Menjaga Kesehatan Kolestrol

Kolestrol adalah suatu bentuk senyawa lemak yang lunak berwarna kuning yang dihasilkan oleh tubuh. Ada 2 jenis kolestrol yaitu :

  1. LDL (Low Destiny Lipoprotein)

Merupakan rantai lemak jenuh yang bersifat aterogenik, yaitu mudah menempel pada dinding sebelah dalam pembuluh darah, atau sering disebut dengan kolestrol jahat.

  1. HDL (High Density Lipoprotein)

Merupakan rantai lemak tak jenuh, yang mampu mengangkut kembali kolestrol dari sirkulasi darah ke hati untuk dibuang melalui urine dan faeces, maka disebut juga kolestrol baik.

Kolestrol yang terlalu tinggi dapat disebabkan oleh factor keturunan, pola makan yang tidak sehat, kurang olahraga, factor usia, stress, ataupun rokok. Apabila kolestrol tetap tinggi, akan berdampak pada organ organ berikut:

  1. Arteriosklerosis

Yaitu pengerasan dinding pembuluh darah yang menyebabkan dinding pembuluh darah tidak elastic dan menebal.

  1. Angina pectoris

Penyempitan pembuluh darah jantung yang menyebabkan rasa nyeri di pembuluh darah jantung.

  1. Jantung coroner

Ialah penyakit yang menyebabkan kurangnya pasokan nutrisi dan oksigen akibat penyempitan pembuluh darah.

  1. Stroke

Stroke merupakan salah satu gejala penyempitan pembuluh darah di otak yang mengakibatkan kelumpuhan.

      Tubuh juga membutuhkan kolestrol untuk membangun membran yang berguna melindungi sel dari luar tubuh. Kolestrol juga dibutuhkan oleh tubuh dalam pembentukan anak anak ginjal, buah pelir (testis), dan indung telur bersama vitamin D. Dengan peran penting tersebut, tubuh sangat membutuhkan kolestrol. Yang perlu diperhaitkan adalah menjaga agar kadar kolestrol dalam darah tetap normal.

     Salah satu makanan yang dapat menurunkan kadar kolestrol adalah beras angkak. Beras angkak adalah hasil peragian beras putih yang mengandung lovastatin alami. Beras angkak mampu menghambat enzin pembentuk kolestrol HMG-CoA. Dan meningkatkan proses pencernaan di lambung untuk makanan berlemak dan melancarkan aliran darah yang mengangkut nutrisi. Jadi, beras angkak dapat dijadikan pilihan untuk mengobati kolestrol dengan aman dan tepat.

Karyawan baru Istana