Manfaat Tumbuhan Turi Untuk Tubuh

Image result for turi

Pohon turi memiliki nama latin Sesbania Grandiflora. Bunga Turi memiliki 3 warna, yaitu: merah, putih, dan merah-putih atau gabungan keduanya. Sejak dulu, tanaman Turi dikenal sebagai tanaman obat herbal yang amat berkhasiat.

Kembang Turi dikenal pula sebagai sayuran untuk masak. Biasanya ditemukan dalam olahan urap atau pecel. Kembang Turi memiliki rasa yang lezat. Khasiatnya pun luar biasa karena mengandung Etanol yang dipercaya dapat mempercepat penyembuhan luka. Kembang ini juga bagus untuk obat sariawan dan kumur. Tinggal diremas-remas saja, kemudian dicelupkan ke dalam air. Lalu hasil rebusannya bisa untuk kumur-kumur. Bisa pula remasan bunga turi ditempelkan ke sariawannya.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Kulit batang turi mengandung tanin, egatin, zantoagetin, basorin, resin, kalsium oksalat, sulfur, peroksida, zat warna. Saponin, tanin, glikosida, peroksidae, vitamin A, dan vitamin B terdapat pada daun. Sementara itu, bunganya kaya akan kalsium, zat besi, gula, vitamin A, dan vitamin B. bunga anggota famili Papiliaonaceae itu berguna sebagai pelembut kulit, pencahar, dan penyejuk. Khasiat kulit batang mengurangi rasa sakit (analgetik), penurun panas (antipiretik), pencahar, pengelat (astringen), perangasang muntah, tonik. Sementara daun berfaedah untuk mencairkan gumpalan darah, menghilangkan sakit, pencahar ringan, dan peluruh kencing (diuretik).

Bagian Yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Daun, kulit batang, akar dan bunga untuk mengatasi berbagai penyakit berikut ini.

  • Demam Nifas Setelah Melahirkan.

    Cuci bersih 1/3 genggam daun turi segar, lalu tumbuk halus. Seduh bahan dengan 3/4 cangkir air panas dan tambahkan sedikit garam. Dinginkan, lalu saring air rebusan. Minum ramuan sekaligus.

  • Disentri dan Berak Darah.

    Cuci bersih kulit batang pohon turi yang bunganya merah sebesar ibu jari. Rebus kulit batang tersebut dalam 2 gelas air hingga airnya tersisa 1 gelas. Dinginkan, lalu saring ramuan. Minum ramuan sekaligus dan lakukan sehari 2 kali dengan dosis yang sama.

  • Mengatasi Keputihan.

    Cuci bersih segenggam daun turi putih dan kunyit sebesar ibu jari, lalu giling halus. Seduh hasil gilingan dengan 3/4 cangkir air panas, lalu peras. Saring ramuan, lalu minum sehari 2 kali dengan dosis yang sama.

  • Kuku Jari Bengkak Karena Terpukul atau Terantuk.

    Cuci bersih daun secukupnya, lalu tumbuk halus. Tambahkan sedikit air ke dalam hasil tumbukan, lalu tumbuk hingga menjadi adonan. Balurkan ramuan di atas kuku yang sakit dan kulit sekitarnya, lalu balut dengan kain. Lakukan pengobatan sehari 3 kali dengan cara yang sama agar darah yang membeku di abwah kuku menghilang.

  • Hidung Berlendir dan Sakit Kepala.

    Cuci bersih segenggam daun turi merah. Setengah dingin, saring ramuan. Gunakan air ramuan. Gunakan air ramuan untuk kumur-kumur. Lakukan pengobatan 4 kali sehari.

Itulah beberapa manfaat dari tumbuhan turi yang bisa dirasakan. Tumbuhan yang memiliki bunga khas ini memang sudah dikenal bisa dikonsumsi untuk bahan sayuran sehari-hari dan manfaat yang bisa diperoleh apabila dijadikan obat tradisional. 

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo