6 Manfaat Temu Hitam / Temu Ireng Yang Perlu Anda Ketahui

Image result for temu ireng

Apakah Anda pernah mengkonsumsi jamu temuireng? Yah, temu ireng ini memiliki nama latin Curcuma aeruginosa Roxb adalah sejenis tumbuhanan yang rimpangnya dimanfaatkan sebagai campuran obat/jamu. Temu hitam memiliki nama lain temu erang, temu ireng, atau temu lotong. Tanaman yang tergolong dalam jenis temu-temuan ini bersifat hangat dan aromatik.

Khasiat temu hitam boleh dibilang sangatlah banyak. Terutama untuk ibu hamil, kesehatan kulit, asam lambung, wajah, dan kesehatan tubuh lainnya. Umumnya temu hitam digunakan sebagai obat herbal dengan memanfaatkan rimpangnya yang mempunyai rasa cukup pahit sehingga bermanfaat juga dalam meningkatkan selera makan bagi yang mengkonsumsinya.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Kandungan kimia temu hitam yang sudah diketahui, antara lain minyak asiri, curcumol, kordione, isofortungermakrene, germakrene, tetrametilfrazine, zat pati, lemak, damar, tanin, zat warna biru, alkaloid, zat pahit, saponin, dan mineral. Anggota famili Zingiberaceae itu bersifat hangat dan aromatik. Khasiatnya sebagai peluruh kentut (karminatif) dan penambah nafsu makan.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Bagian tanaman bermanfaat sebagai obat adalah rimpang untuk mengatasi berbagai penyakit.

  1. Mengobati Ambeien.

    Cuci bersih 15gr rimpang temu hitam, lalu kupas dan parut. Seduh hasil parutan dengan 1 cangkri air panas. Dinginkan, lalu saring ramuan. Tambahkan kuning telur ayam dan 2 sendok makan madu ke dalam ramuan, lalu aduk rata. Minum ramuan sekaligus setelah bangun tidur.

  2. Mengobati Gonorrhoea.

    Cuci bersih 10gr rimpang temu hitam, 30gr daun pegagan, 5gr umbi gadung. Tumbuk hingga halus semua bahan, lalu seduh dengan 3 gelas air panas. Setelah dingin, saring air seduhan. Minum ramuan 3 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

  3. Membersihkan Darah Setelah Melahirkan.

    Cuci bersih 2 rimpang temu hitam, lalu kupas kulit dan parut. Seduh hasil parutan dengan setengah cangkir air panas, lalu aduk rata. Setelah dingin, saring ramuan dengan sepotong kain. Minum ramuan sekaligus dan lakukan pengobatan dalam waktu 3 hari setelah melahirkan berturut-turut.

  4. Pembengkakan dan Penetralisir Racun Dalam Tubuh.

    Cuci bersih 20gr rimpang temu hitam, lalu kupas kulit dan parut. Tambahkan daun takokak ke dalam bahan. Rebus bahan dalam 3 gelas air hingga airnya tersisa 1,5 gelas. Saring, lalu minum ramuan sekaligus selagi hangat.

  5. Mengatasi Peranakan Turun.

    Cuci bersih 20gr rimpang temu hitam, lalu kupas kulitnya dan iris tipis-tipis. Tambahkan daun legundi, lalu rebus bahan dalam 3 gelas air hingga mendidih. Saring, lalu minum ramuan bersama 1 sendok makan madu selama 2 hari.

  6. Pencegah Penularan Penyakit pada Bayi melalui ASI.

    Cuci bersih rimpang temu hitam dan kecipir secukupnya. Rebus bahan dalam 3 gelas air hingga mendidih. Dinginkan ramuan, lalu konsumsi seperti lalap. Lakukan pengobatan 3 hari sekali selama menyusui.

Demikian ulasan mengenai 6 Manfaat Temu Hitam / Temu Ireng Yang Perlu Anda Ketahui. Tapi tak ada salahnya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasi masalah kesehatan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo