Tidak Hanya Untuk Kesuburan, Tauge Mempunyai Manfaat Lebih Banyak

Hasil gambar untuk tauge

Manfaat tauge / toge yang paling terkenal adalah memberikan kesuburan bagi pasangan suami istri yang ingin mendapatkan keturunan dengan cepat. Tidak heran banyak pasangan baru yang mengkonsumsi sayuran toge selama proses ‘produksi’. Toge merupakan salah satu jenis sayuran yang melimpah ruah di tanah Indonesia sehingga tauge ini merupakan sayuran yang bisa keta temui tanpa mengenal musim.

Jenis sayuran ini memang kerap kali dihidangkan dalam berbagai jenis masakan asal Indonesia. Tidak hanya makanan berat sebagai lauk nasi seperti tumisan namun juga kudapan kecil seperti gorengan tahu kerap kali menggunakan isian tauge di dalamnya. Jenis sayuran yang satu ini terbilang murah meriah dan terjangkau sekali untuk dijumpai.

Kandungan Nutrisi Tauge

Tauge adalah gudangnya nutrisi. Manfaat tauge memang terdapat pada kandungan nutrisinya yang banyak digunakan olah tubuh. Penggunaan tauge dalam masakan ini setidaknya menyumbangkan vitamin dan mineral yang baik untuk perkembangan tubuh. Banyak nutrisi yang terkandung di dalam tauge sangat penting bagi pasangan yang ingin cepat hamil atau sedang menjalani program hamil.

Pada tauge terdapat kandungan vitamin E, vitamin C dan protein yang cukup tinggi. Selain ketiga zat tersebut, tauge juga memiliki beberapa kandungan lain seperti vitamin K, dan asam folat yang sudah tentu baik untuk kesehatan. Berbagai kandungan nutrisi yang kaya terdapat pada tauge ini membuatnya ikut andil dalam memberikan manfaatnya untuk kesehatan.

Manfaat Tauge Untuk Kesuburan dan Kesehatan

  1. Meningkatkan Kesuburan Pria.

    Toge memiliki kandungan vitamin E dan proteinnya yang sangat tinggi, kandungan ini dipercaya dapat meningkatkan kesuburan pria karena berbagai hormon pria dapat dihasilkan dengan rangsangan saat mengkonsumsi tauge. Bahkan sejak dahulu ini beberapa orang telah percaya dengan mengkonsumsi tauge maka akan mampu meningkatkan keperkasaan pria.

  2. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh.

    Di balik penampilannya yang kecil, pada tauge telah ditemukan beberapa senyawa yang berguna bagi kesehatan, salah satunya adalah saponin. Senyawa tersebut dipercaya dapat meningkatkan imunitas atau daya tahan pada tubuh kita, dengan menstimulasi interferon dan sel limfosit. Selain itu, vitamin C yang juga dikandung di dalamnya juga memiliki fungsi hampir serupa, yakni untuk menjaga daya tahan tubuh kita agar tetap fit dalam menjalani aktivitas sehari – hari dan mempercepat proses regenerasi atau penyembuhan pada sel.

  3. Meningkatkan Kandungan Vitamin Secara Dramatis.

    Toge dapat meningkatkan kandungan vitamin A, B kompleks, C, dan E. Kandungan vitamin dalam biji-bijian, kacang-kacangan, atau meningkat kacang hingga 20 kali nilai asli hanya dalam beberapa hari saat tumbuh. Penelitian menunjukkan bahwa selama tauge tumbuh peningkatan vitamin B1 hingga 285 persen, vitamin B2 hingga 515 persen, dan niacin hingga 256 persen.

  4. Baik Untuk Pembentukan Otot.

    Kandungan protein yang sangat tinggi dalam toge sangat penting untuk peningkatan massa otot dan membantu selama proses pembentukan otot dalam tubuh.

  5. Baik Untuk Sistem Pencernaan.

    Ketika ditanya apakah zat yang paling baik untuk pencernaan, jawabannya pasti SERAT. Serat merupakan kandungan yang terdapat pada berbagai sayuran dan buah buahan, termasuk di dalamnya adalah toge. Dengan konsumsi cukup serat maka akan sangat baik untuk pencernaan.

  6. Menurunkan Berat Badan.

    Sama seperti fungsi serat dalam buah-buahan dan sayuran lainnya yaitu menurunkan berat badan. Serat adalah satu dari sekian banyak nutrisi yang sangat baik untuk mencegah kolesterol dalam darah. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat maka anda dapat menurunkan berat badan secara signifikan.

  7. Mencegah Anemia.

    Toge memiliki kandungan asam folat yang sangat baik untuk memproduksi asam amino dan sel darah merah. Produksi sel darah merah yang stabil sangat membantu mencegah terjadinya anemia atau kekurangan sel darah merah.

  8. Baik Untuk Diabetes.

    Toge merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat bermanfaat bagi tubuh terutama untuk diabetes, sayuran ini sangat rendah kandungan kalorinya. Serat dalam kandungan toge sangat baik untuk penderita diabetes sehingga anda aman mengkonsumsinya.

  9. Mencegah Kanker.

    Tauge mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga dapat mencegah terjadi kanker dan memperlambat proses penuaan.

  10. Mencegah Serangan Jantung dan Stroke.

    Orang-orang yang beresiko terserang stroke dan serangan jantung karena naiknya kadar lemak dalam darah, dianjurkan untuk mengkonsumsi tauge banyak-banyak. Tauge akan melawan kolesterol jahat tanpa mengganggu lemak baik (HDL). 

  11. Mencegah Osteoporosis.

    Kandungan estrogen alami dalam tauge akan bekerja seperti estrogen buatan. Namun kelebihan estrogen alami tidak memiliki efek negatif. Jadi estrogen dalam tauge dapat dengan mudah meningkatkan ketebalan tulang, struktur tulang dan menghentikan kebusukan tulang.

  12. Mencegah Gangguan Menstruasi dan Menopause.

    Kemampuan de-oksidasi yang dimiliki tauge dapat dengan meningkatkan sirkulasi aliran darah untuk menghindari serta menetralkan faktor yang dapat mengganggu menstruasi. Jika Anda sering mengkonsumsi tauge sebelum menstruasi, maka Anda akan terhindar dari seluruh masalah yang mungkin terjadi selama menstruasi.

  13. Untuk Menghilangkan Racun.

    Manfaat lain tauge adalah membantu menghilangkan kotoran dalam usus besar karena tauge mengandung banyak serat dan air. Kandungan serat dan air ini akan membantu tubuh untuk menghindari penumpukan bahan kimia beracun yang dapat menyuburkan sel-sel kanker.

  14. Mengatasi Sembelit.

    Karena tauge mengandung banyak serat, maka tauge mampu meningkatkan pergerakan usus sehingga mencegah susah buang air besar.

  15. Untuk Kesehatan hati.

    Tauge sangat bermanfaat untuk kesehatan hati. Liver maksudnya, bukan menyehatkan hati yang galau dan risau. Tauge mengandung banyak lesitin yang membantu untuk menjaga kadar kolesterol darah dan juga mengurangi lemak hati, yang pada gilirannya membantu mencegah penumpukan lemak dalam hati yang bisa menyebabkan gangguan hati.

Meski diakui memiliki manfaat, ternyata tauge juga bisa berisiko. Menurut catatan Livestrong.com, ditemukan bahwa tauge mentah memiliki risiko tinggi terkontaminasi Salmonella dan E. coli. Itu sebabnya tidak disarankan mengonsumsi tauge mentah. Semoga artikel di atas bermanfaat dan dapat menambah wawasan tentang makanan sehat disekitar kita.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo. 

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta. 

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang. 

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta. 

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayanan Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo