Tempuyung

Menumpas Kolesterol Dengan Tanaman Herbal Tempuyung

Menumpas Kolesterol Dengan Tanaman Herbal Tempuyung

Tanaman tempuyung adalah kelompok tanaman jenis Asteraceae. Tempuyung tumbuh liar ditempat terbuka yang terkena sinar matahari atau sedikit terlindung, seperti di tebing-tebing, tepi saluran air, atau tanah terlantar. Kadang ditanam sebagai tanaman obat.

baca Selengkapnya

9 Khasiat Tempuyung Bagi Kesehatan

Pernahkah anda melihat dau tempuyung? Daun tempuyung biasa tumbuh liar di sekitar kita seperti di pingir jala, di tepi sungai, di kebun, halaman, atau pekarangan. Daun tempuyung yang biasa tumbuh liar ini ternate memiliki banyak manfat yang berkhasiat bagi kesehatan manusia.

manfaat tempuyung

 Ciri Tanaman Tempuyung

Ciri –ciri daun tempuyung adlaah daunnya bergerigi pada bagian atas berselang-sling meeluk batang. Bagian yang berobak dan memeluk batang inilah yang paling berkhasiat. Tingi tempuyung mencapai 60-150 cm dengan batag yang berlubang dan bergetah hijau. Bunga tempuyung berupa malai dengan kelopak bunga berbentuk lonceng dan berbulu. Sedangkan buah tempuyung berbentuk kotak dengan rambut hitam dan bersusun lima.

Kandungan Tempuyung

Tempuyung sudah secara turun temurun digunakan sebagai obat tradisional. Terutama untuk penyakit ginjal. Tempunyung juga mengandung berbagai mineral dan senyawa aktif yang dibutuhkan oleh tubuh dan sanggup mengatasi aneka penyakit. Kandungan –kandungan tadi lebih baik banyak terdapat pada daun tempuyung. Daun tempuyung mengandung io-ion mineral seperti silica, kalium, magnesium, dan natrium. Daun tempuung juga mengandung senyawa organik seperti flavonoid (aempferol, luteolin-7-0 glukosida, dan apigenin-7-0-glukosida), taraksasterol, inositol, kumarin (skepoletin), dan asam fenolat (sinamat, kumarat, dan vanilla).

Manfaat Tempuyung

Dengan kandungan tersebut, tempuyung mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan seprti menetralkan dan melancarkan peredaran darah, memperlancar pengeluaran air kencing, menurunkan panas, menawarkan racun, serta mengatasi peradangan.

Sebagi anti inflamasi

Tempuyung berkhasiat sebagai anti radang atau anti inflamasi seperti radang saluran kencing, radang usus. Tempuyung juga berkhasiat mengurangi bengkak akibat radang.

Mengobati Radang Payudara

Peradangan payudara seringkali terjadi pada sat haid atau setelah melahirkan. Radang payudara dalam istilah medis dikenal dengan mastitis. Hal ini bisa diatasi dengan merebus daun tempuyung beserta bagian lainnya secar utuh sebanyak 15 gram dengan 3 gelas air hingga tersisa satu gelas saja. Biarkan hingga dingin. Saring ampasnya dan minum air rebusannya 2 kali sehari. Setiap minum setengah gelas.

Mengobati Bisul

Tanaman ini bisa mengobati bisul serta wasir sebagai obat luar dengan cara mencuci bersih batang daun daun tempuyung yang masih segar. Tumbuk bahan ramuan tersebut hingga halus. Peras dan ambil airnya. Oleskan pada bagian yang bisul denga air perasan ramuan tersebut. Untuk mengobati bengkak akibat peradangan juga degan mengoleskan ramuan seperti diatas ke daerah yang bengkak.

Wasir, usus buntu, disentri

Manfaat tempuyung lainnya adalah sebagai pengobat wasir, disentri dan susu buntu. Caranya ambil 15-60 gram tanaman tempuung lalu direbus denga 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Air rebusan diminum 2 kali sehari tiap pagi da sore. Lakukan secara rutin agar khasiatnya cepat terasa.

Batu Ginjal

Prestasi tempuyung sebagi peluruh batu ginjal sudfah tidak perlu diagukan lagi. Telah banyak penelitian ang mengamati dan meneliti tanaman ini sebagi obat batu ginjal. Sifat diuretic yang ada pada tempuyung membantu memperlancar pembuangan air kecil sehingga mempermudah peluruhan batu ginjal. Batu ginjal akan larut dalam urin akibat terurai oleh kalsium karbonat yang ada pada tempuyung.

Darah Tinggi

Banyak sekali tanaman herbal yang dimanfatkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Salah satunya adalah dengan tanaman tempyung atau jombang. Caranya dengan mencuci bersih daun tempuyung yang masih segar sekitar 5 lembar. Kukus sebentar hingga layu. Konsumsi sebagai lalapan dan dimakan bersama nasi.  Rasanya mungkin agak pahit namun tetap enak. Makan tiga kali sehari secara rutin.

Gangguan Pendengaran

    Kemampuan pendengaran seseorang berkurang bisa disebabkan oleh beberapa hal. Diantara penyebab tersebut adalah infeksi, terlalu lam bekerja di tempat yang bising, atau karena adanya trauma pada telinga. Masalah tersebut dapat diatasi dengan tetesanair herba tempuyung segar. Caranya, ambil herba tempuyung segar, kemudian cuci hingga benar-benar bersih dan remas-remas dalam air matang hingga getahnya keluar. Gunakan air remasan tersebut untuk tetesan telinga.

    Mengobati Memar

      Luka memar akibat terpukul atau terbentur benda tumpul atau jatuh atau karena penyebab lainna dapat diatasidengan herba tempuyung. Caranya ambil herba tempuyung lalu cuci hingga bersih. Tumbk hinga halus dan peras airnya. Air digunakan untuk mengompres bagian tubuh yang emar dan apasnya bisa digunakan untuk membalut luka memar.

      Mengobati Asam Urat

        Asam urat biasanya diderita oleh orang tua. Namun tidak menutup kemungkinan anak muda juga menderita asam urat. Hal ini kebanyakan disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Untuk engatasinya cobalah dengan merebus 15-60 gram herba tempuyung segar dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Minm secara rutin3 kal sehari. Setiap kali minum setengah gelas.

         

        baca Selengkapnya
        Manfaat Besar Tempuyung Untuk Kesehatan Tubuh

        Manfaat Besar Tempuyung Untuk Kesehatan Tubuh

        Tempuyung yang mempunyai nama latin Sonchus Arvensis merupakan salah satu tanaman obat yang berkhasiat. Tempuyung juga memiliki nama lokal daerah seperti lobak air, lempung jombang, galibug, lampenas, dan rayana. Tanaman ini sering kita temukan di sekitar kita karena dapat tumbuh diantara puing-puing bangunan, tembok, ataupun pinggir jalan.

        baca Selengkapnya