Wasir

Kenali Gejala Wasir

Penyakit wasir atau ambeien juga disebut dengan hemoroid. Hemoroid adalah pembuluh darah di daerah dubur. Darah yang terkumpul pada pembuluh darah kecil di daerah dubur yang seharusnya diteruskan ke hati, terbendung, sembab dan meradang. Factor pencetusnya adalah sembelit, diare, dan kehamilan. Pembuluh darah ini dapat luka ketika feses melalui dubur sehingga timbul pendarahan yang umumnya timbul setelah buang air besar.

Gejala wasir atau ambeien dibagi menjadi wasir internal dan wasir eksternal. Wasir internal ditandai dengan pendarahan rektrum tanpa rasa nyeri, sedangkan wasir eksternal menunjukkan beberapa gejala bila terkena trombosit akan terasa sangat nyeri dan ada pembengkakan di area anus. Nyeri ini biasanya dapat hilang dalam 2-3 hari. sedangkan pembengkakannya membutuhkan beberapaminggu. Akan tersisa akrokordon setelah sembuh dan menimbulkan iritasi pada kulit di sekelilingnya dan gatal di area anus.

Wasir internal biasanya muncul tanpa rasa nyeri, pendarahan pada rektrum  berwarna merah selama atau setelah buang air besar. Darah biasanya menutupi feses. Kondisi ini dikenal sebagai hematokezia. Gejala lain diantaranya berupa keluarnya lendir massa di sekitar anus. Jika lendir itu turun ke anus, akan terasa gatal pada anus, dan inkontinensia feses. Wasir internal biasanya terasa sakit bila terjadi thrombosis atau nekrosis.

Cara menangani wasir:

  1. Makanlah makanan yang banyak mengandung serat seperti buah-buahan, sayur-sayuran, atau biji –bijian yang kaya akan serat.
  2. Perbanyak minum air putih yang dapat memperlyunak kotoran dan memperlancar buang air besar.
  3. Jangan menunda buang air besar karena kotoran dapat mengeras dan sulit untuk dikeluarkan
  4. Bila kesusahan buang air besar, cobalah posisi jongkok yang lebih alamiah serta meringankan keluarnya kotoran.
  5. Kurangi kegiatan separti duduk.
baca Selengkapnya

obat wasir

obat wasir
baca Selengkapnya