Peranan Vitamin K Untuk Tubuh Kita

Vitamin K dikenal juga dengan nama Koagulasi. Vitamin ini termasuk jenis vitamin yang larut dalam lemak. Hampir serupa dengan vitamin E, fungsi utama vitamin K adalah membantu proses pembekuan darah untuk menghentikan pendarahan. Dosis harian konsumsi vitamin K adalah 2 mcg per 1 kg berat badan.

Vitamin K adalah vitamin yang larut dalam lemak, tetapi tidak sebagaimana biasanya di anggap zat kimia tunggal. Vitamin K adalah keluarga dari zat kimia yang disebut naphtoquinones, yang kemudian dikategorikan menjadi 3 jenis dasar vitamin K yaitu phylloquinones-dibuat oleh tanaman, menaquinones-yang dibuat oleh bakteri dan menadione-sintetik buatan. Biasanya orang awam menyebutkan keluarga vitamin k ini adalah vitamin K1, K2, dan vitamin K3.

Vitamin K yang telah terbentuk baik dari asupan makanan maupun hasil dari olahan bakteri disimpan dalam jaringan lemak yang siap dialirkan pada bagian tubuh yang membutuhkan. Sehingga bila tubuh kita terpenuhi kebutuhan vitamin K secara cukup maka sistem kinerja tubuh kita juga dapat bekerja dengan normal.

Peranan Vitamin K Untuk Tubuh

  • Pembekuan Darah.

    Seperti yang sudah kita ketahui bahwa fungsinya untuk membantu pembekuan darah. Jika tidak terpenuhi vitamin K maka proses pembekuan darah akan terganggu. Logikanya, jika sebuah luka sayatan karena pisau ukuran luka kecil bisa sembuh dalam waktu 1 hari (sembuh total), pada orang yang kurang vitamin K dalam tubuhnya akan memiliki lebih dari 1 hari untuk (sembuh totalnya).

  • Pertumbuhan Tulang dan Mencegah Osteoporosis.

    Penelitian lain juga membuktikan bahwa selain diabetes, vitamin K juga dapat meningkatkan kepadatan tulang sehingga terbentuk struktur rangka tubuh yang kuat. Khususnya pada wanita, vitamin K juga dapat menurunkan risiko terkena osteoporosis. Di dalam tulang, vitamin K ini akan membantu senyawa osteokalsin yang berperan dalam penyerapan mineral untuk membentuk stuktur tulang yang kuat. Osteoklasin sendiri diproduksi oleh osteoblas, kumpulan sel pembentuk tulang.

  • Mencegah Penyakit Hemoragik.

    Pada bayi baru lahir yang mengidap penyakit hemoragik akan mengalami pendarahan. Untuk mencegahnya sang bayi harus diberi asupan vitamin K melalui air susu ibu (ASI). Artinya, si Ibulah yang harus mengkonsumsi makanan kaya vitamin K.

  • Mencegah Pendarahan Hati.

    Di dalam tubuh, vitamin K juga dapat menekan proses pendarahan di hati yang seringkali muncul akibat pemakaian senyawa aspirin atau antibiotik secara berlebihan.

  • Mencegah Diabetes.

    Peneliti di Tufts menemukan bahwa vitamin K, khususnya K1, dapat mengurangi risiko resistensi insulin sehingga membantu melawan diabetes. Penemuan ini diterbitkan dalam Diabetes Care. Selain itu, vitamin ini juga membantu metabolisme di dalam tubuh terkait dengan resistensi senyawa insulin.

  • Mencegah Kanker.

    Melalui mekanisme yang sama, vitamin K dapat memperlambat proses pembentukan sel kanker di hati dan paru-paru.

Nah itu dia beberapa peranan vitamin K untuk tubuh kita. Peranan vitamin K memang banyak sekali untuk tubuh salah satunya untuk pembekuan darah, jika Anda tidak ingin kehilangan banyak darah ketika terjadi pendarahan maka cukupilah kebutuhan vitamin K tubuh Anda. Anda bisa mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin K yang tinggi untuk mencukupi asupan vitamin K dalam tubuh Anda.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424
online istana solo