Terapi Bekam Untuk Kesehatan Tubuh

Terapi Bekam merupakan pengobatan yang dilakukan dengan cara mengeluarkan darah statis yang mengandung toksin dari dalam tubuh. Terapi bekam sendiri terdiri dari dua mekanisme pokok, yaitu proses pemvakuman kulit dan berlanjut dengan pengeluaran darah dari kulit yang telah divakumkan sebelumnya. Siapa sangka bahwa terapi bekam ini sebenarnya sudah ada sebagai praktek pengobatan penyakit sejak ribuan tahun yang lalu.

Manfaat bekam banyak dipilih oleh masyarakat untuk mengatasi penyakitnya. Penyakit yang banyak muncul dewasa ini umumnya disebabkan oleh penumpukan zat toksin dalam tubuh yang berasal dari kebisaan tidak sehat meliputi rokok, konsumsi makanan berlemak dan mengandung banyak pengawet, minuman beralkohol dan lainnya. Dengan mengeluarkan racun di dalam tubuh maka dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit berbahaya.

Terapi Bekam Ada 2 Jenis

Dalam terapi bekam dikenal dua jenis, bekam kering dan bekam basah. Manfaat bekam kering yaitu untuk melegakan sakit secara darurat. Bisa juga digunakan untuk meringankan nyeri urat-urat punggung karena sakit rematik dan nyeri punggung. Bekam kering baik bagi orang yang tidak tahan suntikan jarum dan takut melihat darah. Kulit yang dibekam akan tampak merah kehitam-hitaman selama 3 hari. Bekam kering dilakukan dengan menghisap permukaan kulit dan memijat daerah sekitarnya tanpa mengeluarkan darah kotor.

Sedangkan bekam basah dilakukan setelah melakukan bekam kering. Jadi setelah bekam kering, kita melukai permukaan kulit dengan jarum tajam, lalu disekitarnya dihisap dengan alat cupping set dan hand pump untuk mengeluarkan darah kotor dari dalam tubuh. Lamanya setiap hisapan 3 sampai 5 menit dan maksimal 9 menit. Lalu darah kotornya dibuang. penghisapan tidak lebih dari 7 kali. Darah kotor berupa darah merah pekat dan berbuih. Selama 3 jam setelah di bekam, kulit yang lebam itu tidak boleh disiram air.

Sekilas Sejarah Terapi Bekam

Apabila ditilik dari sejarahnya, terapi bekam sudah ada di zaman Yunani Kuno dan disebutkan dalam catatan medis Sanskerta. Bahkan terapi bekam juga digunakan oleh ilmuwan kedokteran Islam, yaitu Ibnu Sina yang tertulis dalam kitabnya Al-Qaanun. Bukan hanya itu saja, terapi bekam juga ada di zaman China Kuno, di mana seorang herbalis bernama Ge Hong (281-341M) menuliskan dalam bukunya bahwa terapi bekam dengan memakai tanduk hewan mampu mengeluarkan bisul.

Di masa Dinasti Tang, terapi bekam digunakan untuk mengobati TBC paru-paru. Meskipun hal tersebut berbeda dengan di Eropa. Yang mana, praktek bekam dilarang sejak akhir abad ke-19 karena dokter berpendapat bahwa pasien-pasien yang telah melakukan terapi bekam menjadi lebih lemah dan mudah terkena infeksi. Hal ini dikarenakan alat-alat yang digunakan tidak higienis sehingga semakin beresiko terkena infeksi.

Khasiat Terapi Bekam Bagi Kesehatan

  1. Menyembuhkan Hipertensi.

    Manfaat terapi bekam pada bagian kepala yakni salah satunya bisa menyembuhkan tekanan darah tinggi. Darah kotor yang keluar saat bekam membuat peredaran darah kembali normal sehingga secara langsung akan berpengaruh juga terhadap tekanan darah seseorang.

  2. Menstimulasi Pembentukan Darah Baru.

    Ketika darah kotor habis terisap keluar tubuh melalui terapi bekam maka tubuh akan membentuk darah baru yang lebih sehat. Kadar kolesterol dan asam urat dalam darah secara perlahan akan berkurang, itu artinya resiko terkena penyakit akibat pengaruh kolesterol dapat dicegah seperti serangan jantung dan penyakit stroke.

  3. Mencegah Penyakit Jantung.

    Manfaat bekam untuk jantung adalah membantu merawat kesehatan jantung Anda dengan baik. Pengobatan bekam bisa menjadi pengobatan alternatif untuk merawat kesehatan jantung Anda, khususnya yang memiliki riwayat keluarga penyakit jantung.

  4. Mengobati Alergi Kulit.

    Penyakit alergi kulit umumnya disebabkan oleh menumpuknya zat-zat yang tidak dapat dikeluarkan melalui sistem pengeluaran biasa. Jadi dengan menggunakan terapi bekam dapat mengeluarkan darah yang banyak mengandung zat toksin keluar dari tubuh sehingga keluhan terhadap kulit yang disebabkan alergi dapat berkurang atau bahkan hilang.

  5. Melancarkan Peredaran Darah.

    Metode terapi bekam berguna untuk melancarkan peredaran darah karena dapat membuang darah kotor atau darah yang terkontaminasi dengan zat berbahaya dan racun.

  6. Mengurangi Peradangan Pada Kulit.

    Apabila dilakukan secara rutin, metode terapi bekam bisa mengurangi peradangan pada kulit dan membuat kulit menjadi lebih terlihat bersinar dan lebih sehat.

  7. Meregenerasi Sel Kulit.

    Jika metode terapi bekam dilakukan pada bagian wajah yang berfungsi untuk membantu proses regenerasi sel kulit, menghilangkan sel kulit mati,menghilangkan jerawat, dapat membuat wajah lebih segar dan terlihat awet muda.

  8. Mengembalikan Kebugaran Tubuh.

    Metode terapi bekam berguna untuk menghilangkan rasa lelah setelah seharian beraktivitas dan berguna juga untuk mengatasi masuk angin. Darah - darah kotor yang dikeluarkan dapat membuat tubuh menjadi lebih ringan, sehat, segar, dan lebih bugar.

Meskipun sekilas terlihat metode terapi bekam mengerikan untuk dilakukan, tapi sebenarnya tidak terlalu sakit melakukannya. Sensasi yang dirasakan ketika kulit terhisap oleh kop bekam akan terasa nyeri. Tapi hal tersebut sebanding dengan manfaat yang didapatkan.

 

Alat Bekam Kang Zhu B1X12

Alat Bekam merek Alat Bekam Kang Zhu B1X12. Produk berkwalitas dan original dari Kangzhu, China. Sangat cocok untuk penggunaan terapi bekam. Bahannya mudah dibersihkan dan juga tahan lama pemakaiannya.

Kami melayani orderan grosir dan eceran. Untuk pemesanan silahkan hubungi : 081393930088

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo