Tentang Penyakit

Arthritis / Radang Sendi

Hasil gambar untuk penyakit arthritis

 

Arthiritis adalah peradangan atau inflamasi satu sendi atau beberapa sendi sebagai sebuah reaksi terhadap sautu infeksi. Penyakit ini terjadi selama seumur hidup dan bisa menyerang  pria serta wanita yang berusia diatas 55tahun. Penderita biasanya akan mengalami pembangkakan dan kaku pada sendi sehingga tubuh menjadi sulit digerakkan dan terasa sakit. Jika penyakit ini dibiarkan maka akan berakiibat kerusakan jaringan.

Walaupun biasa nya arthritis menyerang kaki dan tangan, penyakit ini juga bisa menyerang bagian tubuh yang lain seperti pembuluh darah, kulit da paru-paru.  Terdapat beberapa jenis arthritis, namun yang paling umum dujumpai aalah :

  • Rheumatoid arthritis (RA), jenis radang arthritis dimana sinovium (lapisan cairan pelindung sendi) meradang sehingga menyebabkan pembengkakakn dan rasa sakit. Jika dibiarkan begitu saja RA mengakibatkan kelainan bentuk pada sendi.
  • Juvenile Rheumatoid arthritis (RA), jenis penyakit ini menyerang pasien muda yang berusa dibawah 16 tahun. JRA terbagi menjadi tiga jenis : JRA pauciartikular yaitu empat sendi atau kurang yang terserang, JRA poliartikularketika lebih dari empat sendi yang terserang dan keadaanya semakin memburuk, JRA sistemis yaitu menyerang seluruh tubuh.

 

Penyebab Arthritis

  • Infeksi yang terjadi pada tubuh dapat mempengaruhi terjadinya arthritis, namun ada yang beberapa teori yang menyebut penyebab Arthritis adalah hasil fragmen dari system kekebalan tubuh dalam membasi mikroorganisme yang menginfeksi tubuh masuk kedalam aliran darah yang kemudian mempengaruhi bagian tubuh tertentu seperti sivonium sendi. Penyebab lain adalah system kekebalan tubuh yang seharusnya melawan infeksi tetapi justru menyerang sel normal pada persendian dan membuatn sendi terasa nyeri, kaku dan bengkak.

 

Penyebab lain :

  • Cedera lama
  • Kegemukan / obesitas
  • Turunan genetic
  • Reaksi alergi
  • Pekerjaan dengan banyak tekanan fisik

 

Diagnosis Arthritis

Terdapat beberapa tes yang dapat dilakukan untuk  mendiagnosis Arthritis yaitu pemeriksaan fisik, pemindaian X-ray dan tes darah.

 

Gejala Arthritis

Gejala penyakit Arthritis akan terlihat 2-4 minggu setelah bagian tubuh mengalami infeksi, namun pada setiap penderita gejala yang dialami berbeda-beda. Namun gejala yang paling sering terjadi adalah :

  • Bengkak dan nyeri terjadi dengan pola yang simetris.
  • Bengkak pada beberapa sendi pada waktu yang sama.
  • Bengkak dan nyeri biasa terjadi pada sendi-sendi tangan.
  • Kaku pada sendi berlangsung kurang lebih selam 30-60 menit pada pagi hari.

 

Komplikasi Artiritis

  • Kerusakan sendi, kerusakan sendi akibat peradangan dapat menjadi permanen jika tidak ditagani dengan baik. Contoh kerusakan terjadi pada tendon, tulang rawan dan kelainan bentuk persendian.
  • Cervical myelopathy. Saraf tulang belakang tertekan akibat dislokasi persendian tulang belakang bagian atas. Walau jarang terjadi, jika tidak segera dioperasi, kondisi ini bisa menyebabkan kerusakan saraf tulang belakang permanen dan akan berdampak kepada aktivitas sehari-hari.
  • Peradangan menyebar luas, peradangan dapat menyebar sampai ke paru-paru, pembuluh darah, hati dan mata.
  • Kardiovaskular,penyakit serangan jantung dan stroke dapat terjadi akibat dampak arthiritis yang mempengaruhi pembuluh darah atau jantung. Resiko ini dapat dikurangi dengan rajin berolahraga, makan makanan sehat dan berhenti merokok.
  • Sindrom lorong karpal, kondisi ini terjadi karena saraf median. Saraf yang mengendalikan gerakan dan sensasi dipergelangan tangan tertekan dan menimbulkan gejala kesemutan, mati rasa dan nyeri. Kondisi ini dapat diringankan dengan suntikan steroid.

    Pengobatan Arthritis

    Penyakit Arthritis sampai saat ini belum ditemukan obatnya, sehingga penderita Arthritis hanya bisa melakukan perawatan  saja.  Perawatan dapat membantu mengurangi gejala peradangan dipersendiaan, mencegah atau memperlambat kerusakan persendiaan. Ada beberapa perawatan yang dapat dilakukan untuk menekan perkembangan penyakit ini antara lain :
    • Perawatan terapi biologis, yaitu perawatan yang berfungsi untuk menghentikan system kekebalan tubuh yang menyerang persendian.  Perawatan ini dilakukan dengan cara menyuntikkan protein yang berasal dari genetika manusia. Bagian yang disuntik adalah bagian tubuh yang memicu peradangan yang menyebabkan kerusakan jaringan. Pengobatan ini juga memiki efek samping, tetapi hanya efek samping yang ringan seperti demam, infeksi, mual, sakit kepala dan reaksi kulit pada titik penyuntikan.
    • Obat pereda sakit, obat pereda rasa sakit  seperti parasetamol atau kodein digunakan untuk meredakan rasa sakit. Selain itu obat antiinflamasi non-steroid juga bisa digunakan. Obat jenis ini tidak dapat mencegah perkembangan arthiritis , namun dapat meredakan rasa sakit dan peradangan pada sendi.
    • Terapi, beberapa terapi yang dapat dilakukan adalah okupasi, podiatry dan fisioterap untuk membuat sendi lebih flexible serta membantu kekuatan  otot dan kebugaran tubuh.
    • Operasi, operasi dilakukan untuk memperbaiki bentuk, kerusakan persendian, membantu mengembalikan kemampuan persendian serta meredakan sakit. Operasi dilakukan apabila semua jenis pengobatan yang dilakukan tidak membuahkan hasil. Berikut prosedur operasi Arthiritis yang dapat dilakukan :
      1. Perbaikan tendon : dilakukan untuk memperbaiki tendon yang putus atau kendur disekitar persendian yang mengalami kerusakan dan peradangan.
      2. Penggantian sendi total, dilakukan untuk mengganti semua sendi yang rusak dengan prosthesis yang terbuat dar plastic atau logam.
      3. Operasi penggabungan sendi, dilakukan untuk meredakn nyeri serta menstabilkan sendi jika pergantian sendi total tidak dapat dilakukan.

       

      Mengatasi Arthiritis Dengan Herbal 

       

      Rematik adalah penyakit yang menimbulkan rasa sakit akibat otot atau persendian yang mengalami peradangan dan pembengkakan. Rematik terdiri atas berbagai jenis dan bisa menjangkiti persendian mana pun pada tubuh.
      Berikut ciri ciri penyakit rematik yang paling umum terjadi adalah :

      • Bengkak dan nyeri (nyeri pada sendi yang sama di kedua sisi tubuh) dan umumnya menyerang sendi pergelangan tangan.
      • Kaku pada persendian baik itu tangan, kaki, lutu, pinggang dan lain lain.
      • Sakit atau radang dan terkadang bengkak dibagian persendian pergelangan jari, tangan, kaki, bahu, lutut (dengkul), pinggang, punggung dan sekitar leher.
      • Bengkak pada 3 atau lebih sendi pada saat yang bersamaan

      Sakit rematik dapat berpindah-pindah tempat dan bergantian bahkan sekaligus di berbagai persendian.Bengkak dan nyeri umumnya terjadi pada sendi-sendi tangan
      Sakit rematik biasanya kambuh pada saat cuaca mendung saat mau hujan atau setelah mengkonsumsi makanan pantangan seperti : sayur bayam, kangkung, kelapa, santan.


      Beberapa jenis obat-obatan herbal untuk penyakit Rematik:

      • Cabe Jawa : Buah cabai jawa memiliki khasiat sebagai obat sakit perut, masuk angin, beri-beri, rematik, tekanan darah rendah, kolera, influenza, sakit kepala, lemah syahwat, bronkitis, dan sesak napas. Karena itu, cabe jamu banyak dibutuhkan sebagai bahan pembuatan jamu tradisional dan obat pil/kapsul modern serta bahan campuran minuman. Rasa pedas itu berasal dari senyawa piperin, dengan kandungan sekitar 4,6 persen.
      • Habbatussauda :Biji habbatussauda mengandung crystalline nigellon dan arganine, sebagai stabilisator sistem imunitas tubuh. Selain itu kandungan karotennya mampu melumpuhkan radikal bebas penyebab kanker. Kandungan senyawa-senyawa lain yang tepenting bagi kesehatan tubuh sangat komplet, antara lain 15 macam asam amino, protein, kalsium, sodium, potassium, magnesium, zat besi, omega 3 dan 6, vitamin A, B1, B2, C, E, dan niacin. manfaatnya adalah Obat asma,Mengatasi radang / infeksi tenggorokan (faringitis),Mengatasi gangguan pencernaan,Menurunkan kolesterol,Mengoptimalkan metabolisme pencernaan, Mengatasi sembelit / wasir ,Mengatasi panu,
      Dalam sebuah hadits disebutkan: "Sesungguhnya di dalam Habbatussauda terdapat penyembuh bagi segala macam penyakit, kecuali kematian" {Shohih HR Bukhori, no. 5688; Fathul Baari, X/143; dan Muslim, no. 2215}
      • Daun Salam : Kandungan senyawasalam antara lain tannin, flavonoid, dan minyak atsiri. Untuk mengatasi asam urat yang tinggi, Meningkatkan Imunitas (Daya Tahan Tubuh) pada daun salam terdapat kandungan berbagai jenis vitamin, vitamin C salah satunya yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai serangan penyakit. 
      • Duan sendok mengandung plantagin,aucubin, ursolic acid,bethasitosterol,hentria-contane dan plantaglucide yang terdiri dari methyl d-galacturonate, D-3galactose, L-arabinose dan L-rhammose. Vitamin B1, C, A dan kalium. Rhinantin, menghilangkan nyeri urat. Manfaat daun sendok anti inflamasi (anti radang), peluruh airseni (diuretic), karena unsur K, peluruh dahak (mucolytic), menghentikan batuk (antitusiv), antiseptik karena glikosid aukubin, aphrodisiak memperbaiki penglihatan pada penderita kencing manis, hepatoprotektor, menormalkan aktivitas hati.
      • Teripang atau Gamat mengandung Kolagen, Mucopolysacarida, Glukosamin, Omega 3, Mineral yang bermanfaat sebagai regenerasi kulit, mengembalikan dan meningkatkan kekenyangan kulit, Menurunkan dan Membantu mengurangi artherosklorosis,Meredakan rasa sakit dibagian sendi,Membantu kesehatan jantung dan pembuluh darah,Berfungsi untuk metabolism tubuh.
      • Mahkota dewa mengandung Alkaloid, senyawa organic berfungsi sebagai detoksifikasi, menetralisir racun-racun di dalam tubuh, Juga menurunkan kadar gula darah, antioksidan, menurunkan kadar asam urat. Saponin merupakan fitonutrien senyawa ini bersifat antibakteri dan . Flavonoid berindikasi antiperadangan dan Membantu mengurangi pertumbuhan kanker. Polifenol berfungsi sebagai antihistamin. Zat lain adalah tannin, sterol, terpen.

       

      Pemesanan

      • Melalui Website kami di www.istana-herbal.comSilahkan Anda "Mengklik gambar Produk  dan apabila sudah masuk di halaman  Produk Klik Tombol Beli Sekarang"
      • (SMS/ WhatsApp) 081393930088 dengan format sebagai berikut : 

      Nama / Alamat Lengkap / No.HP / Nama Produk/ Jumlah 

      Contoh : Rias Indah / Jl. Ahmad Yani No, 34 Kel. Mendungan, Kec. Kartasura, Sukoharjo 74765 / 081393930088 / Sari Kurma Angkak Mazied / 6 botol.

      • Email (istana.herbal.it@gmail.com)

      Contoh : Dwi Iswanto / Jl. Patimura No, 34 Kel. Pabelan, Kec. Kartasura, Surakarta 74765 / 081393930088 / Nama Produk / Jumlah Produk

      • Blakberry Messengger 

      Hubungi Customer Service kami di BBM, dengan add pin sebagai berikut (76BDBB76 )

      Contoh : Muhammad Ikhsan / Jl. Kejaksaan No, 25 Kel. Dadapan, Kec. Makam Haji, Surakarta 74765 / 081393930088 / Nama Produk / Jumlah Produk

      • Hubungi Customer Service kami di Yahoo Messengger 

      customer_istanaherbal@yahoo.com

         

        Atau Bisa datang langsung ke toko kami di : 

        • Istana Herbal Solo

        Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums

        Telp : 081393930088

        • Istana Herbal Yogyakarta

        Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM

        Telp : 087838231155

        • Istana Herbal Malang

        Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang,

        Telp: 087753373281

        • Istana Herbal Jakarta

        Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen.

        Telp : 081908427320

         

        Anda Dapat Melakukan Pembayaran di Salah Satu Rekening Kami diBawah ini : 


        - Bank Central Asia KCU Solo
        - Nama : Krida Prasetia
        - No Rekening : 0152693506



        - Bank Mandiri Cabang Kartasura
        - Nama : Krida Prasetia
        - No Rekening : 138-00-073-5269-8



        - Bank Negara Indonesia Cabang
        - Nama : Krida Prasetia
        - No Rekening : 0198117897



        - Bank Rakyat Indonesia Cabang
        - Nama : Krida Prasetia
        - No Rekening : 66-4701-00000-6507



        Tinggal tunggu barang di depan pintumu, Happy Shopping !

         

        Pelayana Kami
        Kami akan selalu siap melayani Anda
        Email : istana.herbal.it@gmailcom
        Order respon cepat whatsApp : 081393930088
        Telp : (0271) 7451424
        baca Selengkapnya

        Menjaga Kesehatan Kulit

        Hasil gambar untuk penyebab kulit kering 

        Kesehatan Kulit

        Bagi sebagian wanita yang memiliki jenis kulit kering akan sangat menganggu penampilan, karena dengan jenis kulit yang kering akan membuat seseorang terlihat lebih tua . Kulit kering adalah kondisi umum pada kulit yang mengalami kekurangan cairan di lapisan terluar kulit, bagian tubuh yang terbuka seperti lengan, tangan, kaki adalah area yang paling rentan mengalami gangguan ini.

        Dengan beberapa cara merawat kulit tubuh yang kering berikut ini, anda bisa mendapatkan kulit yang sehat dan juga halus. Kulit yang kering memiliki beberapa faktor penyebabnya. Seperti misalnya adalah karena faktor iklim atau cuaca, mandi terlalu sering dengan air yang terlalu panas, sabun mandi yang kasar, terlalu lama terkena sinar matahari tanpa perlindungan, dan masih banyak lagi. Kulit yang kering bisa kita hilangkan dengan cara yang alami.

         

        Penyebab Kulit Kering

        • Terkena paparan sinar matahari yang terlalu lama.
        • Dermatitis apotik, penderita yang mengalami hal ini, kulit menjadi sensitive dan kering. Sehingga penderita merasa kulit kering dan gatal berlebihan. Daerah yang sering terkena wajah, sisi leher, lipatan siku, pergelangan tangan, lutut dan pergelangan kaki.
        • Air Conditioner dapat menurunkan kelembabab dan mengakibatkan kulit kering.
        • Cuaca, pada umumnya kulit kering terjadi saat musim dingin, pada saat suhu dan kelembaban sangat rendah.
        • Sabun dan deodorant menyebabkan hilangnya lapisan lemak dan air dari kulit.
        • Mandi dengan shower atau air panas yang terlalu sering dapat mengahncurkan lapsan lemak permukaan kulit yang merupakan pelembab alami kulit.
        • Gangguan kelenjar tiroid, akibat terlalu rendahnya kadar hormon tiroid, maka aktivitas kelenjar keringat dan kelenjar minyak kulit menurun, kulit jadi kasar dan kering.
        • Psoriasis, kondisi ini ditandai dengan pertumbuhan kulit kemerahan yang kasar, kering dan sisik tebal berlapis-lapis.

         

        Tindakan untuk mengatasi kulit kering

        • Olahraga secara teratur, olahraga identik dengan gerakan yang mengeluarkan keringat, dari berkeringat tersebut kuli mati serta kotoran uang terdapat pada kulit ikut keluar sehingga membuat tubuh dan kulit lebih sehat.
        • Gunakan lotion, biasakan setelah mandi pagi dan sore menggunakan lotion pelembab atau body lotion yang berfungsi unuk menjaga kelembaban kulit tubuh. Jika anda bekerja atau terbiasa menggunakan AC, gunakan body lotion yang berbahan dasar air untuk menjaga kelembaban kulit anda dan temperature yang bias anda terapkan 24 – 27 derajad celcius agar tidak menyebabkan kulit kering.
        • Konsumsi buah dan Vitamin A & C, vitamin A &C merupakan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh, buah penghasil vitamin A & C adalah jeruk. Papaya, mangga, pisang, apel, kiwi dan strawberry.
        • Asupan lemak yang cukup,asam lemak omega dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan otak serta memliki sifat anti-inflamasi yang dapat mejaga kelembaban kulit. Asam lemak omega dapat diperoleh dari ikan salmon, buah kelapa, buah alpukat dan biji kenari.
        • Mandi minimal 2 kali sehari, dengan rutin mandi 2 kali sehari akan membuat kulit tidak kering , serta kulit juga akan terasa lebih lembut.
        • Perbanyak konsumsi air putih, dengan mengkonsumsi air putih yang cukup dapat membantu untuk mencegah terjadinya kulit kering dan kusam. Konsumsilah air sebanyak 2,5L perhari atau 8 gelas perhari.

         

        Menjaga kelembaban kulit dengan bahan alami

        • Scrub gula, gula dan minyak yaitun dicampur menjadi satu aduk oleskan pada kulit kering secara merata. Tunggu beberapa menit dan bilas dengan air. Gunakan secara rutin hingga dirasa kulit sudah mulai sehat.
        • Buah alpukat, gunakan buah alpukat sebagai lulur dengan cara ambil dagingnya dan haluskan kemudian oleskan pada kulit yang sering biarkan beberapa menit kemudian bilas. Lakukan secara rutin untuk hasik maksimal.
        • Minyak zaitun, balurkan minyak zaitun pada kulit yang kering. Gunakan secara teratur untuk hasil maksimal.

          Menjaga kelembaban kulit dengan herbal

          Sabun beras Thailand memiliki banyak sekali manfaat kegunaannya, sehingga menjadikannya porduk perawatan kulit yang terfavorit dan terlaris. Sabun susu beras thailand ini sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kelembaban kulit, cocok digunakan untuk berbagai jenis kulit pemakainnya.

          Manfaat Untuk Kulit Wajah :

          • Membantu mencerahkan kulit wajah
          • Membantu menjaga kelembaban dan membuat kulit wajah segar berseri
          • Menghilangkan semua kotoran, minyak dan sel kulit mati
          • Sebagai pencuci muka untuk membersihkan make-up pada kulit wajah
          • Membantu menghilangkan noda dan bintik-bintik hitam
          • Membantu mengatasi masalah jerawat

           

           

           


          Manfaat untuk kulit tubuh :

          • Membantu menghilangkan noda hitam di ketiak, selakangan paha, siku, lutut, dan mencerahkan warna kulit
          • Memberikan kesegaran sepanjang hari
          • Membantu mengatasi masalah bau badan
          • Membantu mengangkat sel kulit mati dan kotoran pada tubuh


          Cara Pemakaian Sabun Beras Thailand :

          • Basahi seluruh tubuh juga sabun beras susu thailand anda dengan air terlebih dahulu. Kemudian gosokkan sabun ke seluruh bagaian tubuh dan wajah anda, berikan gosokkan berulang pada bagian tubuh yang terdapat flek hitam seperti di bagian ketiak, lipatan paha, selangkangan, dengkul dan siku. Setelah merata diamkan selama 2-3 menit sehingga formula dari sabun meresap dan bekerja maksimal ke dalam pori-pori kulit. Kemudian bilas dengan air sampai tidak ada busa yang tertinggal di wajah maupun di tubuh anda. Dengan pemakaian teratur maka hasil maksimal akan dicapai. Kulit akan menjadi lebih sehat, lembut dan tampak lebih cerah.

           

           

          Pemesanan

          • Melalui Website kami di www.istana-herbal.comSilahkan Anda "Mengklik gambar Produk  dan apabila sudah masuk di halaman  Produk Klik Tombol Beli Sekarang"
          • (SMS/ WhatsApp) 081393930088 dengan format sebagai berikut : 

          Nama / Alamat Lengkap / No.HP / Nama Produk/ Jumlah 

          Contoh : Rias Indah / Jl. Ahmad Yani No, 34 Kel. Mendungan, Kec. Kartasura, Sukoharjo 74765 / 081393930088 / Sari Kurma Angkak Mazied / 6 botol.

          • Email (istana.herbal.it@gmail.com)

          Contoh : Dwi Iswanto / Jl. Patimura No, 34 Kel. Pabelan, Kec. Kartasura, Surakarta 74765 / 081393930088 / Nama Produk / Jumlah Produk

          • Blakberry Messengger 

          Hubungi Customer Service kami di BBM, dengan add pin sebagai berikut (76BDBB76 )

          Contoh : Muhammad Ikhsan / Jl. Kejaksaan No, 25 Kel. Dadapan, Kec. Makam Haji, Surakarta 74765 / 081393930088 / Nama Produk / Jumlah Produk

          • Hubungi Customer Service kami di Yahoo Messengger 

          customer_istanaherbal@yahoo.com

             

            Atau Bisa datang langsung ke toko kami di : 

            • Istana Herbal Solo

            Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums

            Telp : 081393930088

            • Istana Herbal Yogyakarta

            Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM

            Telp : 087838231155

            • Istana Herbal Malang

            Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang,

            Telp: 087753373281

            • Istana Herbal Jakarta

            Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen.

            Telp : 081908427320

             

            Anda Dapat Melakukan Pembayaran di Salah Satu Rekening Kami diBawah ini : 


            - Bank Central Asia KCU Solo
            - Nama : Krida Prasetia
            - No Rekening : 0152693506



            - Bank Mandiri Cabang Kartasura
            - Nama : Krida Prasetia
            - No Rekening : 138-00-073-5269-8



            - Bank Negara Indonesia Cabang
            - Nama : Krida Prasetia
            - No Rekening : 0198117897



            - Bank Rakyat Indonesia Cabang
            - Nama : Krida Prasetia
            - No Rekening : 66-4701-00000-6507



            Tinggal tunggu barang di depan pintumu, Happy Shopping !

             

            Pelayana Kami
            Kami akan selalu siap melayani Anda
            Email : istana.herbal.it@gmailcom
            Order respon cepat whatsApp : 081393930088
            Telp : (0271) 7451424

             

            baca Selengkapnya

            Infeksi Saluran Pernafasan

            Infeksi Saluran Pernapasan

            Infeksi saluran pernapasan atas upper respiratory tract infection (URI/URTI).  Yang meliputi rongga hidung , sinus (rongga berisi udara yang terdapat disekitar pipi, mata dan hidung), faring (terletak dibelakang mulut dan hidung), dan laring (pangkal tenggorokan). Infeksi ini dapat berakibat kepada penyakit pilek, radang sinus atau sinusitis, radang amandel atau tonsillitis, radang pita suara atau laryngitis, dan influenza.

            Infeksi Saluran Pernapasan Bawah atau lower respiratory tract infections (LRI / LRTI), yang meliputi trakea (batang tenggorokan), bronkus. Bronkiolus, dan paru-paru. Infeksi ini dapat berakibat kepada penyakit seperti radang pada tabung bronkus atau bronchitis, influenza, pneumonia, tuberculosis, dan bronkiolitis.

            Kasus infeksi saluran pernapasan yang paling umum ditemui pada penderita dewasa maupun anak-anak adalah pilek. Infeksi saluran pernapasan dapat menyebar melalui kontak langsung maupun tidak langsung sehingga penting untuk mengetahui apa saja penyebab, gejala, dan penanganan infeksi penyakit ini.

             

            Penyebab infeksi saluran pernapasan

            Infeksi saluran pernapasan dapat menyebar melalui beberapa cara, salah satunya melalui udara. Saat anda bersih dan batuk tetesan cairan kecil yang mengandung virus flu menyebar di udara dan apabila dihirup oleh orang lain, mereka mungkin juga akan tertular. Infeksi juga dapat menyebar melalui kontak tidak langsung. Sebagai contoh, apabila anda terkena flu dan menyentuh hidung atau mata sebelum menyentuh benda atau permukaan, vrus mungkin ditularkan ke orang lain saat mereka menyetuh benda atau permukaan.

            Infeksi saluran pernapasn disebabkan oleh beberapa virus diantaranya :

            • Pneumokokus. Ini adalah jenis bakteri yang menyebabkan meningitis. Tapi bakteri ini bisa memicu gangguan pernapasan lain, seperti halnya pneumonia.
            • Rhinovirus. Ini adalah jenis virus yang menyebabkan pilek. Tapi pada anak kecil dan orang dengan sistem kekebalan yang lemah, pilek biasa bisa berubah menjadi ISPA pada tahap yang serius.
            • Adenovirus. Gangguan pernapasan seperti pilek, bronkitis, dan pneumonia bisa disebabkan oleh virus ini yang memiliki lebih dari 50 jenis.

            Cara terbaik untuk mencegah penyebaran infeksi adalah dengan mempraktikkan kebersihan yang baik, seperti mencuci tangan dengan sabun dan air hangat secara teratur.

             

            Gejala

            • Infeksi saluran pernapasan bawah, dapat memiliki gejala berupa batuk berdahak, meningkatnya ritme pernapasan, napas yang tersengal-sengal atau sesak napas, sesak pada dada, dan mengi. Gejala lain yang mungkin timbul adalah demam yang berulang, kesulitan makan, dan kurang tidur pada bayi dan anak-anak.
            • Infeksi saluran pernapasan atas, pada umumnya memiliki gejala berupa hidung tersumbat, hidung beringus, bersin-bersin, batuk, nyeri otot, dan sakit tenggorokan. Gejala lain yang mungkin timbul adalah hilangnya daya penciuman dan perasa, tekanan pada telinga, rasa perih ringan pada mata, dan demam.

            Diagnosis Infeksi Saluran Pernapasan

            Selain memerhatikan gejala-gejala yang muncul, seperti demam, diagnosis infeksi saluran pernapasan dapat dilakukan dengan cara memeriksa dan mengamati kondisi fisik penderita. Dokter mungkin akan mengukur dan memantau level oksigen dalam darah, atau melakukan pulse oximetry. Metode ini berguna untuk mengetahui apakah seseorang memiliki gangguan pernapasan dengan melihat tingkat jenuh oksigen. Misalnya pada kondisi pneumonia, tingkat jenuh oksigen dapat mencapai 95 persen atau kurang.

            Dokter juga akan mengamati dan menghitung tingkat pernapasan menurut usia, pergerakan dada saat bernapas, atau tes tuberkulin pada kulit untuk mengetahui risiko penyakit tuberkulosis, radiografi dada, tes urine, hingga tes darah untuk memastikan diagnosis infeksi saluran pernapasan.

             

            Pengobatan

            Bagaimana cara mendiagnosis infeksi saluran pernapasan?

            Anda tidak harus menemui dokter untuk infeksi saluran pernapasan. Namun, gejala yang parah atau berlangsung lebih dari seminggu mungkin memerlukan tes untuk memeriksa radang tenggorokan atau infeksi sinus.

            Bagaimana cara mengobati infeksi saluran pernapasan?

            Gejala diobati dengan :

            • Tidur, cairan (air putih, jus buah, teh, sup ayam), berkumur dengan air garam hangat, dan minum acetaminophen untuk sakit kepala atau demam.
            • Makan secara teratur.

            Obat flu tanpa resep (decongestan, penekan batuk) mungkin meredakan gejala tapi tidak akan mencegah, menyembuhkan, maupun mempercepat penyembuhan flu. Sebagian besar obat juga memiliki efek samping.

            Antihistamin tanpa resep mungkin membantu menyembuhkan hidung tersumbat dan mata berair.

            Terkadang orang mungkin mengalami infeksi bakteri setelah flu yang harus diobati oleh dokter.

             

            Mengatasi Infeksi Saluran Pernapasan Dengan Herbal

             

             

             

             

             

             

             

             

             

             

             

             

            Manfaat Gamat / Teripang dapat mengatasi:

            • Nyeri persendian (arthritis),
            • rematik,
            • jantung koroner,
            • asam urat,
            • diabetes melitus,
            • kolesterol,
            • gula darah,
            • hepatitis,
            • hipertensi,
            • lupus,
            • maag (lambung),
            • jerawat, luka-luka,
            • luka bakar,
            • radang paru-paru,
            • tipus,
            • tumor,
            • stroke,
            • epilepsi,
            • asma,
            • kanker,
            • memperbaiki kualitas tidur,
            • mengembalikan kekenyalan dan kelembapan kulit.

             

            Kandungan Gamat : 

            • Kolagen, menghambat penuaan dini dan merangsang regenerasi sel Mucopolysaccharida (MPS), penenang syaraf, menurunkan dan menstabilkan hipertensi.
            • Glukosamin, merangsang pertumbuhan tulang rawan dan pembentuk cairan persendian (synovial)
              Kondrotin, Membantu mengurangi inflamasi tulang, Membantu mengurangi radang sendi (arthritis)
            • Holothurin, antiseptic alamiah,
            • Omega 3, Menurunkan kolesterol LDL dan Trigliserida dan Menaikan HDL
              Cell growth factor, menghasilkan sel-sel baru dalam jumlah cukup dan mempercepat penyembuhan luka
              Vitamin A, vitamin E dan berbagai mineral

             

             

            Pemesanan

            • Melalui Website kami di www.istana-herbal.comSilahkan Anda "Mengklik gambar Produk  dan apabila sudah masuk di halaman  Produk Klik Tombol Beli Sekarang"
            • (SMS/ WhatsApp) 081393930088 dengan format sebagai berikut : 

            Nama / Alamat Lengkap / No.HP / Nama Produk/ Jumlah 

            Contoh : Rias Indah / Jl. Ahmad Yani No, 34 Kel. Mendungan, Kec. Kartasura, Sukoharjo 74765 / 081393930088 / Sari Kurma Angkak Mazied / 6 botol.

            • Email (istana.herbal.it@gmail.com)

            Contoh : Dwi Iswanto / Jl. Patimura No, 34 Kel. Pabelan, Kec. Kartasura, Surakarta 74765 / 081393930088 / Nama Produk / Jumlah Produk

            • Blakberry Messengger 

            Hubungi Customer Service kami di BBM, dengan add pin sebagai berikut (76BDBB76 )

            Contoh : Muhammad Ikhsan / Jl. Kejaksaan No, 25 Kel. Dadapan, Kec. Makam Haji, Surakarta 74765 / 081393930088 / Nama Produk / Jumlah Produk

            • Hubungi Customer Service kami di Yahoo Messengger 

            customer_istanaherbal@yahoo.com

               

              Atau Bisa datang langsung ke toko kami di : 

              • Istana Herbal Solo

              Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums

              Telp : 081393930088

              • Istana Herbal Yogyakarta

              Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM

              Telp : 087838231155

              • Istana Herbal Malang

              Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang,

              Telp: 087753373281

              • Istana Herbal Jakarta

              Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen.

              Telp : 081908427320

               

              Anda Dapat Melakukan Pembayaran di Salah Satu Rekening Kami diBawah ini : 


              - Bank Central Asia KCU Solo
              - Nama : Krida Prasetia
              - No Rekening : 0152693506



              - Bank Mandiri Cabang Kartasura
              - Nama : Krida Prasetia
              - No Rekening : 138-00-073-5269-8



              - Bank Negara Indonesia Cabang
              - Nama : Krida Prasetia
              - No Rekening : 0198117897



              - Bank Rakyat Indonesia Cabang
              - Nama : Krida Prasetia
              - No Rekening : 66-4701-00000-6507



              Tinggal tunggu barang di depan pintumu, Happy Shopping !

               

              Pelayana Kami
              Kami akan selalu siap melayani Anda
              Email : istana.herbal.it@gmailcom
              Order respon cepat whatsApp : 081393930088
              Telp : (0271) 7451424
              baca Selengkapnya

              Vertigo

               

              Vertigo adalah keadaan pusing yang dirasakan luar biasa. Seseorang yang menderita vertigo merasakan sekelilingnya seolah-olah berputar. Hal ini disebabkan oleh adalnya gangguan keseimbangan yang berpusat diarea labirin atau rumah siput di daerah telinga.

              Keseimbangan tubuh dikendalikan oleh otak kecil yang mendapat informasi mengenai posisi tubuh dari organ keseimbangan ditelinga tengah dan mata. Vertigo biasanya timbul akibat gangguan telinga tengah dan dalam atau gangguan penglihatan.

               

              Penyebab vertigo

              • Serangan migrain
              • Adanya radang pada leher
              • Mabuk kendaraan.
              • Adanya infeksi bakteri pada telinga
              • Kurangnya asupan oksigen ke otak.

               

              Gejala vertigo

              • Pusing karena sering batuk ( vertigo laryngea).
              • Merasa akan jatuh pada saat bangun tidur (vertigo nocturna).
              • Pusing karena penyakit mata ( vertigo ocularis).
              • Pusing dan merasa sekeliling berputar - putar ( vertigo rotatoria)
              • Timbul rasa mual dan ingin muntah.
              • Tidak mampu berdiri dan kadang terjatuh karena badan seperti tidak seimbang.
              • Beberapa jenis otot, seperti kina, streptomisisn dan salisilat yang dapat menimbulkan radang kronis telinga dalam.

               

              Tindakan yang harus dilakukan

              • Tarik napas dalam-dalam, kemudian pejamkan mata, dan segera mencari posisi yang memungkinkan untuk berbaring. Jika tidak memungkinkan lebih baik segera duduk.
              • Jika anda merasa mual dan ingin muntah, segera mencari bantuan orang-orang disekitar untuk mengantar ke toilet.
              • Ketika berbaring, pertahankan posisi tersebut sampai serangan vertigo berkurang atau hilang.
              • Buka mata perlahan, lalu coba miringkan badan atau gerakkan kepala dengan perlahan. Jika dengan tindakan ini serangan vertigo datang kembali maka segera pejamkan mata atau kembali keposisi semula.
              • Pengobatan terhadap penyakit ini harus di lihat dahulu jenis penyakitnya. Obat untuk mengurangi vertigoyang ringan adalah meklizin, dimenhidrinat, perfenazin, skopolamin. Selain itu, dapat juga dengan mengkonsumsi obat anti muntah. Jika sakit terus berlanjut segera hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan intensif.
              baca Selengkapnya

              Tumor

              Tumor adalah pertumbuhan abnormal yang terjadi pada suatu jaringan tubuh. Secara umum, bibit tumor terbentuk ketika ada semacam masalah dalam pertumbuhan dan pergantian sel didalam tubuh.

              Tidak mudah mengukur bagaimana tumor dapat timbul didalam tubuh kita, sebab setiap hari sel mengalami regenerasi. Sel baru diproduksi untuk menggantikan sel lain yang tidak berfungsi dengan baik. Sel yang rusak secara otomatis akan disingkirkan dari tubu, karena berpotensi menimbulkan penyakit. Jika keseimbangan jumlah sel baru dan yang mati terganggu, kemungkinan besar tumor akan terjadi. Hal ini mengakibatkan sistem imunitas tubuh menjadi terganggu.

               

              Penyebab tumor

              • Mengkonsumsi rokok yang mengandung nikotin dan zat adiktif lainnya.
              • Menyerap benzane dan zat kimia lain yang berada dilingkungan, sehingga meracuni seluruh jaringan tubuh.
              • Mengkonsumsi minuman beralkohol.
              • Sinar radiasi matahari yang tidak mampu ditahan oleh jaringan kulit sehingga menembus kedalam dan membuat karakteristik kulit berubah.
              • Masalah genetis.
              • Gaya hidup yang tidak sehat.
              • Terkena radiasi.
              • Virus tertentu seperti, Cervical Cancer (Human papilomavirus) dan Hepatocellular Carcinoma (Virus hepatitis B).

              Gejala tumor

              • Batuk yang berkepanjangan.
              • Napas pendek-pendek dan menekan dada.
              • Pada kasusu tumor kolon, sering kali penderita mengalami penurunan berat badan yang drastis, terjadi diare beratm konstipasi, anemia, dan tekanan darah yang tidak terkontrol.
              • Demam hebat dalam frekuensi yang sering.

               

              Tindakan yang harus dilakukan

              • Melakukan berbagai tes untuk mengetahui seseorang terkena tumor. Tes-tes tersebut diantaranya :
              1. Tes Biopsy.
              2. Tek kandungan kimi dalam darah.
              3. Tes bone marrow biopsy( sering digunakan untuk tes lymphoma atau leukemia).
              4. Melakukan uji sinar-X pada dada.
              5. Tes complete blood count (CBC).

               

              • Melakukan perawatan pada penderita.
              Jenis perawatan yang dilakukan sangat tergantunh pada jenis tumor, penyebab, dan lokasi tumor tumbuh. Jika dalam pemeriksaaan tumor yang dimaksud tidak mempunyai kemungkinan menyebar, dan areanya sangat aman dan tidak menimbulkan kerusakan organ didekatnya, maka tidak diperlukan perawatan secara serius. Bahkan sering kali tumor dapat dihilangkan dengan perawatan standar. Tetapi untuk tumor otak harus dilakukan operasi dengan mengikuti prosedur tingkat tinggi dan amat ketat. Hal ini dilakukan untuk mengurangi efek merusak yang bisa terjadi disekitar lokasi pembedahan. Perawatan yang dilakukan untuk tumor berat adalah :
              • Pembedahan
              • Radiasi
              • Kemoterapi
              • Kombinasi antara ketiga model perawatan diatas.

               

              • Mencegah terjadinya tumor.
              Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya tumor adalah :
              1. mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi tinggi.
              2. Berolahraga secara teratur.
              3. Menghindari minuman beralkohol.
              4. Diet untuk menjaga berat badan ideal.
              5. Mengurangi resiko tubuh agar tidak terkena radiasi dan keracunan zat kimia.
              6. Tidak merokok.
              7. Mengurangi kontak dengan sinar matahari secara langsung.
              baca Selengkapnya

              Tuberculosis (TBC)

              Penyakit TBCdapat meyerang siapa saja dan dimana saja.  Penyakit TBC adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mikobakterium Tuberkulosa. Bakteri ini berbentuk batang dan bersifat tahan asam. Sehingga dikenal juga dengan nama Batang Tahan Asam (BTA). bakteri ini pertama kali ditemukan oleh Robert Koch pada tanggal 24 Maret 1882, sehingga untuk mengenang jasanya bakteri tersebut diberi nama Basil Koch. Bahkan penyakit TBC pada paru-paru kadang disebut sebagai Koch Pulmonum (Kp).

               

              Gejala TBC

              1. Gejala umum
              • Demam tidak terlalu tinggi yang berlangsung lama, biasanya dirasakan malam hari disertai keringan malam. Kadang-kadang, serangan demam seperti seraangan demam influenza dan bersifat hilang timbul.
              • Penurunan nafsu makan dan berat badan.
              • Batuk-batuk selama lebih dari 3 minggu (dapat disertai darah).
              • Perasaan tidak enak (malaise) dan lemah.

               

              1. Gejala Khusus
              • Tergantung dari organ tubuh yang terserang. Apabila terjadi sumbatan sebagian bronkus (saluran yang menuju paru-paru) akibat penekanan kelenjar getah bening yang membesar, akan menimbulkan suara “mengi”dan suara napas yang melemah yang disertai sesak.
              • Apabila ada cairan dirongga pleura(pembungkus paru-paru) dapat disertai keluhan sakit dada.
              • Apabila mengenai tulang, maka akan terjadi gejala seperti infeksi tulang yang pada suatu saat dapat membentuk saluran dan bermuara pada kulit diatasnya. Pada muara ini akan keluar cairan nanah.
              • Pada anak-anak dapat mengenai otak (lapisan pembungkus otak) dan disebut sebagai meningitis (radang selaput otak). gejalanya adalah demam tinggi, penurunan kesadaran dan kejang-kejang.

               

              Tindakan yang harus dilakukan

              • Anamnesa, baik terhadap keluarga maupun pasien.
              • Pemeriksaan fisik.
              • Pemeriksaan laboratorium (darah, dahak, cairan otak).
              • Pemeriksaan patologi anatomi (PA).
              • Rontgen dada (Thorax photo).
              • uji tuberkulin.

               

              baca Selengkapnya

              Tifus

              Tifus merupakan infeksi pada usus yang berimplikasi pada seluruh jaringan tubuh. Penyakit ini disebabkan oleh kotoran yang ada pada makanan dan air yang tercemar. Penyakit ini sering timbul dalam bentuk wabahy atai epidemi (penduduk jatuh sakit secara bersamaan). diantara berbagai penyakit infeksi yang kadang-kadang dinamakan demam tifus perut merupakan salah satu penyakit yang paling berbahaya.

               

              Penyebab tifus

              Tifus disebabkan oleh bakteri yang disebarkan oleh kecoak, lalat, dan musang. Masa inkubasinya 2-3 minggu dan memiliki resiko kematian.

               

              Gejala tifus

              1. Minggu pertama
              • Mengalami sakit mirip demam influenza.
              • Sakit kepala dan leher.
              • Panas naik desikit demi sedikit setiap hari sampai 40 derajad celcius atau lebih.
              • Nadinya lebih lambat dibandingkan tingginya panas.
              • Kadang-kkadang terdapat muntah, diare atau sembelit.

               

              1. Minggu kedua
              • Panas tinggi, nadi relatif lambat.
              • Mungkin terlihat bercak merah muda pada badan.
              • Badan menggigil / gemetar.
              • Sering mengigau atau delirium (penderita tidak dpat berfikir dengan jelas).
              • Badan lemah, berat badan menurun dan tubuh kekurangan cairan.
              • Hasil tes darah menunjukkna bahwa kadar sodium dan albumin dalam darah rendah, enzim dalam lever meningkat tajam, terjadi keluhan disekitar ginjal, dan antibodi yang dihasilkan sangat tinggi.

               

              1. Minggu ketiga
              • jika tidak ada komplikasi panas dan tanda-tanda yang lainnya akan menghilang perlahan-lahan.

               

               

              Tindakan yang harus dilakukan

              • Segera mendapat pertolongan dari dokter .
              • Berikan Chloramphenicol, untuk orang dewasa dua kapsul @250 mg, empat kali sehari. Jika tidak ada Chloramphenicol, gunakan ampicilin atau tetracycline.
              • Turunkan panas dengan kain basah yang dingin.
              • Berikan cairan yang banyak, seperti sup, sari buah dan minuman untuk mengembalikan cairan dalam tubuh.
              • Berikan makanan yang bergizi, kalau perlu dalam bentuk cairan.
              • Penderita harus tetap ditempat tidur sampai panas nya hilang sama sekali.
              • Jika penderita mengalami batuk darah atau timbul tanda-tanda peradangan pada selaput perut, segera bawa kerumah sakit.
              • Menghindari dari hal-hal kotor, seperti pencemaran air, makanan kotor. Pastikan jamban keluarga terletak jauh dari tempat ambil minum.
              • Memberi perhatian khusus pada kebersihan air minum.
              • Penderita harus tinggal dikamar terpisah untuk mencegah penyebaran tifus perut. Kotorannya harus dibakar atau dikubur dalam lubang yang dalam. Orang yang merawatnya harus membasuh tangan segera sesudah melakukan perawatan.

              Setiap orang yang pernah menderita tifus harus memberikan perhatian tambahan terhadap kebersihan dan tidak boleh bekerja dirumah makan atau tempat pengolahan makana.

              baca Selengkapnya

              Rabies

              Penyakit anjing gila (rabies) adalah suatu penyakit menular akut yang menyerang susunan syaraf pusat. Penyakit ini disebabkan oleh virus rabies jenis Rhabdho Virus, yang dapat menyerang semua jenis hewan berdarah panas dan manusia. Penyakit ini sangat ditakuti karena mengganggu manusia, karena apabila penyakit ini mneyerang manusia dapat mengakibatkan kematian.

              Virus rabies selain terdapat disusunan syaraf pusat, juga terdapat pada air liur hewan yang menderita rabies. Oleh sebab itu penularan pada hewan maupun manusia dapat melalui gigitan. Gejala - gejala rabies pada hewan biasanya timbul kurang lebih  2 minggu (10 hari - 8 minggu). sedangkan pada manusia 2-3 minggu hingga 1 tahun.

              Masa tunas tersebut dapat lebih cepat atau lebih lama tergantung pada dalam dan parahnya luka bekas gigitan, lokasi gigitan, banyaknya syaraf disekitar luka gigitan, jumlah virus yang masuk dan jumlah luka gigitan.

               

              Penyebab rabies

              Rabies dapat terjadi karena terkena air liur atau tergigit hewan atau manusia yang terjangkit rabies. Di Indonesia hewan-hewan yang dapat menyebarkan rabies adalah anjing, kucing dan kera.

               

              Gejala rabies

              • Tanda - tanda anjing terkena rabies
              1. Bentuk Ganas (Farious Rabies)
              • Hewan menjadi penakut atau galak.
              • Senang bersembunyi dan menyendiri ditempat-tempat yang gelap dan dingin, tetepi dapat menjadi agresif.
              • Tidak menurut perintah majikan.
              • Nafsu makan hilang.
              • Air liur tidak terkendali.
              • Hewan akan menyerang benda yang ada disekitarnya dan memakan barang serta benda - benda asing, seperti batu, kayu, dsb.
              • Menggigit barang yang bergerak.
              • Kejang - kejang disusul dengan kelumpuhan.
              • Ekor diantara 2 paha.

               2. Bentuk Diam (Dumb Rabies)

              • Senang bersembunyi ditempat yang gelap dan sejuk.
              • Kejang-kejang berlangsung sangat singkat.
              • Lumpuh, tidak dapat menelan, dan mulut selalu terbuka.
              • Air liur keluar terus menerus.
              • Mati dengan tiba-tiba.

               3. Bentuk Asystomatis

              • Hewan tidak menunjukkna gelaja sakit, namun tiba-tiba mati.

               

              • Tanda - tanda kucing terkena Rabies

              1. Senang menyembunyikan diri.
              2. Senang mencakar-akar lantai.
              3. Banyak mengeong.
              4. Menjadi agresif.
              5. Setelah 2 - 4 hari sejak gejala pertama muncul, biasanya kucing akan mengalami kelumpuhan, terutama dibagian belakang.

               

              • Tanda - tanda manusia terkena Rabies

              1. Terdapat luka gigitan dari hewan anjing, kera atau kucing.

              2. Nafsu makan hilang, sakit kepala dan tidak bisa tidur, demam tinggi, mual dan muntah.

              3. Adanya rasa panas (nyeri) pada tempat gigitan dan sering menjadi gugup.

              4. Takut dengan air, suara keras, cahaya dan angin.

              5. Air liur dan air mata keluar secara berlebihan.

              6. Kejang-kejang disusul dengan kelumpuhan.

                7. Biasanya penderita akan meninggal 4 - 6 hari setelah gejala klinis atau tanda-tanda pertama dari penyakit ini.

                 

                Tindakan yang harus dilakukan

                • Mencuci luka dengan sabun atau detergen selama 5 - 10 menit dibawah air mengalir/ diguyur. Kemudian luka diberi alkohol 70% atau Iodium tincture. Setelah itu, secepatnya dibawa kerumahsakit untuk mendapatkan pengobatan.
                • Laporkan kepada petugas Dinas Peternakan setempat tentang adanya pengigitan tersebut.
                • Hewan yang mengigit dikirim ke Rumah Observasi Hewan Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan untuk dobservasi dan diperiksa kesehatanya selama 10-14 hari.

                Bila hewan yang menggigit tidak diketahui atau di temukan, maka orang yang tergigit harus dibawa kerumah sakit khusus infeksi.

                baca Selengkapnya

                Migrain

                Migrain adalah nyeri kepala berdenyut yang disertai mual dan muntah. Penderita biasanya sensitif terhadap cahaya, suara bahkan bau-bauan. Sakit kepala jenis ini hanya mengenai satu sisi kepala saja, kadang - kadang perpindah kesisi sebelahnya, tetapi dapat mengenai kedau sisi kepala sekaligus.

                Migrain kadang kala agak sulit dibedakan dengan sakit kepala jenis lain. Sakit kepala akibat gangguan pada sinus atau akibat ketegangan otot leher, mempunyai gejala yang hampir sama dengan gejala migrain. Migrain juga dapat timbul dengan penyakit lain, seperti asma, depresi atau tumor.

                Migrain dapat dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu migrain biasa, migrain klasik, migrain haid, dan migrain komplikasi.

                1. Migrain biasa  (Tanpa Aura)

                Kebanyakan penderita migrain, masuk dalam jenis ini. Migrain biasa ditandai dengan nyeri kepala berdenyut disalah satu sisi dengan intensitas yang sedang sampai berat, dan semakin parah pada saat melakukan aktivitas.  Migrain ini juga disertai mual, muntah, sensitif terhadap cahaya, suara dan bau. Sakit kepala akan sembuh dalam 4-72 jam, sekalipun tidak diobati.

                1. Migrain Klasik ( Dengan Aura)

                Pada migrain jenis klasik, biasanya didahului oleh suatu gejala yang dinamakan aura, yang terjadi dalam 30 menit sebelum timbul migrain. Migrain klasik menyerang 30% dari semua penderita migrain.

                1. Migrain Haid

                Migrain haid adalah migrain yang terjadi beberapa hari sebelum, selama atau sesudah haid. Migrain haid dapat berbentuk migrain biasa maupun migrain klasik.

                1. Migrain Komplikasi

                Migrain komplikasi adalah migrain yang diertai gejala gangguan sistem saraf, misalnya rasa baal dan geli, kesulitan berbicara, kesulitan menggerakkan lengan atau kaki. Pada migrain komplikasi, gejala saraf tetap bertahan walaupun migrain telah sembuh.

                 

                Penyebab Migrain

                • Mengkonsumsi makanan tertentu, seperti cokelat, MSG dan kopi.
                • Kurang tidur atau tidur berlebihan.
                • Tidak makan.
                • Perubahan cuaca atau tekanan udara.
                • Strest dan tekanan emosi.
                • Bau yang menyengat atau asap rokok.
                • Sinar yang sangat terang atau pantulan sinar matahari

                 

                Gejala Migrain

                • Satu atau dua hari sebelum migrain badan tersa lemah, menguap berlebihan, sangat menginginkan suatu jenis makanan, mudah tersinggung dan gelisah.
                • 30 menit sebelum migrain timbul aura, antara lain adanya gangguan penglihatan seperti melihat garis bergelombang, cahaya terang, bintik gelap, atau tidak dapat melihat benda dengan jelas. Kesemutan ditangan, tidak dapat mengucapkan kata-kata dengan baik, merasa kebas ditangan, pundak, wajah. Merasa lemah pada satu sisi tubuhnya dan merasa bingung. Gejala ini timbul secara bergantian.
                • Merasa nyeri pada satu sisi bagian kepala.
                • Nyeri dikepala disertai kepekaan berlebihan pada cahaya, suara, mau. Merasa mual ingin muntah, dan gejala semakin berat jika beraktivitas.
                • Setelah nyeri kepala sembuh, penderita mungkin merasa nyeri pada otot.

                 

                Tindakan yang harus dilakukan

                1. pencegahan
                • Mencegah strest
                • Mengikuti latihan relaxsasi untuk mengurangi ketegangan otot
                • Menyediakan obat antinyeri yang terdapat di apotik
                • Menjaga pola makan dan hidup sehat
                • Tidur yang teratur
                • Olah raga yang teratur

                 

                1. Pengobatan
                • Pada tahap awal anda dapat mengkonsumsi obat anti nyeri, seperti :
                1. Antiinflamasi Nonsteroid (NSAID), misalnya aspirin, ibuprofen, atau natrium naproxen untuk mengurangi gejala migrain.
                2. Triptan atau ergotamin, misalnya cafegot untuk menghentikan serangan migrain akut secara cepat. Triptan juga digunakan untuk mencegah migrain haid.
                3. Midrin yang terdiri dari isometheptana, asetaminofen, dan dikloralfenazon ( kombinasi antar paracetamol dan profenazon).
                4. Untuk mencegah migrain, digunakan obat seperti beta bloker (misalnya propanolol), penghambat kanal kalsium (untuk mengurangi jumlah penyempitan pembuluh darah, anti depresan (misalnya amitriptillin, antidepresan trisiklik) atau antikonvulsan.
                • Bagi pasien 65 tahun, karena tidak dianjurkan minum obat pencegah migrain, dapat menggunakan teknik akupuntur.
                baca Selengkapnya

                Malaria

                Malaria adalah jenis penyakit menular yang banyak diderita penduduk didaerah tropis dan subtropis. Penyakit tersebut semual banyak ditemukan didaerah rawa-rawa dan dikira disebabkan oleh udara rawa yang buruk, sehingga dikenal dengan malaria (mal = buruk dan aria = udara) jika di artikan adalah udra yang buruk atau tidak sehat.

                Apabila tidak segera ditangani penyakit ini menjadi berbahaya. Beberapa akibat terserangnya penyakit ini adalah penderita akan merasakan sakit, merasa lemah dan dapat meimbulkan kematian pada anak-anak dan bayi, serta dapat mengganggu perkembangan otak anak atau bayi sehingga menyebabkan daya berfikir anak menjadi berkurang.

                 

                 

                Penyebab malaria

                1. penyakit malaria disebabkan oleh bibit penyakit yang hidup didalam darah manusia. Bibit penyakit tersebut termasuk binatang bersel satu seperti amuba yang disebut Ada empat macam Plasmodium yang menyebabkan malaria :
                • Falciparum : penyebab penyakit malaria tripika. Jenis malaria ini bisa menimbulkan kematian.
                • Vivax, penyebab malaria tersiana. Penyakit ini sukar disembuhkan, namun sulit kambuh.
                • Malariae : penyebab malaria quartana. Di Indonesia penyakit ini tidak banyak ditemukan.
                • Ovale : penyebab penyakit malaria ovale. Penyakit ini tidak terdapat di Indonesia.
                1. Tergigit nyamuk Anopheles yang terjangkit Plasmodium, sehingga sel-sel darah merah penderita menjadi rusak.

                 

                Gejala Malaria :

                • Penderita merasa dingin dan sering sakit kepala.
                • Penderita menggigil atau gemetar selama 15 menit sampai satu jam.
                • Penderita merasa dingin diikuti demam dengan suhu 40 derajat celcius atau lebih, merasa lemah, kulit kemerahan, mengigau, dan demam berakhir setelah beberapa jam.
                • Penderita mulai berkeringat dan suhu tubuhnya menurun. Setelah serangan itu berakhir, penderita merasa lemah tetapi tidak mengkhawatirkan.

                 

                Tindakan yang harus dilakukan :

                1. Usaha Pebcegahan
                • Usahakan tidur dengan kelambu, memberi kawat kasa, memakai obat nyamuk bakar, menyemprot ruang tidur, dan tindakan lain untuk mencegah nyamuk berkembang dirumah.
                • Usaha pengobatan pencegahan secara berkala, terutama di daerah endemis malaria.
                • Menjaga kebersihan rumah dengan membersihkan ruang tidur, halamanj / kebun, genangan air dan kandang ternak.
                • Memperbanyak jumlah ternak, seperti sapi, kerbau, kambing, dan kelinci. Dengan menenmpatkan mereka diluar luar didekat sarang nyamuk.
                • Memelihara ikan pada air yang tergenang, seperti kolam, sawah, parit atau memberi sedikit minyak pada air yang tergenang.
                • Menanam padi secara serempak atau diselingi dengan tanaman kering atau pengeringan sawah secara berkala.
                • Menyemprot rumah dengan DDT.

                 

                1. Pengobatan
                • Memutus rantai penularan dengan memilih mata rantai yang paling lemah, yaitu penderita dan nyamuk malaria.
                • Seluruh pendrita yang memiliki tanda-tanda malaria diberi pengobatan pendahuluan, dengan tujuan untuk menghilangkan rasa sakit dan mencegah penularan selama 10 hari.
                • Bagi penderita yang dinyatakan positif menderita malaria setelah diuji dilaboratorium, akan diberi pengobatan secara sempurna.
                • Bagi orang-orang yang masuk kedaerah endemis malaria, seperti para calontransmigran perlu diberi obat pencegahan.
                baca Selengkapnya

                Penyakit Alergi

                Alergi merupakan bentuk reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap sesuatu yang dianggap berbahaya walaupun sebenarnya tidak. Ini bisa berupa substansi yang masuk atau bersentuhan dengan tubuh. Alergen atau substansi pemicu alergi hanya berdampak pada orang yang memiliki alergi tersebut. Pada orang lain, alergen tersebut tidak akan memicu reaksi kekebalan tubuh. Beberapa jenis substansi yang dapat menyebabkan reaksi alergi meliputi gigitan serangga, tungau debu, bulu hewan, obat-obatan, makanan tertentu, serta serbuk sari.

                Apa Yang Terjadi Selama Reaksi alergi?

                Pertama, seseorang terkena alergen dengan menghirup itu, menelan, atau mendapatkan itu pada atau di bawah kulit mereka. Setelah seseorang terkena alergi, serangkaian kegiatan menciptakan reaksi alergi:

                • Tubuh mulai menghasilkan antibodi jenis tertentu, yang disebut IgE, untuk mengikat allergen.
                • Antibodi melampirkan ke bentuk sel darah yang disebut sel mast. sel Mast dapat ditemukan di saluran udara, di usus, dan di tempat lain. Kehadiran sel mast dalam saluran udara dan saluran pencernaan membuat daerah ini lebih rentan terhadap paparan alergen.
                • Mengikat alergen ke IgE, yang melekat pada sel mast. Hal ini menyebabkan sel mast untuk melepaskan berbagai bahan kimia ke dalam darah. Histamin, senyawa kimia utama, menyebabkan sebagian besar gejala reaksi alergi.

                 

                Macam-Macam Alergi

                • Alergi Seafood, jenis alergi yang paling sering diderita oleh orang-orang disekitar kita seperti udang dan makanan lautnya yang dapat menyebabkan alergi yang parah.
                • Alergi Dingin, tubuh mengalami reaksi berlebih terhadap udara dingin dalam beberapa kasus terjadi rasa kedinginan tanpa disertai perubahan fisik pada tubuh.
                • Alergi susu sapi, susu sapi merupakan minuman yang baik untuk kesehatan, namun ada beberapa orang yang alergi terhadap susu sapi.Biasanya penyakit ini terjadi pada anak-anak dan bayi.
                • Alergi Debu, penderita alergi debu akan sangat rentan terhadap debu yang umum dijumpai dirumah atau diluar rumah apalagi ketikabersin-bersin.Namun sebetulnya yang harus diwaspadai adalah tungau yang merupakan penyebab debu.
                • Alergi obat-obatan, alergi obat meruapakan reaksi yang diberikan tubuh secara berlebihan meskipun sebelumnya tidak pernah mengalami alergi tersebut.

                 

                Gejala-gejala yang Muncul Saat Alergi

                • Bersin-bersin.
                • Batuk-batuk.
                • Sesak napas.
                • Ruam pada kulit.
                • Hidung beringus.
                • Terjadi pembengkakan di bagian tubuh yang berpapasan dengan alergen, misalnya wajah, mulut dan lidah.
                • Gatal dan merah pada mata.
                • Mata berair.

                 

                Pencegahan

                • Jagalah kebersihan lingkungan, baik di dalam maupun di luarrumah. Hal ini termasuk tidak menumpuk banyak barang di dalam rumah ataupun kamar tidur yang dapat menjadi sarang bertumpuknya debu sebagai rangsangan timbulnya reaksi alergi. Usahakan jangan memelihara binatang di dalam rumah ataupun meletakkan kandanghewan peliharaan di sekitar rumah anda.
                • Kebersihan diri juga harus diperhatikan, untuk menghindari tertumpuknyadaki yang dapat pula menjadi sumber rangsangan terjadinya reaksi alergi. Untuk mandi, haruslah menggunakan air hangat seumur hidup, dan usahakan mandi sore sebelum PK.17.00'. Sabun dan shampoo yang digunakan sebaiknya adalah sabun dan shampoo untukbayi. Dilarang menggunakan cat rambut.
                • Jangan menggunakan pewangi ruangan ataupunparfum, obat-obat anti nyamuk. Jika di rumah terdapat banyak nyamuk, gunakanlah raket anti nyamuk.
                • Gunakankasur atau bantal dari bahan busa, bukan kapuk.
                • Gunakansprei dari bahan katun dan cucilah minimal seminggu sekali dengan air hangat akan efektif.
                • Hindari menggunakanpakaian dari bahan wool, gunakanlah pakaian dari bahan katun.
                • Pendingin udara (AC) dapat digunakan, tetapi tidak boleh terlalu dingin dan tidak boleh lebih dari PK.24.00'
                • Awasi setiap makanan atau minuman maupun obat yang menimbulkan reaksi alergi. Hindari bahan makanan, minuman, maupun obat-obatan tersebut. Harus mematuhi aturan diet 
                • Konsultasikan dengan spesialis. Alergi yang muncul membutuhkan perawatan yang berbeda-beda pada masing-masing penderita alergi. Mintalahdokter anda untuk melakukan imunoterapi untuk menurunkan kepekaan anda terhadap bahan-bahan pemicu reaksi alergi, misalnya: dengan melakukan suntikan menggunakan ekstrak deburumah atau dengan melakukan imunisasi Baccillus Calmette Guirine (BCG) minimal sebanyak 3 kali (1 kali sebulan) berturut-turut, dan diulang setiap 6 bulan 

                Cara paling ampuh dalam mencegah alergi adalah menghindari diri dari substansi pemicunya atau alergen. Tapi jika gejala-gejala alergi terlanjur muncul, ada beberapa obat anti-alergi yang bisa membantu.

                baca Selengkapnya

                Lancar Asi

                • ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi yang harusnya tak tergantikan selama 6 bulan pertama kelahiran bayi. ASI menjadi antibodi alami bagi bayi dan memenuhi kebutuhan nutrisi seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. 

                Sayangnya, tak semua ibu memiliki ASI yang berlimpah. Penulis bukuGizi Ibu dan Bayi  yang merupakan Pengajar Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Sandra Fikawati mengatakan, ibu hamil harus mempersiapkan sejak awal agar ASI lancar dan berkualitas saat diberikan pada bayi.

                Untuk bisa memastikan jumlah ASI yang baik dan mencukupi, seorang ibu harus memenuhi kebutuhan makanan bergizi yang cukup setiap hari. Makanan dan gizi adalah salah satu faktor penting yang harus dicukupi supaya ASI bisa berlimpah, dan bisa memenuhi kebutuhan makanan bayi setiap hari. Namun ada beberapa makanan tertentu yang sangat mendukung terhadap peningkatan jumlah ASI.

                 

                Jenis Makanan Yang Memperlancar Asi:

                • Sayuran Hijau dan keluarga Labu:
                Sayuran dari keluarga labu, seperti blonceng(labu botol), labu siem, labu kuning, merupakan cara tradisional untuk meningkatkan suplai susu. Tidak hanya bergizi, sayuran ini juga mudah dicerna oleh usus. Sayuran berhijau daun seperti kacang-kacangan, bayam, dan asparagus juga merupakan sumber mineral, aneka vitamin, serta fitoestrogen, yang diyakini dapat  meningkatkan laktasi.
                • Adas:

                Studi telah menemukan bahwa biji adas dapat meningkatkan suplai susu. Beberapa dokter juga mengatakan bahwa, biji adas membantu mencegah kolik pada bayi. Adas kaya akan vitamin C, menyegarkan mulut dan  baik dan membantu pencernaan. Biji adas bisa ditambahkan ke sayuran, atau makanan penutup .

                Meskipun tidak ada penelitian ilmiah untuk mendukung makanan berikut, namun banyak ibu-ibu yang bersumpah dan mengatakan bahwa adas sangat membantu meningkatkan pasokan ASI.

                • Jinten Hitam :

                Biji jintan hitam banyak dikatakan dapat meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit, asam lambung, dan kembung. Jinten merupakan sumber zat besi  yang dapat membantu Ibu mendapatkan stamina setelah melahirkan. Walaupun belum ada penelitian uang mendukung, jinten hitam banyak dipercaya dapat meningkatkan ASI.

                • Biji wijen hitam :

                Biji wijen hitam merupakan sumber kalsium yang sangat baik, dan dipercaya dapat membantu meningkatkan jumlah susu ibu. Biji ini juga banyak mengandung nutrisi yang bermanfaat lainnya, seperti tembaga.

                • Kemangi :

                Kemangi adalah sumber vitamin K.  Selain dapat meningkatkan jumlah ASI, ia juga diyakini memiliki efek menenangkan, meningkatkan gerakan usus, dan mempromosikan nafsu makan yang sehat. kemangi bisa dimakan bersama sayuran, atau makanan pokok. Atau Anda juga bisa membuat minuman panas dengan merebus kemangi, dan minum air rebusan dengan ditambahkan madu.

                • Sayuran berwarna merah:

                Wortel, ubi jalar dan bit misalnya sangat tinggi mengandung beta  karoten, yang sangat bermanfaat untuk bayi jika Anda menyusuinya dengan ASI. Bit dan ubi jalar juga tinggi zat besi dan akan membantu meningkatkan fungsi hati.

                • Kacang-kacangan :

                Kacang Almond dan kacang mete adalah jenis kacang yang banyak dikatakan membantu meningkatkan air susu ibu. Selain itu, kacang-kacangan dikenal banyak mengandung kalsium dan senyawa asam lemak baik yang penting bagi otak bayi.

                • Daun katuk:

                Daun katuk sudah lama dikenal orang untuk meningkatkan ASI. Selain itu, daun katuk banyak mengandung vitamin A, C, B1, zat besi, kalium, protein, fosfor, sterol, alkaloid, dan asam seskuiterna. Jadi jangan ragu lagi untuk makan daun katuk, karena selain bergizi, sayuran ini juga bisa membuat ASI Ibu menjadi berlimpah dan berkualitas.

                • Pare atau pari:

                Walaupun rasanya sangat pahit, ternyata pare juga bagus untuk mengentalkan dan memperbanyak ASI. Selain itu, Pare juga mengandung vitamin K, likopen, fitokimia lutein, dan anti oksidan. Selain untuk kelancaran ASI, pare juga bagus untuk merangsang produksi insulin, menurunkan kadar gula di dalam darah, dan anti kanker. Namun jangan terlalu banyak makan pare, karena sayur pahit ini banyak dikatakan dapat menurunkan kadar gula darah.

                • Minyak zaitun:

                Minyak seperti minyak zaitun minyak biji rami dan minyak wijen adalah minyak sehat yang diyakini akan membantu ibu menyusui. Bila dikonsumsi dalam jumlah sedang, jenis minyak sehat ini bisa meningkatkan energi. Gunakan untuk memasak atau hanya di gerimiskan di atas salad Anda. 

                • Pepaya.

                  Buah ini tinggi mengandung vitamin A, C, kalium, dan asam folat. Tetesan air buah pepaya dicampur dengan madu sangat baik untuk ibu menyusui, hal ini agar tidak mudah capek, serta dapat meningkatkan jumlah ASI. Bunga pepaya juga baik dikonsumsi untuk meningkatkan nafsu makan Ibu.

                  • Bawang putih :

                    Bawang putih juga dikatakan dapat membantu meningkatkan pasokan ASI. Meskipun bawang putih bisa dimakan mentah, Anda mungkin hanya akan merasa lebih berselera jika digunakan sebagai bumbu.

                    • Oat:

                    Oat merupakan zat besi, kalsium dan serat, dan populer dikonsumsi oleh ibu menyusui. Hal ini umumnya dimakan sebagai bubur, dan Anda bisa memilih untuk menambahkan kacang-kacangan, susu , rempah-rempah, atau buah-buahan untuk meningkatkan nilai gizi.

                     

                    Tips agar ASI berlimpah :

                    Berikut ini adalah beberapa tips yang sangat mendukung kemudahan dalam hal menyusui bayi :

                    • Rileks dan hindarilah stres

                    Kebiasaan baru momong bayi mungkin bisa membuat Anda stres, karena Anda mungkin menemukan hal-hal yang terasa menyulitkan. Biasakanlah bersyukur atas karunia seorang anak yang sudah Tuhan berikan kepada Anda. Stres diketahui sangat mempengaruhi refleks mengeluarkan susu dan bahkan memproduksi susu, jadi ide yang baik demi bayi Anda adalah dengan mencoba untuk sering bersantai. Cobalah untuk mencari bantuan dalam mengatasi banyak pekerjaan di rumah, apakah itu dari anggota keluarga, memperkerjakan pembantu, dll. Selamat atas kelahiran Bayi Anda!

                    • Minum 10-12 gelas air

                    Tidak peduli apa yang sudah Anda makan, jika kurang cairan maka tubuh Anda tidak akan mampu menghasilkan ASI yang cukup. Cara yang baik adalah mengimbangi makanan sehat Anda dengan disertai meningkatkan asupan cairan Anda . Anda cukup dengan minum air mineral setiap kali Anda habis menyusui.

                    • Istirahat yang cukup

                    Jika Anda merasa terlalu lelah, maka tubuh Anda tidak akan memiliki energi untuk dapat memproduksi susu dengan baik. Jadi cobalah untuk mengejar ketinggalan dengan  istirahat dan tidur siang, jika pada malam harinya Anda kurang tidur.

                    • Hidup sehat

                    Jangan sampai Ibu kelaparan, atau makan makanan yang kurang bergizi. Pastikan Ibu  telah melaksanakan diet kehamilan yang sehat, dengan cukup makan-makanan bergizi. Selain itu, jauhi kebiasaan buruk yang tidak sehat. Usahakan selalu berada di lingkungan yang bersih dari polusi, dan selalu berada pada kawasan bebas asap rokok.

                    • Menyusui bayi secara teratur

                    Pada awal menyusui mungkin seperti terasa sulit, bahkan merasa kesakitan karena puting merasa sakit. Namun jika Anda menyerah dan menggantinya dengan susu formula, maka akan selamanya Anda tidak bisa memproduksi ASI dengan baik. Sebaliknya, jika Ibu selalu rajin menyusui, maka jumlah ASI pun otomatis akan meningkat. Jangan emosi apalagi stres saat menyusui ketika bayi rewel, karena hal itu tak baik dan dapat menghambat produksi ASI.

                     

                    baca Selengkapnya
                    16 results
                    • 1
                    • 2