Manfaat Tanaman Widuri Sebagai Obat Alami

13 Manfaat Bunga Widuri Sebagai Obat Alami

Bunga biduri atau widuri merupakan tanaman semak yang memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Khasiat biduri juga sering digunakan untuk pengobatan terhadap sejumlah penyakit tertentu. Bunga widuri (Calotropis gigantea) adalah tanaman obat yang banyak terdapat di area sawah, ladang, atau sering ditanam sebagai tanaman hias. Bunga biduri sering dianggap sebagai gulma bagi tanaman lain.

Khasiat tanaman bunga widuri memang sudah dikenal sejak jaman dahulu sebagai salah satu alternatif untuk dunia pengobatan herbal. Tidak hanya bisa digunakan sebagai obat saja, melainkan juga bisa dijadikan tanaman hias dengan penampilan cukup menarik jika di bonsai sebab bunganya mempunyai warna yang tidak kalah indah dengan jenis bunga tanaman hias yang lain. Disini saya akan membahas tentang kandungan kimia, efek farmakologis, bagian tumbuhan dan pemanfaatannya untuk kesehatan.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Kandungan kimia daun widuri antara lain saponin, flavonoid, polifenol, glukosida kalotropin, sedikit damar, alban, dan fluavil. Saponin, flavonoida, damar pahit (kuning), damar asam (hitam) juga terdapat pada akar. Anggota famili Aselepiadaceae itu bersifat bau lemah, rasa pahit, dan anticendawan (daun). kulit akar bersifat bau lemah, pahit, astringen, dan ekspektoran. Khasiatnya untuk mengatasi gigi rusak, radang anak telinga (otis), radang lambung (gastritis), kejang jantung (angina pektoris), kudis (scabies), campak/gabag (morbili), kutil, bisul (furunculus), dan eksim.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Kulit pohon, akar, daun, bunga dan getah bermanfaat sebagai obat untuk mengatasi berbagai penyakit.

  • Mengatasi Kudis.

    5gr daun widuri segar dicuci bersih, lalu ditambahkan seperempat sendok teh kapur. Tumbuk bahan sampai lumat. Oleskan ramuan pada kudis.

  • Mengobati Batuk. Ambil 200-600mg serbuk akar widuri kering, lalu cuci bersih. Seduh bahan dengan air panas. Minum air seduhan tersebut.
  • Mengobati Morbili (campak/gabag).

    Cuci bersih 15gr daun widuri segar, 10gr kunyit (Curcuma longa L.), 15gr daun asam muda (Tamarindus indica L.), 15gr pegagan (Centella asiatica (L) Urban).

    Rebus bahan dalam 3 gelas air hingga airnya tersisa 1,5 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan. Minum ramuan 2 kali sehari, masing-masing 3/4 gelas, bersama 1 sendok makan madu.

  • Mengobati Sakit Gigi.

    Gunakan sekitar 3-4 tetes getah widuri untuk melepas gigi atau geraham yang busuk. Hati-hati jangan sampai kena gigi yang sehat.

  • Menghilangkan Kutil.

    Getah widuri secukupnya ditambah sedikit kapur sirih dioleskan pada kutil. Lakukan pengobatan secara rutin sampai kutil hilang.

Catatan :

  • Seluruh tanaman ini bersifat racun sehingga pemakaiannya dilakukan lebih bijaksana.
  • Wanita hamil di anjurkan untuk tidak minum ramuan ini.

Salam Sehat

 

Kunjungi toko kami "Istana Herbal" di : 

  • Istana Herbal Solo

Jl. Ahmad Yani Ruko Pabelan No. 1 Pojok Bangjo Ums / Telp : 081393930088

  • Istana Herbal Yogyakarta

Jl. Kaliurang Km 4.5 Timur MM UGM / Telp : 087838231155

  • Istana Herbal Malang

Lampu merah Dinoyo Jl. MT Haryono No.87  Malang / Telp: 087753373281

  • Istana Herbal Jakarta

Jl Raya Pasar Minggu KM 18 No 2, Samping Adhi Karya, Depan Halte Samali, Setelah Nifarro apartemen. / Telp : 081908427320

Pelayana Kami :
Kami akan selalu siap melayani Anda
Email : istana.herbal.it@gmailcom
Order respon cepat whatsApp : 081393930088
Telp : (0271) 7451424

Artikel Terkait

online istana solo