Fakta Menarik Dari Vitamin A Yang Anda Harus Tahu!!

Ketika Kita mendengar kata vitamin A, mungkin yang terlintas di pikiran kita adalah mata. Ya, vitamin A adalah nutrisi baik untuk kesehatan mata kita. Lalu, apa penjelasan sebenarnya tentang vitamin A? Jika Anda ingin tahu apa sebenarnya vitamin A, baca artikel dibawah ini sampai selesai.

Apa itu Vitamin A?
Vitamin A adalah vitamin larut lemak yang sangat penting bagi tubuh. Ia membantu kita melihat dengan baik dalam gelap. Retinol juga bermanfaat menjaga pertumbuhan sel tubuh dan berguna juga bagi kesehatan kulit. Dalam makanan ada dua sumber vitamin ini. Dari sumber hewani (retinol) dan dari sumber nabati (Karotenoid).

Banyak sekali jenis karotenoid dalam makanan akan tetapi hanya sedikit dari karotenoid tersebut yang diubah menjadi retinol. Salah satu jenis karotenoid yang sangat kita kenal adalah beta karoten. Beta karoten dapat kita dapat dari sayuran seperti wortel. Sama seperti karotenoid lainnya, beta karoten juga berperan sebagai antioksidan yang mencegah radikal bebas merusak sel tubuh.

Apa Yang Terjadi Jika Kekurangan Retinol?

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti rabun senja, kulit keriput dan bersisik, meningkatkan risiko infeksi, dan pertumbuhan terhambat.

Kebutuhan Retinol Harian

Kebutuhan retinol harian bisa diukur dengan indeks RAE atau Retinol Activity Equivalent. Dengan RAE kita bisa mengukur kebutuhan retinol dan karetenoin untuk tiap aktivitas yang berbeda. Untuk membentuk satu buah retinol untuk tubuh dibutuhkan beta karoten sebanyak 12 unit atau 24 unit untuk karotenoid yang lain.

Subjek

Kebutuhan Retinol (mikrogram/hari)

Ibu menyusui

1300

Ibu hamil

770

Laki-laki 19+

900

Perempuan 19+

700

 

Sumber Kebutuhan Vitamin A Harian

Kita dapat dengan mudah mendapatkan vitamin dengan mengkonsumsi berbagai jenis buah dan sayur yang mengandung karotenoid atau produk lainnya yang mengandung vitamin A. Retinol juga ditemukan dalam hati dan kuning telur.

Berikut tabel sumber vitamin A dan jumlah yang dikandungnya

Janis Makanan

Kandungan Vitamin A (mikrogram)

Kentang masak ukuran sedang

1400

Wortel ukuran sedang

600

Labu kuning setengah gelas

305

Susu rendah lemak

270

aprikot

105

Brokoli rebus

120

Telur ayam rebus 1 butir

85

Keju cheddar

75

 

Apa Yang Terjadi Jika Berlebih Mengkonsumsi Vitamin A (Hipervitamin A)?

Mengkonsumsi retinol dalam jumlah banyak dapat menyebabkan mual, muntah, sakit kepala, kulit bersisik. Kelebihan vitamin A bisa menyebabkan penyakit kronis seperti liver dan osteoporosis.

Apakah Baik Mengkonsumsi Suplement Vitamin A?

Kita belum perlu mengkonsumsi suplemen yang belum tentu terjamin keamanannya. Jika anda penderita penyakit yang disebabkan oleh keurangan vitamin A jangan buru-buru mengkonsumsi suplemen retinol. Vitamin A tersedia dalam jumlah banyak di berbagi makanan yang dapat kita dapatkan dengan mudah setiap hari. Kita bisa mendapatkannya di pasar mauapu supermarket terdekat.

Demikianlah Fakta Menarik Dari Vitamin A. Semoga artikel di atas mewakili pertanyaan-pertanyaan Anda tentang penjelasan sebenarnya vitamin A.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo