Efektif Menyembuhkan Sinusitis Dengan Terapi Gurah

Image result for terapi gurah

Pernahkan Anda mendengar mengenai terapi gurah? Mungkin beberapa dari Anda mengetahui tentang terapi gurah untuk penyakit sinusitis. Gurah merupakan pengobatan tradisional untuk mengeluarkan lendir dari dalam tubuh dengan ramuan cairan srigunggu yang diteteskan melalui hidung. Gurah diyakini dapat mengobati penyakit sinus.

Menurut Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1076/Menkes/SK/VII/2003 tentang Penyelenggaraan Pengobatan Tradisional, gurah digolongkan dalam pengobatan tradisional ramuan. Gurah disejajarkan dengan jamu, tabib, shinshe, homoeopathyaromatherapist, dan pengobat tradisional lain yang menggunakan metode sejenis.

Sinusitis adalah keadaan yang diakibatkan karena peradangan pada bagian rongga hidung atau saluran hidung yang diakibatkan karena infeksi maupun karena penyakit lainnya. Sinusitis sering terjadi terutama pada orang-orang yang memiliki alergi jenis tertentu yang menyebabkan dirinya mudah terkena pilek atau iritasi akibat alergen yang datang dari lingkungan sekitar.

Cara Kerja Terapi Gurah

Gurah dipercaya dapat menyembuhkan penyakit sinusitis atau sinus. Seperti disebutkan di atas, bahan utama dalam pengobatan gurah adalah tanaman srigunggu atau senggugu. Tanaman berbunga yang bernama latin Clerodendrum serratum ini mengandung saponin. Saponin bekerja sebagai vasolidator, yaitu melebarkan pembuluh darah dan merangsang produksi lendir. Dengan kata lain, gurah dapat merangsang pembentukan lendir agar bisa dikeluarkan guna mengobati sinus.

Gurah biasanya dilakukan oleh praktisi gurah yang bisa juga disebut sebagai battra gurah. Ketika melakukan gurah, pasien diharuskan tidur telentang. Oleh battra gurah, ramuan srigunggu kemudian dimasukkan ke dalam hidung pasien. Ramuan didapat dengan mengeringkan akar pohon srigunggu. Akar tersebut kemudian digilas hingga keluar busa, dan disaring sampai diperoleh cairan yang jernih. Terakhir, cairan tersebut ditambahkan dengan air masak.

Setelah ramuan diteteskan ke hidung, pasien diminta untuk tidur tengkurap. Gunanya untuk mengeluarkan lendir yang dihasilkan dari mulut dan hidung. Ketika melakukan prosedur gurah, battra gurah biasanya ditemani oleh tukang pijat. Pasien dipijat agar merasa santai, sekaligus untuk mengurangi rasa sakit pada hidung selama prosedur gurah yang bisa memakan waktu hingga dua jam lamanya.

Efektif atau tidaknya gurah dalam mengobati sinus masih menjadi perdebatan. Kurangnya penelitian ilmiah terhadap pengobatan tradisional ini menjadi salah satu faktornya. Selain itu, belum juga ditemukan bukti apakah gurah aman atau tidak untuk dilakukan. Beberapa waktu lalu bahkan ada berita tentang meninggalnya satu orang pasien gurah.

 

Jelly Gamat Gold G

Jelly Gamat Gold G berkhasiat untuk Alergi Saluran Pernapasan (Bersin, Filek, Sinusitis, Asma)

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo