tersebut 1-2 kali sehari sebanyak ½ hingga 1 gelas untuk meningkatkan nafsu makan dan menambha berat badan anak.

  • Mengatasi kolesterol

Meminum ramuan akar temu ireng yang dicampur dengan daun dewa dapat menurunkan kolesterol.  Jika ramuan tersebut diminum secara rutin dua kali sehari kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah akan menurun. Jika kadar DLD turun, kadar kolesterol baik (HDL) otomatis akan naik.

  • Mengatasi pembengkakan

Kombinasi rimpang temu ireng dan daun takokan dapat mengurangi pembengkakan yang terjadi karena alergi atau luka dalam. Selain itu ramuan itu juga dapat menetralisir racun dalam tubuh.

  • Obat malaria

Akar rimpang tanaman tersebut dicampur dengan daun pepaya , batang brotowali, madu dan air lalu direbus. Air rebusan jamu tersebut diminumkan pada penderita malaria dua kali sehari sabanyak satu gelas.

Artikel Terkait

  • Temulawak

        Temulawak atau dikenal dengan nama Curcuma Xanthorrhiza merupakan tanaman obat yang digunakan sebagai salah satu...

  • Manfaat Jahe

    Jahe  (Zingiber Officinale Rosc)  adalah jenis rempah yang digunakan pada hamper semua kuliner Asia dan India. Jahe j...

ana solo