Manfaat Besar Tempuyung Untuk Kesehatan Tubuh

Image result for tempuyung

Tempuyung yang mempunyai nama latin Sonchus Arvensis merupakan salah satu tanaman obat yang berkhasiat. Tempuyung juga memiliki nama lokal daerah seperti lobak air, lempung jombang, galibug, lampenas, dan rayana. Tanaman ini sering kita temukan di sekitar kita karena dapat tumbuh diantara puing-puing bangunan, tembok, ataupun pinggir jalan.

Tanaman tempuyung masuk dalam suku Asteraceae yang tumbuh di ketinggian 50-1600m dpl dan sangat cocok berada dilingkungan yang memiliki curah hujan merata sepanjang tahun atau daerah dengan musim kemarau pendek. Walaupun tempuyung termasuk tanaman liar, tetapi tanaman ini juga bisa dibudidayakan di pekarangan rumah juga.

Tempuyung memiliki ciri khas yang dapat dengan mudah dikenali, yaitu pada daunnya. Daun tempuyung merupakan daun tunggal yang berbentuk lonjong dengan ujung yang runcing. Pada bagian pangkal daun bertoreh warna hijau. Warna daun tempuyung adalah hijau keunguan dengan permukaan yang Iicin dengan tepi yang berombak, bergerigi, dan tidak beraturan. Daun yang bergerigi tadi terpusat membentuk roset di dekat pangkal batang.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Tempuyung kaya kandungan kimia seperti α-lactucerol, β-lactucerol, manitol, inositol, silika, kalium, flavonoid, dan taraksasterol. Anggota famili Compositae itu bersifat pahit dan dingin. Khasiatnya menghilangkan panas dan racun, diuretik (peluruh kencing), serta penghancur batu saluran kemih dan batu empedu.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Seluruh bagian tanaman bermanfaat sebagai obat untuk mengatasi berbagai penyakit.

  1. Radang Payudara (mastitis).

    17 gram tempuyung dicuci bersih, lalu direbus dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa 21/4 Setelah dingin, saring air rebusan. Minum ramuan 3 kali sehari, masing-masing 3/4 gelas.

  2. Bisul.

    Ambil batang dan daun tempuyung segar secukupnya, lalu cuci bersih dan giling hingga halus. Peras bahan hasil gilingan tersebut hingga ke luar airnya. Oleskan air perasan ke tempat yang sakit.

  3. Kandung Kencing dan Empedu Berbatu.

    5 daun segar dicuci bersih, lalu diasap sebentar. Makan daun sebagai lalap bersama nasi. Konsumsi ramuan 3 kali sehari dengan dosis yang sama.

  4. Darah Tinggi.

    5 daun segar dicuci bersih, lalu diasap sebentar. Makan daun sebagai lalap bersama nasi. Konsumsi ramuan 3 kali sehari dengan dosis yang sama.

  5. Kencing Batu.

    Cuci berish 5 lembar daun tempuyung, 5 lembar daun alpukat, 5 lembar daun sawi tanah, 2 jari gula enau. Rebus bahan dalam 3 gelas air sampai tersisa 21/4 Dinginkan, lalu saring air rebusan. Minum ramuan 3 kali sehari, masing-masing 3/4 gelas.

Itulaha ulasan singkat tentang Manfaat Besar Tempuyung Untuk Kesehatan Tubuh. Tempuyung memang salah satu tanaman herbal yang sudah dipercaya khasiatnya untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti yang sudah disebutkan diatas. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo