Kandungan Nutrisi dan Manfaat Udang Bagi Tubuh

Image result for udang

Udang merupakan salah satu makanan laut yang cukup digemari di Indonesia. Dengan wilayah geografis Indonesia yang sebagian besar adalah lautan, tidak sulit untuk mendapatkan udang sebagai bahan makanan. Selain dikonsumsi dengan cara dimasak, udang juga diolah menjadi bahan lain seperti terasi atau kerupuk udang.

Udang juga bisa hidup di air sungai, seperti halnya dengan ikan, udang juga adalah salah satu primadona bagi masyarakat Indonesia, sebab udang merupakan hasil perairan yang dapat dibilang terbesar setelah ikan. Secara garisbesar udang memang mempunyai harga agak lebih mahal dari beberapa jenis ikan, hal ini menimbulkan jumlah konsumsi udang lebih sedikit ketimbang ikan. 

Dalam mengkonsumsi udang, harus di waspadai karena untuk sebagian orang  udang bisa menyebabkan alergi. Dan di tinjau dari nilai gizinya udang gak kalah loh di banding ikan. Namun tahukah Anda apa saja kandungan nutrisi dan zat gizi yang terdapat pada udang. Lalu apa saja manfaatnya bagi kesehatan? Mari baca artikel ini sampai selesai yaa.

Kandungan Nutrisi Udang

  1. Sumber Vitamin.

    Berbagai vitamin baik jenis larut air dan lemak juga sangat tinggi pada udang sehingga sangat baik dikonsumsi. Kandungannya yang tertinggi berturut-turut sesuai dengan persentase kebutuhan harian (daily value) adalahvitamin D (38%), vitamin B12 (19%), Niacin (13%), vitamin E (5%), vitamin B6 (5%), vitamin A (4%), vitamin C (3%), dan lain-lain.

  2. Sumber Mineral.

    Udang juga mengandung berbagai mineral yang penting bagi tubuh. Mineral selenium dalam 100 gr udang segar cukup untuk memenuhi 54% kebutuhan harian, disusul fosfor (20%),zat besi dan tembaga (masing-masing 13%), magnesium (9%), zinc (7%), sodium (6%), potassium dan kalsium (masing-masing 5%), serta berbagai mineral penting lainnya yang dibutuhkan tubuh.Seperti yang sudah diketahui, mineral dari bahan makanan laut lebih mudah diserap tubuh dibandingkan yang berasal dari kacang-kacangan dan serealia.

  3. Sumber Protein.

    Kandungan protein udang dikategorikan sebagai “complete protein” karena kadar asam amino yang tinggi, berprofil lengkap, dan sekitar 85-95 persen proteinnya mudah dicerna tubuh. 100 gr udang mentah mengandung 20,3 gr protein atau cukup untuk memenuhi kebutuhan protein harian sebanyak 41 %.

  4. Asam Amino.

    Profil asam amino udang (per 100 gr) berturut-turut yang termasuk tinggi adalah asam gulamat (3465 mg), asam aspartat (2100 mg), arginine (1775 mg), lysine (1768 mg), leucine (1612 mg), glycine (1225 mg), isoleucine (985 mg), dan valine (956 mg). Artinya, udang sangat cocok dikonsumsi bagi mereka yang membutuhkan protein untuk membentuk otot.

  5. Rendah Kalori.

    Kalori udang yang sangat rendah (hanya 106 kalori per 100 gr udang) menjadikannya salah satu makanan diet yang cukup baik. Udang juga hanya mengandung sedikit asam lemak jenuh. Bahkan seperti halnya makanan laut lain, kadar asam lemak sehat pada udang justru sangat tinggi yaituOmega-3 dan Omega-6 masing-masing mencapai 540 mg dan 28 mg per 100 gr udang segar.

Manfaat Konsumsi Udang Untuk Tubuh

Ada beberapa manfaat untuk tubuh yang dapat dirasakan bila Anda mengkonsumsi udang, antara lain:

  • Mencegah Kanker.

    Setiap 80gram udang kukus dapat mencukupi 45 persen dari jumlah selenium harian tubuh. Kekurangan selenium dapat memicuh timbulnya kangker, termasuk kanker prostat. Para peneliti di Institute of Food Research (IFR) mengungkapkan bahwa kombinasi sulforaphanedan selenium meningkatkan kekebalan tubuh akan kanker sebanyak 12 kali lipat. Makanan yang kaya akan suforaphane antara lain merupakan brokoli, kubis, dan sayuran hasil silangan lainnya. Di samping mencegah kanker, selenium juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi.

  • Mencegah Anemia.

    Udang mengandung 22 persen vitamin B12, yang baik untuk menambah produksi sel darah merah kita sehingga dapat membantu mencegah penyakit anemia. Vitamin B12 itu juga membantu pembuatan DNA, material genetis yang terdapat pada tiap sel. Hal ini akan membuat metabolisme protein, karbohidrat, dan lemak dalam sel tubuh berlangsung sempurna.

  • Menguatkan Tulang.

    Hewan yang termasuk dalam kelas Crustacea ini mempunyai kandungan fosfor dalam tubuhnya. Kalsium dan fosfor merupakan dua zat yang akan bekerja bersama-sama membentuk tulang dan gigi yang kuat. Dalam mengkonsumsi udang, sebaiknya dimakan bersama kulitnya karena kulit udang mengandung ‘glucosamine’ yang bermanfaat untuk membantu pembentukan tulang rawan pada persendian tulang. Penipisan atau kerusakan pada tulang rawan akan mengakibatkan nyeri yang hebat pada persendian, yang biasa kita sebut juga sebagai pengapuran.

  • Menyehatkan Saluran Prostat.

    Asupan zinc atau seng yang dibutuhkan oleh tubuh relatif sedikit, yakni 11-16 mg setiap harinya. jika anda tidak mauk terjangkit kangker prostat anda bisa mengkonsumsi udang karena udang di percaya dapat menyehatkan saluran prostat pda tubuh kita.

  • Menjaga Kesehatan Kelenjar Tiroid.

    Udang bisa berkontribusi pada kesehatan kelenjar tiroid dengan kandungan tembaga yang ada padanya. Tiroid yang sehat bisa meningkatkan aktivitas sel dan mengatur metabolisme dalam tubuh dengan baik.

  • Menstabilkan Kadar Gula dalam Darah.

    Makanan laut yang nikmat ini juga merupakan sumber magnesium yang baik. Studi terbaru menyatakan bahwa magnesium bisa membantu mencegah berkembangnya diabetes tipe kedua,jika anda tergolong orang yang mempunyai kadar gula tinggi tidak adasalahnya anda mengkonsumsi daging udang agar dapat menetralisir kadar gula anda.konsumsilah sewajarnya karena yang berlibahan tidak akan baik pula bagi kesehatan kita.

  • Meningkatkan Energi.

    Jika anda sering beraktifitas yang berlebihan dan mengalami Kelelahan dan merasa lemas? .anda bisa mengkonsumsi udang karena Dengan mengkonsumsi udang, maka asupan zat besi, yang merupakan nutrisi penting dalam pembentukan energi akan terpenuhi. Energi yang akan diperoleh juga tidak akan berlebih karena kalori yang dikandungnya tidak tinggi.

  • Membantu Memproses Lemak.

    Niasin (vitamin B3) yang terdapat dalam udang bisa membantu memproses lemak, karbohidrat, dan protein menjadi energi untuk tubuh. Niasin juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah kulit bersisik atau kulit yang kurang sehat.

  • Mengurangi Resiko Depresi.

    Sama seperti ikan, udang juga memiliki asam lemak esensial, omega-3. Penelitian telah menunjukkan bahwa omega-3 dapat memberikan perlindungan kuat terhadap depresi dan bisa membantu meningkatkan suasana hati untuk mereka yang tengah menderita gangguan tersebut. Selain itu, omega-3 dapat meningkatkan kecerdasan otak jadi jika anda memiliki anak tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi udang agar menambah volume otak mereka.

  • Menjaga Kesehatan, Kulit, Rambut, dan Kuku.

    Shampo dan perlembab kulit yang paling mahal sekalipun tak akan bermanfaat bagi rambut dan kulit Anda tanpa asupan protein yang cukup. Protein adalah bagian yang terkandung dalam tiap jaringan sel hidup dan udang merupakan sumber yang sangat kaya akan mineral tersebut. Kadar kalorinya pun cukup rendah sehingga sangat baik dengan diet yang Anda jalankan.

Nah, itulah beberapa kandungan nutrisi udang dan manfaatnya untuk tubuh. Namun perlu diingat, meskipun udang mengandung banyak gizi udang juga dapat menyebabkan alergi. Jadi buat anda yang alergi dengan udang, jangan coba-coba untuk mengkonsumsinya.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo