Tentang kolesterol

Kolesterol Rendah Juga Bisa Berbahaya

Makanan yang kita konsumsi mengandung berbagai macam zat yang masuk ke dalam tubuh. Salah satu kandungan zat tersebut adalah kolestrol. Banyak orang yang beranggapan kolesterol sebagai sumber berbagai penyakit seperti stroke, jantung, obesitas, dan sebagainya. Sehingga kolesterol dianggap sebagai momok yang harus dihindari. Sebenarnya tidak semua kolesterol itu buruk bagi tubuh kita. Kolesterol dibutuhkan sebagai salah satu komposisi penting dalam pembentukan hormon dan memelihara sistem saraf.

Kolesterol dibagi menjadi 2 macam yaitu Low Destiny Lippoprotein (LDL) dan High Destiny Lipoprotein (HDL). LDL dikenal sebagai kolesterol jahat karena dapat menyebabkan pengapuran pada dinding pembuluh darah koroner. LDL mengirim kolesterol ke jaringan pembuluh darah koroner dan menimbun kolesterol disana. Sedangkan HDL berfungsi mencegah pengapuran. Oleh karena itu HDL juga disebut sebagai kolesterol baik. HDL menyedot timbunan kolesterol dalam pembuluh darah lalu mengirimkannya ke hepar untuk dibuang ke dalam empedu.

Dalam makanan yang kita makan, kolesterol jahat cenderung lebih dominan daripada kolesterol baik. Untuk mengurangi jumlah kolesterol jahat dalam tubuh banyak orang memilih menghindari makanan berlemak atau yang mengandung banyak kolesterol baik kolesterol jahat ataupun kolesterol baik.  

Kadar kolesterol tinggi memang dapat menyebabkan banyak penyakit. Namun kadar kolesterol rendah juga berbahaya bagi seseorang. Berikut bahaya yang ditumbulkan akibat kadar HDL rendah dalam tubuh:

  • Gangguan psikis

Kolesterol yang terlalu rendah menyebabkan kondisi buruk psikis seseorang. Seseorang yang memiliki kolesterol lebih rendah cenderung akan melakukan tindak kekerasan dan merasa depresi. Bahkan memiliki risiko untuk bunuh diri 6 kali lipat daripada mereka yang kadar kolesterolnya normal.

  • Kerusakan Sistem Saraf

Otak kurang dapat mengoptimalkan kinerjanya dan sistem pertahanan tubuh melemah akibat kekurangan kolesterol dalam tubuh.

  • Kurangnya Penyerapan Vitamin

Vitamin tidak dapat terserap maksimal oleh tubuh akibat kurangnya kolesterol baik yang membantu mengikat dan menyerap vitamin dalam makanan untuk tubuh.

  • Kanker

Penurunan kadar kolesterol dalam tubuh bisa diindikasikan sebagai kanker yang tidak terdeteksi sejak awal. Dalam penelitian terbaru mengatakan bahwa mereka yang memiliki kolesterol sangat rendah dibawah normal memiliki risiko kanker 18 persen lebih tinggi disbanding yang kolesterolnya normal. Sedangkan yang memiliki kolesterol tinggi risiko kankernya hanya 14 persen. Hal ini sangat mengejutkan sekaligus membingungkan karena yang diketahui selama ini adalah kolesterol tinggi berisisko terkena kanker, jantung dan stroke itu salah.

  • Penyakit Lainnya

Kolesterol yang biasanya stabil mendadak turun drastis juga bisa menjadi pertanda penyakit serius yang tidak teridentifikasi sebelumnya. Apalagi jika kadarnya terus menurun dan tidak kunjung normal. Penyakit itu bisa berupa radang hati (acut hepatitis), kelenjar gondok terlalu aktif (hyperthyroidism), terserang infeksi dadakan (acut infections), atau penurunan fungsi ginjal berat sehingga ureum bocor.

Kekurangan kolesterol bisa disebabkan karena seseorang terlalu takut dengan kolesterol tinggi padahal kolesterol dalam tubuhnya normal. Akibatnya orang tersebut menerapkan diet yang berlebihan dan menjauhi semua makanan berkolesterol tinggi. Kelebihan maupun kekurangan kolesterol sama-sama member efek buruk bagi kesehatan. Jadi lebih baik untuk memiliki kolesterol seimbang. Anda dapat memeriksakan kadar kolesterol secara rutin untuk mengantisipasi berbagai penyakit yang mungkin muncul.

 

baca Selengkapnya

Menjaga Kesehatan Kolestrol

Kolestrol adalah suatu bentuk senyawa lemak yang lunak berwarna kuning yang dihasilkan oleh tubuh. Ada 2 jenis kolestrol yaitu :

  1. LDL (Low Destiny Lipoprotein)

Merupakan rantai lemak jenuh yang bersifat aterogenik, yaitu mudah menempel pada dinding sebelah dalam pembuluh darah, atau sering disebut dengan kolestrol jahat.

  1. HDL (High Density Lipoprotein)

Merupakan rantai lemak tak jenuh, yang mampu mengangkut kembali kolestrol dari sirkulasi darah ke hati untuk dibuang melalui urine dan faeces, maka disebut juga kolestrol baik.

Kolestrol yang terlalu tinggi dapat disebabkan oleh factor keturunan, pola makan yang tidak sehat, kurang olahraga, factor usia, stress, ataupun rokok. Apabila kolestrol tetap tinggi, akan berdampak pada organ organ berikut:

  1. Arteriosklerosis

Yaitu pengerasan dinding pembuluh darah yang menyebabkan dinding pembuluh darah tidak elastic dan menebal.

  1. Angina pectoris

Penyempitan pembuluh darah jantung yang menyebabkan rasa nyeri di pembuluh darah jantung.

  1. Jantung coroner

Ialah penyakit yang menyebabkan kurangnya pasokan nutrisi dan oksigen akibat penyempitan pembuluh darah.

  1. Stroke

Stroke merupakan salah satu gejala penyempitan pembuluh darah di otak yang mengakibatkan kelumpuhan.

      Tubuh juga membutuhkan kolestrol untuk membangun membran yang berguna melindungi sel dari luar tubuh. Kolestrol juga dibutuhkan oleh tubuh dalam pembentukan anak anak ginjal, buah pelir (testis), dan indung telur bersama vitamin D. Dengan peran penting tersebut, tubuh sangat membutuhkan kolestrol. Yang perlu diperhaitkan adalah menjaga agar kadar kolestrol dalam darah tetap normal.

     Salah satu makanan yang dapat menurunkan kadar kolestrol adalah beras angkak. Beras angkak adalah hasil peragian beras putih yang mengandung lovastatin alami. Beras angkak mampu menghambat enzin pembentuk kolestrol HMG-CoA. Dan meningkatkan proses pencernaan di lambung untuk makanan berlemak dan melancarkan aliran darah yang mengangkut nutrisi. Jadi, beras angkak dapat dijadikan pilihan untuk mengobati kolestrol dengan aman dan tepat.

baca Selengkapnya