Tips Bagi Yang Susah Tidur

Dengan tidur yang cukup, kita dapat menyegarkan pikiran dan mengembalikan kesegaran tubuh yang terkuras setelah seharian beraktivitas. Karena hampir seluruh  organ tubuh akan beristirahat ketika tidur. Namun banyak orang yang mengalami ganguan dalam tidurnya seperti susah tidur di malam hari. kondisi ini akan semakin buruk jika tidak segera ditangani.

Penyebab sulit tidur sendiri bervariasi. Mulai dari shif kerja yang berubah yang berdampak pada  berubahnya pola tidur, tekanan pikiran, stres, cuaca yang terlalu panas atau dingin, kondisi medis tertentu, khawatir dan cemas berlebihan, serta gaya hidup yang salah.

 Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mengatasi penyakit susah tidur:

  1. Olahraga

Berolahraga secara teratur meski tidak terlalu lama bisa memberikan dampak positif bagi tubuh kita. Olahraga seperti yoga dapat pula membantu memulihkan kondisi psikologis kita sehingga dapt mengurangi tekanan pikiran yang menyebabkan sulit tidur.

  1. Tempat tidur nyaman

Kenyamanan tempat tidur dapat mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Buatlah tempat tidur anda senyaman mungkin dan perbaiki posisi tidur anda. Bersihkan kamar tidur dari barang barang yang berserakan yang dapat mengganggu kenyamanan tidur anda. Bila perlu tambahkan pengharum ruangan guna menambah rasa nyaman di tempat tidur anda.

  1. Jangan minum kopi

Kafein yang terkandung di dalam kopi akan membuat kita tetap terjaga selama beberapa jam dan dapat membuat kita sulit tidur. Hindari minum kopi di sore dan malam hari agar anda dapat tidur nyenyak di malam hari.

  1. Mandi sebelum tidur

Kondisi tubuh yang panas dan keringat dapat mengganggu kenyamanan tidur anda. Mandilah di sore hari setelah melakukan aktivitas. Jika anda pulang kerja larut malam, mandilah dengan air hangat agar tubuh tidak sakit. Mandi sebelum tidur bisa membuat tubuh anda kembali segar setelah seharian beraktivitas serta membuat pikiran anda nyaman dan rileks menjelang tidur.

  1. Mempersiapkan diri untuk tidur

Persiapan sebelum tidur perlu dilakukan agar anda dapat bersantai sejenak sebelum tidur. Jangan menunggu terlalu lelah untuk dapat tertidur. Lakukan aktivitas rutin sebelum tidur seperti mengganti pakaian, gosok gigi, mencuci muka, tangan, serta kaki sebelum tidur.  Bisa juga matikan lampu kamar sebelum tidur. Suasana ruangan tenang dan gelap akan membuat mata lebih mudah terpejam dan cepat mengantuk.

  1. Minum susu hangat

Segelas susu hangat sebelum tidur akan membuat anda cepat tertidur, karena susu memiliki efek relaksasi pada tubuh dan pikiran. Susu adalah sumber kalsium yang baik, yang membantu mengatur produksi melatonin. Melatonin adalah hormon yang mengontrol tidur. Juga, kalsium susu membantu memerangi stres. Sebaiknya minum susu satu jam sebelum tidur.

  1. Makanlah pisang

Pisang merupakan obat tidur alami karena mengandung asam amino yang disebut triptofan yang membantu meningkatkan kadar serotonin. Serotonin adalah sejenis hormon yang membantu mengatur pola tidur. Selain itu, pisang mengandung relaksan otot alami, magnesium, dan potasium, yang membantu mempermudah tidur. Plus, karbohidrat dalam pisang membuat orang cepat mengantuk. Makan satu pisang satu jam sebelum tidur setiap malam.

Demikian tip yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah insomnia atau susah tidur yang dapat diterapkan dalam keseharian.Tidak perlu menggunakan obat-obatan. Cukup dengan cara alami di atas, menerapkan pola hidup sehat dan pikiran rileks.

Karyawan baru Istana