Makanan Apa Saja Yang Mengandung Vitamin B12?

Image result for vitamin b12

Vitamin B12 atau Kobalamin adalah salah satu jenis golongan dari vitamin B yang memiliki peran penting untuk tubuh. Nutrisi yang mengandung vitamin B12 dapat membantu tubuh dalam menjaga sistem syaraf, memproduksi DNA, memproduksi sel darah merah dan mencegah penyakit anemia. Kita bisa mendapatkan vitamin B12 dari sumber makanan. Sumber vitamin B12 hanya bisa didapatkan dari hewan atau hasil produksi dari hewan.

Kecukupan gizi yang dianjurkan untuk vitamin ini bagi orang dewasa adalah 2,4 mikrogram, dan 2,8 mikrogram untuk wanita hamil perhari. Kekurangan Vitamin B12 ini biasanya jarang terjadi, karena vitamin ini bisa disimpan selama bertahun-tahun dalam tubuh. Namun kekurangan tetap bisa saja terjadi,  jika Anda tidak mendapatkannya secara cukup dari diet Anda. 

Vitamin B12 terbentuk dengan bantuan mikroba. Yaitu bakteri yang dihasilkan oleh mikroorganisme yang mana vitamin B12 ini mengandung kobalt. Sehingga nama kimianya adalah kobalamin. Tentu manusia membutuhkan kobalt. Yang mana kobalt ini berasimilasi dalam bentuk vitamin B12. Karena itulah hewan lebih banyak mengandung vitamin B12 karena berhubungan langsung dengan aktivitas mikroba ini dibandingkan pada tanaman. Jadi sumber hewani memang banyak mengandung vitamin B12. Jadi, makanan apa sajakah yang mengandung vitamin B12 super tinggi? Baca artikel dibawah ini sampai selesai.

Makanan Yang Mengandung Vitamin B12 Super Tinggi

Ikan Haring (13,11 mcg/100gr)

Image result for ikan haring 

Anda juga bisa menemukan kandungan 11, 23 gram lemak, 200 kalori dan 23, 56 gram protein setiap 100 gram ikan haring yang sudah dimasak.Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa ikan haring baik untuk kesehatan tubuh.

  • Mengandung vitamin D yang sangat baik untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi serta mencegah berbagai macam penyakit kelainan tulang.
  • Asam lemak dalam ikan haring bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, mendukung fungsi otak dan mengurang resiko peradangan pada sendi tulang.
  • Kandungan zat besi dan vitamin B12 dalam ikan haring bisa menjadi sumber terbaik untuk menjaga produksi sel darah merah, menjaga kesehatan tubuh dan fungsi syaraf.
  • Fosfor, kalsium dan magnesium dalam ikan haring sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang, bahkan dalam 100 gram ikan haring mengandung sekitar 140 kalsium dan 345 miligram fosfor.

Ikan Tuna (10,3 mcg/100gr)

Related image

Ikan tuna mengandung sekitar 30,2 gram protein, 6,3 gram lemak dan 182 kalori dan ini membuat ikan tuna bisa mencukupi kebutuhan gizi harian. Manfaat tuna untuk kesehatan tubuh, yaitu:

  • Memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga sangat baik untuk menjaga kekuatan otot dan menjadi sumber energi bagi tubuh.
  • Bisa menurunkan kadar trigliserida atau kolesterol buruk dalam tubuh sehingga bisa mencegah resiko penyakit jantung, stroke dan berbagai gangguan penyakit jantung lain.
  • Vitamin B12 dalam ikan tuna berfungsi untuk mendukung pembentukan sel-sel darah merah, menjaga kesehatan tubuh, melindungsi sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehata kulit, rambut dan kuku.

Kepiting (9,3 mcg/100mg)

Related image

Kepiting mengandung berbagai macam jenis nutrisi seperti vitamin, asam amino, kalsium, seng, zat besi, fosfor, serta memiliki karbohidrat dan lemak yang cukup kecil. Manfaat kepiting untuk kesehatan antara lain:

  • Kandungan kromium dalam kepiting bisa membantu metabolisme insulin dan zat gula dalam tubuh sehingga sangat baik untuk penderita diabetes karena bisa menurunkan kadar gula dalam darah.
  • Selenium yang tinggi dalam kepiting bisa mencegah pertumbuhan kanker dan tumor yang disebabkan karena radikal bebas dan tingginya zat karsinogen dalam darah.
  • Mengandung zat omega 3 dan vitamin B12 yang cukup tinggi sehingga bisa mendukung kesehatan jantung, menurunkan kadar kolesterol dan membantu produksi sel-sel darah merah.

Ikan Sarden (8,72 mcg/100gr)

Image result for ikan sarden

Ikan sarden memiliki karakteristik daging yang sangat lunak dan kandungan nutrisi yang cukup tinggi. Berikut ini manfaat ikan sarden untuk kesehatan tubuh.

  • Kandungan vitamin B12 dalam sarden bisa menurunkan resiko penyakit jantung, stroke dan kanker. Selain itu ikan sarden mengandung riboflavin dan niasin yang membantu mencegah penurunan fungsi otak dan daya memori.
  • Mengandung kalsium dan zat besi yang berperan untuk memperkuat tulang dan gigi. selain itu kalium yang ditemukan dalam ikan sarden sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Caviar (5,54 mcg/100gr)

Image result for Caviar

Caviar memiiki warna hitam dan mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk tubuh. Meskipun caviar dijual dengan harga mahal, namun sedikit caviar sudah mencukupi kebutuhan nutrisi. Dibawah ini manfaat caviar untuk kesehatan.

  • Mengandung banyak vitamin B12 yang berperan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, menjaga fungsi otot dan mendorong produksi sel darah merah.
  • Juga mengandung vitamin A dan E yang baik untuk memelihara kesehatan mata, mencegah dehidrasi, dan memelihara kesehatan kuku, rambut dan kulit.
  • Kandungan tembaga dalam caviar sangat baik untuk memproduksi sel darah putih, memelihara kesehatan tubuh dan menjaga sistem kekebalan tubuh.
  • Dan juga mengandung zat omega 3 yang bisa menjaga kesehatan jantung dan mengatur sistem respon inflamasi pada tubuh.

Kerang (5,12 mcg/100gr)

Related image

Bagian daging kerang yang bisa dimakan memang hanya sedikit, tapi daging kerang menyediakan banyak nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Manfaat kerang untuk kesehatan antaralain adalah:

  • Mengandung asam lemak omega 3 yang cukup tinggi sehingga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, menurunkan kadar kolesterol dan mencegah penyakit depresi.
  • Kerang juga mengandung berbagai jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3 dan vitamin D. Selain itu dalam daging kerang juga ditemukan sumber mineral seperti magnesium, zar besi dan kalsium. Semua jenis nutrisi ini membantu tubuh untuk mengendalikan sistem kekebalan tubuh, mempercepat penyembuhan luka dan mencegah Alzheimer.

Ikan Salmon (3,12 mcg/100gr)

Image result for ikan salmon

Ikan salmon mengandung berbagai jenis nutrisi. Daging ikan salmon memiliki struktur yang padat, renyah dan gurih. Bahkan ikan salmon mentah memiliki rasa yang sangat manis dan menyegarkan. Berikut ini manfaat ikan salmon untuk kesehatan.

  • Mengandung zat asam lemak omega 3 hingga 2 gram per 2 ons, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, menurunkan kolesterol dan mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.
  • Kandungan vitamin B12 dalam ikan salmon bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan tubuh, melawan infeksi bakteri dan kuman serta memperkuat sistem syaraf dan otak.
  • Juga mengandung Selenium dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah penyakit jantung, menurunkan resiko kanker dan membangun kesehatan tubuh.

Daging Sapi (3,75 mcg/100gr)

Image result for daging sapi

Meskipun terkadang daging sapi dianggap terlalu berlemak, namun ternyata daging sapi sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut ini manfaat mengkonsumsi daging sapi.

  • Daging sapi yang tidak mengandung lemak sangat baik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Bahkan daging sapi bisa menjadi menu utama untuk diet.
  • Mengandung sumber protein yang sangat penting untuk orang dewasa dan anak-anak. Semua kandungan protein dalam daging sapi mengandung asam amino yang berperan untuk memberikan sumber tenaga pada otot, membantu keseimbangan hormon dan untuk menurunkan berat badan.
  • Mengandung semua unsur vitamin B, termasuk vitamin B12 yang bisa mendukung sistem kekebalan tubuh, menjaga asupan sumber tenaga dan menjaga sistem syaraf.
  • Zat besi yang terdapat pada daging bisa mendukung proses produksi sel-sel darah merah, mengatur tekanan darah dan menjaga berat badan.

Daging Kambing (2,55 mcg/100gr)

Related image

Dalam sekitar 100 gram daging kambing bisa memiliki 22,34 gram lemak, 267 kalori dan 22,42 protein. Jumlah ini sangat tinggi meskipun hanya dalam potongan kecil daging kambing. Berikut ini manfaat mengkonsumsi daging kambing.

  • Protein dari daging kambing mampu menyediakan sumber tenaga yang sangat besar untuk tubuh. Protein membantu tubuh untuk memecah karbohidrat menjadi sumber tenaga.
  • Kandungan vitamin B12 dan jenis vitamin B lain dalam daging kambing bisa bermanfaat untuk membantu tubuh memproduksi sel-sel darah merah, menjadi sumber energi dalam tubuh dan mendukung fungsi syaraf dalam otak.
  • Mengandung mineral seng yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, menyeimbangkan hormon testosterone dan memproduksi sel-sel darah merah.

Ikan Kod (1,23 mcg/100gr)

Image result for ikan kod

Ikan kod memiliki berbagai macam kandungan nutrisi yang bisa membentuk sistem kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat mengkonsumsi ikan kod.

  • Mengandung vitamin B12 yang bermanfaat untuk menjaga sistem syaraf dan tulang, mendukung kesehatan jantung, mencegah penyakit pembekuan darah dan menjaga sistem kekebalan tubuh.
  • Mengkonsumsi ikan kod yang sudah dibentuk ke dalam minyak bisa menurunkan resiko serangan jantung, penyakit gangguan pada arteri jantung dan menurunkan kadar kolesterol.
  • Mengandung jenis protein tertentu yang bisa membantu tubuh dalam mengolah sumber tenaga, menurunkan kadar kolesterol dan membangun massa otot.

Keju (0,45 mcg/100gr)

Ternyata keju diperlukan tubuh untuk mencukupi kebutuhan vitamin yang tidak ditemukan pada jenis makanan lain. Berikut ini manfaat keju untuk kesehatan tubuh.

  • Mengandung vitamin B12 yang bisa mengatur kadar homosistein dalam darah. Hal ini membuat keju menjadi makanan yang baik untuk memelihara kesehatan jantung dan mencegah berbagai macam penyakit jantung.
  • Kalsium yang ditemukan pada keju sangat berperan untuk membantu pembentukan tulang dan gigi serta memelihara sistem kontraksi otot tubuh dan syaraf.
  • Fosfor yang ditemukan dalam keju bisa mendukung pembentukan tulang dan gigi, serta baik untuk menjadi sumber tenaga.

Telur (0,92 mcg/100gr)

Related image

Semua jenis telur sangat bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Selain itu telur bisa diolah menjadi berbagai macam jenis masakan. Manfaat telur untuk kesehatan, antara lain adalah:

  • Telur memiliki pasokan protein yang cukup tinggi sehingga bisa digunakan sebagai makanan diet. telur bisa menghasilkan sumber tenaga untuk tubuh dan menghindari kekurangan gizi.
  • Mengandung vitamin B12 yang berperan untuk menjaga asupan energi untuk tubuh dan juga memerankan peran penting untuk pembentukan sel darah merah.
  • Telur mengatasi berbagai macam penyakit yang disebabkan karena kekurangan zat besi. Kandungan zat besi dalam telur bisa membantu tubuh untuk menjadi lebih kebal dari infeksi bakteri dan virus.

Daging Ayam (0,34 mcg/100gr)

Image result for daging ayam

Dalam 100 gram daging ayam bisa memuat sekitar 200 kalori, 23,67 gram protein dan 7,21 lemak. Manfaat daging ayam untuk kesehatan antara lain adalah:

  • Protein dalam daging ayam sangat bermanfaat untuk mengendalikan produksi energi, pembangunan sistem jaringan otot tubuh dan membantu menjaga kesehatan usus.
  • Kandungan vitamin B12, B3 dan B6 dalam daging ayam bermanfaat untuk menjaga asupan energi, merubah karbohidrat menjadi energi dan membantu proses metabolisme.
  • Kandungan selenium dalam daging ayam berperan untuk menurunkan resiko kanker, mencegah penyakit jantung dan stroke serta mencegah berbagai penyakit yang disebabkan karena infeksi.

Vitamin B12 memiliki peran yang sangat penting untuk tubuh. Vitamin ini hanya bisa kita dapatkan dari makanan yang diolah dari hewan atau gizi hewani. Hingga saat ini belum ada sumber buah dan sayur yang mengandung vitamin B12 alami dan biasanya hanya ditemukan pada makanan yang diperkaya oleh zat vitamin B12.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo