Teratai-Tanaman Air Dengan Manfaat Yang Besar

Image result for teratai

Teratai (Nelumbium nelumbo Druce) merupakan bunga yang unik, pasalnya bunga ini mampu hidup dan bertahan di atas air. Berbeda halnya dengan tanaman dan tumbuhan lain yang hidupnya di atas tanah, teratai justru tumbuh subur di atas air. Kita akan mudan menemukan bunga teratai di atas kolam ikan atau di sungai yang airnya tenang.

Selama ini banyak orang yang tidak tahu manfaat dan khasiat dari bunga teratai, terutama khasiat bunga teratai untuk kesehatan. Orang hanya tahu, jika bunga teratai hanya berguna untuk memberi makanan pada ikan yang ada di kolam.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Bunga teratai mengandung quercetin, luteolin, isoquercitrin, dan kaempferol. Sementara itu, benang sarinya mengandung quercetin, luteolin, isoquercitrin, galuteolin, dan alkaloid. Bijinya kaya akan pati, rafinose, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, dan besi. Senyawa nuciferine, oxoushinesunine, dan N-norarmepavine terdapat pada kulit biji. Adapun rimpang teratai mengandung pati, protein, asparagin, vitamin C, catechol, d-galacatechol, neochlorogenic acid, leucocyanidin, leucodelphinidin, dan peroksidase.

Akar tanaman anggota famili Nymphaeaceae ini berkhasiat hemostatik, sedatif (penenang), dan pencair darah beku. Selain itu, khasiat lainnya untuk menjaga kondisi jantung, ginjal, dan penguat limpa (biji), penghilang panas dalam, penurun panas, hemostatik, dan pencegah terjadinya ejakulasi dini (tunas biji). Kulit biji berkhasiat sebagai hemostatik dan penghilang panas dalam di lambung serta di usus. Batang teratai berguna sebagai antipiretik dan diuretik. Benang sari untuk penghilang panas di jantung, penguat fungsi ginjal, penahan ejakulasi dini, dan hemostatik. Receptacle (penyangga bunga) berguna sebagai pencair darah beku. Daun berguna untuk pembersih panas dan lembab serta hemostatik, sedangkan dasar daun untuk penurun panas (antipiretik), penguat kehamilan, dan menormalkan haid. Rimpang dimakan mentah berguna untuk menurunkan panas, mendinginkan darah yang panas, dan menghancurkan darah beku. Bila rimpang dimasak menguatkan limpa, menambah selera makan, penambah darah, membantu pertumbuhan otot, dan menyembuhkan diare.

Bagian Yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Seluruh tanaman, baik segar atau kering bermanfaat sebagai obat untuk mengatasi berbagai penyakit.

  1. Batuk Darah dan Muntah Darah.

    Cuci bersih rimpang teratai secukupnya, lalu buat jus dengan 1 gelas (200cc). Minum jus selama 3-5 hari berturut-turut.

  2. Muntah dan Diare.

    Cuci bersih 50gr rimpang teratai segar dan 15gr jahe, lalu buat jus dengan setengah gelas air. Minum jus sekaligus. Lakukan pengobatan sehari 3 kali dengan dosis yang sama.

  3. Pencegah Penuaan Pada Kulit.

    Cuci bersih 30gr biji teratai (lien ce) dan 15gr bunga teratai, dan 50gr akar rimpang teratai, lalu potong kecil-kecil. Tambahkan 25gr beras merah, lalu rebus dengan air secukupnya sampai menjadi bubur. Konsumsi ramuan secara rutin.

  4. Mengobati Tifus.

    Cuci bersih 100gr rimpang dan 30gr sambiloto, dan 200gr pepaya setengah matang, lalu potong kecil-kecil. Rebus bahan hingga matang. Minum air rebusan bersama 1 sendok makan madu. Sementara teratai dan pepaya juga dimakan.

  5. Panas Dalam, Gondongan, Sakit Jantung, dan Lever.

    Cuci bersih 100gr rimpang teratai dan 50gr akar alang-alang, lalu potong kecil-kecil. Rebus bahan dengan 500 cc air bersih sampai tersisa 250 cc. Setelah dingin, saring ramuan. Minum ramuan seperti teh.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo