Tips Mengetahui Makanan Berformalin

Image result for makanan berformalin

Dengan tujuan agar lebih awet, beberapa orang senagaja menggunakan formalin dalam aneka makanan. Kenyataannya itu pernah terungkap, dan sempat membuat ramai banyak orang. Konon, penggunaan formalin dalam makanan telah dilarang, karena dapat memicu masalah kesehatan, khususnya dalam jangka panjang. Namun bukan berarti sekarang tidak ada lagi makanan yang mengandung formalin.

Bagaimanapun segala, hal yang tidak alami bisa membuat gangguan dalam tubuh kita, dan memicu masalah kesehatan. Formalin termasuk zat yang tidak alami. Ketika zat itu bercampur dengan makanan yang kita makan, tubuh kita bisa bermasalah dalam jangka waktu panjang, yang salah satunya adalah kanker.

Berikut ini beberapa tips mengenali makanan-makanan yang bisa jadi mengandung formalin, agar kita lebih berhati-hati. Tips berikut hanya terbatas pada lima makanan yang diketahui paling sering disusupi formalin, dengan tujuan mengawetkan.

Ikan

Ikan yang mengandung formalin biasanya tidak mengundang kawanan lalat untuk mendekat. Jika diraba, tekstur dagingnya lebih kaku, insang tidak berwarna merah segar, sementara bau amir yang keluar khas formalin. Dagingnya kenyal namun sedikit keras, berwarna putih pucat, dan memiliki serat yang kencang.

Ayam Potong

Daging ayam yang mengandung formalin umumnya berwarna putih bersih, aromanya menyengat khas formalin, dan memiliki tekstur daging yang cenderung keras.

Tahu

Berbeda dengan tahu yang alami, tahu yang berformalin memiliki tekstur yang sangat halus serta tidak mudah hancur, sedikit kenyal, namun aroma kedelainya tidak begitu terasa.

Tempe

Tempe yang bagus adalah tempe yang memiliki aroma yang segar khas kacang kedelai, terasa padat jika ditekan, dan memiliki permukaan yang putih diselimuti jamur. Jika tempe yang akan anda beli tidak memiliki ciri-ciri seperti itu, bisa jadi mengandung formalin.

Mie Basah

Mie basang yang mengandung formalin memiliki aroma sangat menyengat. Mie tampak mengkilap seperti dilumuri minyak, teksturnya sangat kenyal, dan tidak mudah lengket.

Beberapa contoh makanan diatas adalah makanan-makanan yang sering disusupi formalin. Kenali jenis makanan yang Anda beli itu berformalin atau tidak. Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda yang membacanya.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo