Cara Mencegah Ambeien Agar Tidak Parah Secara Alami

Ambeien atau wasir juga dikenal dengan istilah hemoroid dan ini merupakan salah satu penyakit yang menyerang anus. Tak hanya pendarahan saja yang disebabkan oleh wasir ini, tapi bibir anus pun juga dapat membengkak karenanya. Hal ini kemudian membuat penderita menjadi tidak nyaman selama berkegiatan.

Ambeien tidaklah mematikan, tetapi bisa mengganggu aktivitas dan kenyamanan hidup seseorang. Penyebab dari penyakit ambeien sendiri cukup beragam dan ini biasanya dikarenakan oleh pola hidup yang kurang sehat. Kurang olahraga, kurang air putih, maupun kurang serat dapat menjadi hal yang kurang baik untuk tubuh. Ambeien pada beberapa kasus dapat disebabkan oleh terlalu seringnya sulit buang air besar. Sulit buang air besar biasanya berawal dari ketidaklancaran pencernaan kita.

Lalu, kira-kira adakah cara mencegah ambeien agar tidak semakin parah namun alamiah? Dibawah ini ada bebrapa cara yang bisa Anda lalukan demi mencegah ambeien semakin parah.

Cara Mencegah Ambeien Agar Tidak Parah

  1. Minum Air Putih Secara Cukup.

    Untuk cara mencegah yang sederhana adalah dengan meminum banyak air putih. Ini adalah langkah yang baik karena dengan minum cukup air, Anda juga akan mengurangibahaya akibat kurang minum air putih. Air putih yang banyak bakal dapat membantu supaya sembelit dapat dicegah dengan baik sehingga dengan begitu juga mampu mencegah wasir. 6-8 gelas air putih dalam sehari yang dikonsumsi rutin setiap hari akan membuat gangguan pencernaan dapat dicegah. Manfaatnya pun juga akan dirasakan di bagian anus; bila dapat mencegah sembelit, otomatis wasir bisa dihindari.

  2. Penuhi Asupan Serat.

    Ambeien juga bisa karena kekuranganserat di dalam tubuh, maka memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat adalah keputusan tepat. Wasir lebih berpotensi dialami oleh orang-orang dengan gerakan usus yang jarang. Salah satu solusinya adalah dengan memenuhi kebutuhan serat, baik melalui suplemen atau tips diet sehat. Penting untuk memperoleh 25-30 gram serat setiap harinya dan sumber-sumber makanan yang pas untuk dikonsumsi selama pencegahan ambeien, antara lain:

  • Sayur-sayuran (misalnya: kubis, brokoli, kacang hijau, dan daun artichoke).
  • Kacang-kacangan (misalnya: kacang panggang, kacang hitam, lentil, dan kacang polong).
  • Buah-buahan (misalnya: pisang, apel, pir, dan buah beri-berian).
  • Biji-bijian (misalnya: beras merah, oatmeal, dan barley).
  1. Rajin Berolahraga.

    Dengan melakukan latihan atau olahraga, usus besar dapat dijaga dengan baik. Melatih bagian perut juga bagus karena ini akan mencegah pengejanan yang kuat di mana ini menjadi penyebab ambeien.Jangan habiskan waktu hanya untuk duduk atau tidur karena memanfaatkan waktu luang untuk olahraga akan mampu mencegah ambeien.

  2. Upayakan BAB Lancar.

    Wasir atau ambeien biasanya terjadi dikarenakan pembesaran pembuluh darah di bagian anus yang merupakan akibat dari mengejan sewaktu BAB. Mengejan yang terlalu kuat dapat dicegah dengan buang air besar secara lancar. Minum banyak air putih biasanya akan sangat menolong dalam memperlancar buang air besar. Usus besar setiap manusia sangat memerlukan air dan juga serat demi berfungsi maksimal, maka jaga asupan nutrisi agar sistem pencernaan selalu dalam keadaan baik dan sehat.

  3. Tidak Banyak Duduk.

    Kebanyakan orang dengan kesibukannya sehari-hari di kantor maupun yang bekerja di rumah, akan sibuk di depan laptop. Otomatis mereka ini jarang berdiri atau berjalan karena pekerjaannya hanya duduk. Ini juga menjadi penyebab dari ambeien karena duduk dalam waktu yang lama akan menekan anus sehingga ambeien muncul.

  4. Tidak Menahan Buang Air Besar.

    Demi mencegah ambeien, kapanpun Anda merasa ada hasrat untuk buang air besar, segera selesaikan. Langsung ke toilet untuk membereskannya daripada menahannya sehingga akhirnya bisa menimbulkan ambeien. Terkadang seseorang yang susah buang air besar juga dikarenakan terlalu sering menahannya. Bila ingin aman dan sehat, turutilah panggilan alam tersebut.

  5. Waspadai Laksatif.

    Laksatif atau obat pencahar banyak digunakan oleh mereka yang sering mengalami sembelit, dan mungkin juga oleh Anda. Suplemen semacam ini memang diketahui banyak mengandung serat, sehingga menolong buang air besar semakin lancar. Tak hanya itu, ambeien yang begitu mengganggu dan tak nyaman juga dapat dicegah dengan baik.Obat pencahar atau laksatif semacam itu bukanlah yang terbaik dan justru perlu diwaspadai. Ini karena tekanan ambeien dapat meningkat karenanya. Pilihlah laksatif osmotik yang cara kerjanya hanya menaikkan jumlah air yang ada pada usus sehingga menurunkan risiko sembelit.

  6. Tidak Mengejan.

    Mengejan apalagi bila dilakukan dengan sekuat tenaga hanya akan memperbesar risiko wasir atau ambeien. Untuk mencegah ambeien, tentu hindari mengejan karena mengejan sama dengan memberi lebih banyak tekanan di pembuluh darah rektum Anda. Itulah yang kemudian memicu ambeien dan pendarahan yang menyakitkan.

  7. Diet Sehat dan Seimbang.

    Tidak hanya berfokus pada banyak minum air putih, berolahraga dan makan makanan berserat, tapi keseluruhan diet sehat perlu dilakukan. Nutrisi yang dibutuhkan tubuh tak hanya air dan serat, namun juga vitamin dan mineral lainnya. Karena penyebab ambeien bisa datang dari sembelit, maka dengan diet sehat, sembelit dapat dicegah.

  8. Batasi Makanan Pedas.

    Mungkin Anda adalah penggemar makanan pedas di mana sudah pada tahap yang ekstrem. Kurangilah tingkat kepedasan dari makanan yang Anda makan, atau tidak menambahkan terlalu banyak cabai atau sambal ke dalamnya. Ini juga merupakan cara mencegah ambeien bagi Anda yang mengalami ambeien dikarenakan terlalu sering mengonsumsi makanan yang sangat pedas.

Ambeien bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan secara berlebih karena ambeien pada umumnya tak terasa sakit. Namun ini akan terasa sakit kalau terjadi gangguan pada aliran darah, seperti misalnya aliran yang melambat. Apabila sampai gejala menjadi lebih buruk, bersiaplah untuk menemui dokter untuk memeriksakan keadaan Anda. Semoga artikel diatas bermanfaat dan dapat membantu Anda menyelesaikan masalah ambeien Anda.

 

Ambextra Unlergo

Ambextra dan Unlergo adalah obat herbal yang diracik khusus untuk penderita Ambeien, dengan bahan-bahan alami yang memiliki khasiat untuk mengurangi dan menyembuhkan penyakit wasir.

Salam Sehat

 

Pusat Grosir Herbal Yaa di  ISTANA HERBAL

Kini orderan bisa dikirim melalui GoSend

Atau Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

    Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

    Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

    Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

    Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

 

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

  • Penyakit Wasir.

    Penyakit Wasir Wasir sangat menyakitkan, namun wasir umumnya dapat sembuh dengan rutin melakukan pengobatan dan penc...

  • obat wasir

    obat wasir

  • Wasir / Ambeien

    Penyakit wasir atau ambeien juga disebut dengan hemoroid. Hemoroid adalah pembuluh darah di daerah dubur. Darah yang ...

online istana solo