Tetap Sehat di Usia Lanjut

Gambar terkait

Memiliki tubuh sehat di usia tua adalah dambaan semua orang. Cara melakukannya adalah menjaga gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat adalah faktor utama kesehatan tubuh. Dengan gaya hidup sehat, seorang lansia dapat melakukan aktivitas sehari hari tanpa perlu mengonsumsi aspirin dan obat-obatan lainnya sebagai pengurang stres atau sakit kepala. Berikut ini adalah tips gaya hidup sehat yang dapat anda terapkan:

  1. Pola makan sederhana

Gaya hidup yang paling utama adalah pola makan. Makanan yang disarankan dikonsumsi oleh lansia adalah sayuran, gandum, buah-buahan yang tidak memicu asam lambung seperti jeruk manis danpepaya. Hindari makanan yang berkolestrol tinggi.

  1. Olahraga ringan

Olahraga ringan dapat membantu lansia agar tetap bugar seperti jalan kaki.

  1. Jangan mengosumsi makanan berlemak

Sedikit saja makanan berlemak yang masuk pada tubuh lansia mengakibatkan gejala yang serius seperti kolestrol naik, pusing, risiko jantung, dan mual.

  1. Minumlah susu untuk tulang keropos (osteoporosis)

Banyak produk yang menawarkan susu untuk mencegah osteoporosis. Namun hal yang penting diperhatikan adalah tidak semua produk susu cocok untuk  anda. Anda dapat meminta saran kepada konsultan gizi yang akan melakukan pengecekan muali dari riwayat penyakit anda hingga kesehatan lainnya yang menentukan susu apakah yang cocok untuk anda.

  1. Mempertahankan berat badan ideal

Pada usia lanjut, tidak diperkenankan mengurangi ataupun menambah jumlah asupan makanan. Makanlah sewajarnya agar terhindar dari risiko obesitas. Karena obesitas yang berlebihan dapat menjadi penyebab diabetes. Bila ingin melakukan diet, ahrus dengan pengawasan dokter agar tidak menimbulkan penyakit baru.

  1. Sebisa mungkin kurangi asupan garam

Garam yang dikonsumsi pada usia lanjut dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Sebaiknya garam yang dikonsumsi 3-4 gram sehari.

  1. Berhenti merokok

Kebiasaan merokok mengakibatkan usaha anda untuk menerapkan gaya hidup sehat sia-sia. Daya tahan paru-paru dan jantung yang tidak seperti dulu membuat risiko perokok usia lanjtu lebih besar karena kekuatan jantung untuk memompa racun rokok keluar dari dalam tubuh sudah melemah.

  1. Hindari makanan bersantan

Santan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Sehingga tidak baik dikonsumsi oleh lansia.

  1. Hindari stres

Stres sangat rawan bagi lansia karena stres yang berlebihan bisa mengakibatkan darah tinggi dan sangat fatal akibatnya.

Karyawan baru Istana