Tanda Umum Bila Tubuh Kurang Gizi dan Nutrisi

Image result for Tubuh Kurang Gizi dan Nutrisi

Orang bertubuh kurus tidak berarti pasti kekurangan gizi, sebagaimana orang bertubuh gemuk juga tidak berarti mendapatkan gizi yang cukup. Kenyataannya, kekurangan gizi dan nutrisi adalah keadaan ketika tubuh seseorang tidak memperoleh asupan gizi yang mencukupi untuk menunjang kesehatan dan aktivitasnya, dan itu terlepas apakah dia kurus atau gemuk.

Dengan kata lain, orang dengan berat badan normal, kurus, atau gemuk, bisa masuk kategori kurang nutrisi dan gizi jika asupan makanannya tidak mengandung gizi yang seimbang. Berikut ini tanda umum bila tubuh mengalami kurang gizi dan nutrisi, yang bisa kita perhatikan.

Tulang Rapuh

Tulang rapuh merupakan ciri tubuh yang mengalami kekurangan nutrisi yang dibutuhkan, yaitu vitamin A, C, D, K, kromium, zinc, serta magnesium.

Kram

Kram pada beberapa bagian otot, apalagi dengan intensitas yang cukup sering, bisa menandakan bahwa tubuh kekurangan mineral seperti kalium, kalsium, serta magnesium, yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan dan perkembangan otot.

Rambut Rontok

Seringnya mengalami rambut rontok tidak sebatas hanya masalah perawatan kecantikan, karena bisa pula menjadi tanda bahwa tubuh kurang nutrisi berupa vitamin B12, B6, serta B5, juga kekurangan zat semacam klorin dan biotin.

Kulit Kusam dan Keriput

Masalah kulit keriput memang berkaitan dengan usia. Namun, ada kalanya orang yang secara usia belum bisa dibilang tua, tapi kulitnya sudah terlihat kusam dan keriput, serta mengalami masalah kulit lainnya. Hal semacam itu bisa menjadi penanda kekurangan vitamin A, C, B, E, selenium, seng, juga asam lemak omega-3.

Masalah Pencernaan

Sering mengalami masalah pencernaan semacam diare, kembung, sembelit, atau maag, bisa jadi merupakan tanda kekurangan nutrisi semacam seng, selenium, magnesium, vitamin B-kompleks, vitamin K, C, D, serta E.

Dari tanda-tanda yang sudah disebutkan di atas Anda bisa mengenali tanda-tanda bila tubuh kurang gizi dan nutrisi. Tubuh yang kurang gizi dan nutrisi ternyata bukan dengan terlihat kurus bahkan yang bertubuh gemuk pun bisa digolongkan kurang gizi dan nutrisi apabila makanan yang dikonsumsi tidak bergizi dan bernutrisi bagi tubuh.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo