Cara Mencegah Timbulnya Varises

Hasil gambar untuk Cara Mencegah Timbulnya Varises

Varises adalah suatu kondisi bagian tubuh (umumnya pada betis kaki), yang diakibatkan oleh pembuluh darah vena yang melebar dan berbelok belok, sehingga terlihat menonjol di permukaan kulit.Jika Anda melihat tonjolan-tonjolan yang memenuhi bagian belakang betis seperti akar, tonjolan-tonjolan itu adalah pembuluh darah vena yang disebut varises.

Akibat dari varises kebanyakan akan membuat tidak pede para wanita, terutama yang gemar memakai rok atau pakaian yang sejenisnya.Gangguan kesehatan akibat dari varises adalah kaki cepat pegal, rasa nyeri dan bahkan gatal-gatal.

Dan parahnya lagi, varises lebih mudah diderita oleh kaum hawa karena memiliki jaringan kulit yang lebih lunak daripada Pria.Selain itu pada wanita juga lebih sering terjadi gangguan hormonal saat mengalami pubertas atau kehamilan.Faktor keturunan juga bisa menjadi kemungkinan menderita varises.

Sayangnya tidak ada cara yang pasti untuk mencegah varises ini agar tidak terjadi pada kaki Anda, namun Anda bisa memperkecil kemungkinannya dengan melakukan beberapa hal dalam keseharian Anda. Mencegah lebih baik daripada mengobati, karena penyembuhan varises termasuk sulit, bahkan bisa memerlukan pembedahan atau laser.

Berikut Beberapa Cara Untuk Mencegah Timbulnya Varises

  • Olahraga Teratur.

    Berjalan kaki dan jogging akan meningkatkan sirkulasi pada kaki, dan sirkulasi darah yang tepat bisa membantu mencegah perkembangan dan memburuknya varises. Olahraga secara keseluruhan juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi , serta memperkuat seluruh sistem peredaran darah Anda.

  • Hindari Berdiri Terlalu Lama.

    Berdiri menetap dalam jangka waktu yang lama akan meningkatkan tekanan pada pembuluh vena di kaki. Seiring dengan berjalannya waktu, tekanan ini pada akhirnya melemahkan dinding pembuluh darah. Jika berdiri tidak bisa dihindari pada pekerjaan Anda, kurangi dengan jalan menggeser posisi berdiri sesering mungkin, dan cobalah untuk berjalan-jalan setidaknya setiap 30 menit sekali.

  • Duduk Dengan Cara Yang Benar.

    Duduklah yang tegak, dan jangan menyilangkan kaki Anda. Postur duduk yang baik akan meningkatkan sirkulasi, sedangkan duduk bersila akan membatasi aliran darah menuju dan dari kaki.

  • Istirahatkan Kaki.

    Terutama jika Anda harus berdiri untuk waktu yang lama, luangkan waktu sejenak untuk kaki Anda bersantai, dan tiingkatkan sirkulasi darah dengan cara menyelonjorkan kaki selama beberapa menit setiap hari ketika beristirahat.  Anda juga bisa mencoba menggunakan tabel inversi atau mengangkat kaki Anda ditempat tidur, sehingga posisi kaki Anda sedikit lebih tinggi dari kepala Anda ketika Anda tidur.

  • Kenakan Kaki Yang Nyaman.

    Untuk meningkatkan sirkulasi darah ke tubuh bagian bawah, maka hindarilah sering mengenakan pakaian ketat pada kaki dan pinggang. Gunakan pakaian yang longgar yang nyaman, dan kurangi waktu mengenakan sepatu hak tinggi.

  • Memakai Kaos/Sarung Kaki Kompresi.

    Jika Anda sudah mendapatkan varises, maka usahakanlah secara teratur untuk menggunakan kaus kaki kompresi (semacam stoking untuk kaki). Alat ini bisa dibeli di toko alat kesehatan atau apotek, yang tersedia dalam berbagai ukuran penekanan yang berbeda. Periksa ke dokter atau apoteker sebelumnya untuk memastikan Anda mendapatkan selang dengan tekanan yang tepat. Jika Anda terbang, tanyakan selang kompresi kepada dokter, untuk membantu mengurangi ketegangan pada kaki Anda dan bisa membantu untuk mencegah memburuknya varises yang ada.

  • Berhenti Merokok.

    Merokok berpotensi terhadap segudang masalah kesehatan, dan perlu diingat bahwa tekanan darah tinggi yang berhubungan dengan merokok juga bisa menyebabkan varises.

  • Hindari Pemakaian Heels Terlalu Sering.

    Posisi tumit yang rendah ataupun sejajar akan memaksimalkan fungsi otot pada betis untuk bekerja. Tetapi, jika tiap harinya Anda dituntut untuk mengenakan heels, alangkah baiknya melakukan peregangan kaki saat jam-jam istirahat, hitung-hitung melancarkan sirkulasi darah pada kaki.

  • Tinggikan Kaki.

    Angkatlah kaki ketika santai selama beberapa saat guna mengurangi gaya grafitasi pada vena kaki dan mencegah terjadinya hambatan sirkulasi darah.

Cara-cara di atas dapat mencegah dan mengurangi kerentanan pembuluh darah vena pada kaki mengalami peregangan yang akhirnya berpotensi menimbulkan varises. Semoga bermanfaat dan berhasil untuk mencegah penyakit varises yang bias saja terjadi pada Anda.

 

Sum Cream

Sun cream terbuat dari bahan-bahan alami dan aman, yang memberikan sensasi segar dan tidak menggunakan alcohol, sehingga tidak memberikan efek dingin dan tidak lengket seperti balsem biasa. Sumcream Sumbawa Oil Memperbaiki Jaringan Syaraf /Otot dan meresap sampai tulang.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayanan Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

  • Mengenal Osteoartahunritis (Rematik)

    Osteoartahuntis atau yang lebih sering dikenal rematik biasanya menyerang orang yang berusia 40 tahun keatas. Namun t...

  • Penyebab Osteoporosis

    Osteoporosis merupakan suatu jenis gangguan penyakit yang biasa menyeran organ tulang yang menyebabkan organ tersebut...

  • Obat Herbal Nyeri Sendi

      Masyarakat sering keliru menganggap nyeri sendi  disebabkan oleh asam urat dan rematik. Kedua penyakit ini memang d...

online istana solo