Inilah Penyebab Kaki Sering Kram dan Cara Menanganinya

Image result for Kaki Sering Kram

Kram kaki disebabkan karena otot yang mengalami spasme. Kram bisa terjadi kapan saja, bisa pagi hari ataupun malam hari. Kram tidak hanya terjadi pada kaki, namun juga bisa pada bagian tubuh lainnya. Kaki yang mengalami kram biasanya dirasakan sebagai sensasi rasa nyeri, ataupun otot kaki yang mendadak keras , tegang dan kaku. 

Kram otot, baik yang terjadi pada area kaki atau area lainnya, merupakan kontraksi atau menegangnya otot dengan kuat dan secara tiba-tiba. Kram bisa berlangsung selama beberapa detik hingga beberapa menit dan sering kali terjadi pada kaki. Kram kaki di malam hari sering kali mengenai otot betis. Kondisi ini sering terjadi ketika Anda baru saja tertidur atau baru terbangun.

Kram ini bisa terjadi karena beberapa hal dan menegangnya otot kaki ini perlu menjadi perhatian sebab hal ini dapat menjadi tanda bahwa Anda tengah mengalami penyakit serius. Ada sejumlah penyebab kram yang bisa terjadi pada kaki kiri maupun kaki kanan atau justru keduanya.

Penyebab Kaki Sering Kram

Berikut ini berbagai penyebab dan faktor kaki sering kram, diantaranya adalah:

  • Saraf Mendapat Tekanan.

    Apabila bagian tulang belakang, khususnya saraf, terkena tekanan sehingga hal ini akan memicu kram di bagian kaki sehingga ketika Anda terus memakainya berjalan, kondisi kaki akan memburuk. Jika Anda mengalami keadaan seperti ini, nyeri dapat teringankan apabila Anda mencoba untuk berjalan dengan posisi tubuh agak maju dan membungkuk.

  • Kurangnya Asupan Mineral.

    Magnesium, kalsium dan kalium adalah serangkaian mineral yang Anda perlu penuhi untuk tubuh. Mineral adalah salah satu yang paling penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Jika tak terpenuhi atau kekurangan asupan jenis mineral tersebut, kaki kram adalah akibatnya.

  • Tidak Memadainya Suplai Darah.

    Apabila kurang memadainya suplai darah terjadi, maka kram kaki akan dapat Anda alami, entah itu bagian kiri atau kanan terutama saat berolahraga. Ini dikarenakan aliran darah ke bagian kaki tidak lancar di mana pemicu utamanya adalah penyempitan arteri. Setelah Anda berhenti berolahraga, biasanya kram pun akan memudar sehingga ini artinya kram tidak akan terjadi secara terus-menerus.

  • Cedera.

    Otot yang Anda gunakan secara berlebihan tanpa memberikan waktu istirahat yang cukup maka akan membuatnya cedera. Saat cedera, otot kaki akan mudah kram dan menegang entah terlalu lama duduk, ketika tidur dengan posisi yang tak nyaman, atau bahkan selama berdiri di atas permukaan yang keras. Cedera juga merupakan salah satu efek daribahaya olahraga yang berlebihan.

  • Efek Samping Obat Tertentu.

    Mengonsumsi obat-obatan tertentu bisa memicu berbagai kondisi berbahaya yang mungkin Anda tak menyangka sebelumnya. Kram juga bisa dipicu oleh konsumsi obat-obatan seperti steroid, statin, diuretik, obat antisikotik serta pil kontrasepsi di mana kram adalah efek sampingnya.

  • Dehidrasi.

    Kurang minum air putih sementara Anda terus bergerak aktif dan mengeluarkan keringat akan membuat tubuh mudah kehilangan cairan banyak. Kram adalah salah satu efek dari dehidrasi, maka sangat penting memberikan tubuh asupan cairan yang cukup.

  • Terpapar Suhu Dingin.

    Khususnya air dingin. Kram pada kaki bisa juga dikarenakan terpapar air dingin. Mandi terlalu malam dengan menggunakan air dingin di mana suhu udara lebih dingin juga dapat mendukung munculnya kram. Sehabis kehujanan dan juga mandi air dingin bisa meningkatkan risiko kram kaki lebih tinggi.

  • Jarang Bergerak/Berolahraga.

    Gampang terkena kram juga bisa dikarenakan tubuh yang sangat jarang dibuat bergerak. Apabila Anda hampir tidak pernah berolahraga, otomatis otot-otot pun menjadi kaku dan bahkan bisa lebih mudah mengalami kontraksi sedikitnya Anda bergerak.

  • Penuaan.

    Ketika usia seseorang bertambah dan semakin menua, otomatis akan berkuranglah massa otot pada tubuh sehingga tak heran bila akhirnya otot akan gampang tertekan dan menjadi lemah. Otot pun akhirnya lebih rentan mengalami kram di bagian kaki. Itulah mengapa sangat penting untuk memenuhi setiap nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

  • Hormon.

    Kaki yang kram juga bisa dipicu oleh adanya gangguan tingkat hormon yang didahului oleh terjadinya pembengkakan. Inilah yang kemudian memicu adanya saraf yang mengalami tekanan baru setelah itu menyebabkan asam laktat menumpuk serta oksigenasi memburuk dan kram pun sangat gampang terpicu.

Cara Menanganinya

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menangani kram.

  1. Hentikan aktivitas dan lemaskan otot. Gerakkan kaki dengan berjalan perlahan-lahan. Hal ini bertujuan mengirimkan sinyal di dalam tubuh bahwa otot Anda butuh berkontraksi kemudian relaksasi.
  2. Pijat pada bagian otot yang menegang.
  3. Kompres dengan air panas atau mandi dengan air panas. Namun, cara ini tidak dianjurkan bagi mereka yang mengidap diabetes, cedera saraf tulang belakang, atau kondisi lainnya yang tidak memungkinkan Anda merasakan suhu panas.
  4. Minum air putih atau minuman yang mengandung elektrolit secukupnya untuk menghidrasi tubuh. Cara ini mungkin membutuhkan waktu yang relatif lebih lama. Namun, hal ini bisa mencegah terjadi kram berikutnya.
  5. Ganjal ujung kaki dengan bantal saat tidur untuk mencegah kram.
  6. Konsumsi makanan kaya magnesium seperti kacang-kacangan dan biji-bijian bila Anda sering mengalami kram kaki yang tidak terkait dengan kondisi kesehatan lainnya. Namun, untuk ibu hamil dianjurkan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu bila ingin mengonsumsi suplemen magnesium.
  7. Gunakan obat-obatan pereda sakit, seperti ibuprofen atau gel penghilang nyeri sesuai petunjuk penggunaan.

Untuk mencegah kram datang lagi, cobalah untuk rutin melakukan pijatan pada bagian tubuh yang sering kram, melakukan pemanasan sebelum berolahraga, cukupi kebutuhan air putih, dan mineral seperti kalsium, magnesium, dan lainnya. Selain itu, pakailah alas kaki yang layak dan nyaman untuk otot kaki. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba sendiri saat terserang kram kaki.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo