Ini Manfaat Teh Bagi Kesehatan Tubuh

Related image

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis minuman merakyat ini bukan? Sebut saja teh. Teh (Camellia sinensis (L.) O. Kuntze)  berasal dari negeri china sebagai obat penawar racun. Teh digunakan sebagai ramuan sejak abad 8 SM. Minuman yang terbuat dari daun teh sangat digemari diberbagai mancanegara. Aromanya yang harum, wangi, dan hangat membuat siapa saja tidak bosan menikmatinya.

Teh memang telah banyak sekali dikenal sejak dahulu ke shogunan dinegara jepang. jenis dan juga macamnya begitu bervariasi. tetapi di indonesia produksi tehnya juga adalah salah satu yang begitu mantap. kondisi rempah-rempah yang masih natural dan asli. bahkan sebagian orang mengkombinasikan rasa teh bersama campuran buah cerry, bunga melati, arbei dan limau maupun susu dan madu buat menambah citarasa pada teh. hal ini memang sangat pantas anda lakukan kalau mau mendapat essensi lebih pada satu gelas teh.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Teh kaya kandungan kimia seperti kafein 2-3%, theobromin, theofilin, tanin, xantin, adenine, minyak asiri, kuersetin, naringenin, dan natural fluoride. Tanin menganung zat epigallocatechin galat yang mampu mencegah kanker lambung dan kerongkongan. Polifenol, protein, karbohidrat, kafein, serat, dan pektin terdapat pada daun teh. Biji mengandung saponin yang beracun dan mengandung minyak.

Anggota famili Theaceae ini bersifat dingin dan agak sepet. Khasiat daun teh untuk sakit kepala, diare, penyubur dan penghitam rambut, kolesterol dan trigliserida darah tinggi, kencing manis, penyamak, antitoksik, mengurangi terbentuknya karang gigi, serta infeksi saluran cerna.

Bagian yang DIgunakan dan Pemanfaatannya

Bagian tanaman yang dimanfaatkan sebagai obat adalah daun segar atau kering yang berkhasiat untuk mengatasi berbagai penyakit.

  • Mengatasi Keracunan Logam Berat atau Alkaloida.

    Petik pucuk daun, lalu gulung dan fermentasikan. Minum teh hasil fermentasi.

  • Mengatasi Rambut Beruban.

    Cuci rambut dengan air teh untuk menghambat tumbuhnya uban.

  • Mengobati Kanker Lambung dan Kerongkongan.

    Minum seduhan daun teh secara teratur.

Nah seperti itulah penjelasan kami mengenai manfaat teh bagi kesehatan. Teh yang biasa sebagian orang Indonesia nikmati sebagai minuman ini sebenarnya memiliki manfaat yang tidak bisa dipandang sepele. Beberapa manfaat di atas bisa Anda coba sendiri di rumah dan semoga bermanfaat.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo