Temu Kunci - Penting Khasiatnya Untuk Kesehatan

Image result for manfaat temu kunci

Temu kunci adalah salah satu tanaman obat berupa rimpang yang termasuk dalam jenis temu-temuan seperti temulawak dan lengkuas. Temu kunci juga sering digunakan sebagai rempah atau pelengkap bumbu masakan seperti kuah bening dan lain-lain.

Penyebarannya banyak sekali ditemukan di wilayah Asia Tenggara khususnya di Indonesia. Temu kunci yang bernama latin Gastrochiluspanduratum Ridl. ini di klasifikasikan dalam kelompok kerajaan Plantae. Tumbuhan ini berbentuk terna serta berwarna kuning hampir putih pada setiap rimpangnya.

Temu kunci menjadi salah satu yang bisa dikatakan cukup menjadi pusat perhatian karena perannya dalam kesehatan. Perannya dalam dunia kesehatan yang membuat tanaman temu kunci ini termasuk ke dalam kelompok tanaman obat yang banyak ditanam pada pekarangan rumah. Tanaman yang paling banyak dimanfaatkan rimpangnya sangat baik digunakan sebagai jamu.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Temu kunci kaya kandungan kimia sineol, kamfer, d-borneol, d-pinen sesquiterpen, zingiberon, kurkumin, zedoarin, amilum, damar, tanin, dan pati. Anggota famili Zingiberaceae itu bersifat harum. Khasiatnya sebagai pencahar, peluruh kencing dan penghilang rasa sakit.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Bagian tanaman bermanfaat sebagai obat adalah rimpang dan daun untuk mengatasi berbagai penyakit.

  1. Mengobati Batuk kering dan Sariawan.

    Cuci bersih temu kunci dan pinang (Areca catechu L.) secukupnya yang telah diiris-iris. Kunyah kedua bahan tersebut, lalu airnnya ditelan dan ampasnya dibuang.

  2. Mengatasi Kembung dan Susah Kencing.

    Cuci bersih rimpang dan daun temu kunci serta adas pulosari. Giling semua bahan gingga halus. Tempelkan ramuan pada perut.

  3. Mengobati Kurap.

    Cuci bersih temu kunci secukupnya. Tambahkan belerang dan sedikit air kelapa muda ke dalam bahan. Giling semua bahan hingga menjadi seperti adonan. Balurkan ramuan pada bagian tubuh yang sakit.

  4. Mengobati Batu Empedu.

    Cuci bersih 10gr temu kunci, 30gr daun sendok (Plantago major L.), 30 lembar daun kumis kucing (Orthosiphon aristatus Miq.), 30gr daun sambiloto (Andrographis paniculata Nees) segar, 30gr rambut jagung (Zea mays L.), 15gr meniran (Phyllanthus urinaria Linn.), dan akar alang-alang (Imperata cylindrica (L) Beauv.) secukupnya. Rebus semua bahan dalam 1,5 liter air hingga tersisa 600cc. Saring ramuan, lalu minum 3 kali sehari, masing-masing 200cc.

  5. Sebagai Sari Rapet.

    Cuci bersih 25gr temu kunci, 25gr kencur (Kaempferia galanga L.), 10 lembar daun sirih (Piper betle L.), 1 buah pinang (Areca catechu L.), 5gr lempuyang wangi (Zingiber aromaticum Val.). Tumbuk semua bahan, llau tambahkan adas pulosari dan giling kembali hingga halus. Balurkan ramuan pada perut.

Itu dia bahasan tentang temu kunci- berkhasiat bagi kesehatan. Beberapa manfaat di atas baru sebagian saja, lain waktu kita bahas manfaat dan khasiat lainnya yang terkandung dalam temu kunci. Semoga artikel di atas bermanfaat bagi Anda. Terimakasih.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

    Artikel Terkait

    online istana solo