Tanaman Tapak Dara Berkhasiat Penting Untuk Kesehatan

Image result for tapak dara

Tapak dara adalah perdu tahunan yang berasal dari Madagaskar, namun telah menyebar ke berbagai daerah tropika lainnya. Nama ilmiah tapak dara adalah Catharanthus roseus (L.) Don. Di Indonesia tumbuhan hias pekarangan ini dikenal dengan bermacam-macam nama, seperti sindapor (Sulawesi), kembang tembaga (Sunda), dan kembang tapak dara (Jawa).

Perdu kecil tahunan, berasal dari Amerika Tengah. Tumbuh baik mulai dari dataran rendah sampai ketinggian 800 meter di atas permukaan laut. Tumbuhan ini menyukai tempat-tempat yang terbuka, tetapi tak menutup kemungkinan bisa tumbuh di tempat yang agak terlindung pula. Habitus perdu tumbuh menyamping, Tinggi tanaman bisa mencapai 0,2-1 meter.

Daunnya berbentuk bulat telur, berwarna hijau, tersusun menyirip berselingan. Panjang daun sekitar 2-6 cm, lebar 1-3 cm, dan tangkai daunnya sangat pendek. Batang dan daunnya mengandung lateks berwarna putih. Bunganya aksial (muncul dari ketiak daun). Kelopak bunga kecil, berbentuk paku. Mahkota bunga berbentuk terompet, ujungnya melebar, berwarna putih, biru, merah jambu atau ungu tergantung kultivarnya. Buahnya berbentuk gilig (silinder), ujung lancip, berambut, panjang sekitar 1,5 - 2,5 cm, dan memiliki banyak biji.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Tapak dara kaya kandungan kimia seperti alkaloid. Terdapat lebih dari 70 macam alkaloid pada kar, batang, daun, biji, antara lain 28 bi-indole. Alkaloid antikanker yang dikandungnya adalah vinblastine (VLB), vincristine (VCR), leurosine (VLR), vincadioline, leurosidine, catharanthine, dan lochnerine. Sementara itu, alkaloid berefek hipoglikemik (menurunkan kadar gula darah) adalah leurosine, catharanthine, lochnerine, tetrahydroalstonine, vindoline, dan vindolinine. Anggota famili Apocynaceae itu bersifat sedikit pahit, sejuk, dan toksik. Khasiatnya sebagai antineoplastik (antikanker), sitostatiska, hipotensif (penenang), menyejukan darah, dan menghentikan pendarahan.

Bagian Yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Seluruh bagian tanaman, baik segar maupun kering, berkhasiat untuk mengatasi beragam penyakit.

  • Kanker, Limpa (hodgkin), Leukimia, Limfosarkoma, dan Chorionic Epithelioma.

    Ambil 15gr tanaman tapak dara, lalu cuci bersih. Rebus bahan dengan 500cc air sampai mendidih dan airnya tersisa 200cc. Setelah dingin, saring hasil rebusan dan minum sekaligus.

  • Acute Lymphocytic Leukimia.

    15gr tanaman tapak dara, lalu cuci bersih. Rebus bahan dengan 500cc air sampai mendidih dan airnya tersisa 200cc. Setelah dingin, saring hasil rebusan dan minum sekaligus.

  • Hipertensi. Ambil 15gr tanaman tapak dara, lalu cuci bersih. Rebus bahan dengan 500cc air sampai mendidih dan airnya tersisa 200cc. Setelah dingin, saring hasil rebusan dan minum sekaligus.
  • Kencing Manis.

    15gr tanaman tapak dara dicuci bersih, lalu direbus dengan 500cc air sampai mendidih dan airnya tersisa 200cc. Setelah dingin, saring hasil rebusan dan minum sekaligus.

  • Pendarahan AKibat Penurunan Trombosit.

    Ambil 15gr tanaman tapak dara, lalu cuci bersih. Rebus bahan dengan 500 cc air sampai mendidih dan airnya tersisa 200cc. Setelah dingin, saring hasil rebusan dan minum sekaligus.

Catatan:

  • Tanaman ini mengandung komponen aktif vinblastine dan leurocristine (vincristine0 yang berkhasiat antikanker pada leukimia 1534, leukimia 1210, AKR leukimia, ehrlich ascitic liver carcinoma, dan walker carcinoma komponen ini menghentikan mitosis sel kanker pada metafase.
  • Wanita hamil dilarang minum ramuan berbahan tapak dara.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo